• Login
  • Register
Selasa, 1 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Pernak-pernik

Ngabuburit Sosial: Dari Hiburan ke Aksi Solidaritas di Bulan Ramadan

Ramadan seharusnya menjadi waktu untuk refleksi dan menumbuhkan empati bagi sesama.

Moh. Nailul Muna Moh. Nailul Muna
12/03/2025
in Pernak-pernik
0
Ngabuburit Sosial

Ngabuburit Sosial

1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Ngabuburit atau mengabuburit adalah kegiatan menunggu azan maghrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan. Kegiatan tersebut sering dilakukan oleh Muslim sehingga menjadi tradisi khas Ramadan di Indonesia.

Ngabuburit Sebagai Tradisi Khas Ramadan

Kata ngabuburit sudah ada sejak tahun 80-an. Kata tersebut awalnya berasal dari bahasa Sunda “burit” yang berarti “sore hari”. Namun sudah diadopsi menjadi bahasa Indonesia secara umum.

Berdasarkan praktik ngabuburit lintas generasi, kegiatan ngabuburit bisa sangat beragam. Pada masa lalu, ngabuburit identik dengan kegiatan religius, seperti mengaji, mengikuti pesantren kilat, maupun mendengarkan ceramah agama.

Seiring perkembangan zaman, kegiatan ngabuburit semakin beragam, dan cenderung lebih berorientasi pada makanan atau hiburan, seperti berburu takjil, jalan-jalan santai atau nongkrong bersama teman. Bahkan adanya kaum non Islam yang ikut berburu takjil menjadi gambaran betapa variatifnya dan menariknya praktik ngabuburit di Indonesia.

Meskipun ngabuburit erat kaitannya dengan berburu takjil dan bersenang-senang sebelum waktu berbuka, praktik ngabuburit dapat kita perluas menjadi ibadah berupa solidaritas sosial. Artikel ini mengajak pembaca untuk memaknai ngabuburit sosial menjadi momen berbagi kepada sesama.

Baca Juga:

Kebaikan Yang Justru Membunuh Teman Disabilitas

Nelayan Perempuan Madleen, Greta Thunberg, dan Misi Kemanusiaan Palestina

Tauhid secara Sosial

Tauhid dan Implikasinya bagi Kemanusiaan

Ngabuburit di Bulan Ramadan: Antara Gaya Konsumtif dan Spiritualitas

Kebiasaan ngabuburit yang dilakukan oleh Muslim Indonesia cenderung mengarah kepada gaya hidup konsumtif, semisal belanja, maupun berburu kuliner. Gaya konsumtif tersebut semakin meningkat apalagi ketika mendekati hari raya Idul Fitri.

Menjelang hari raya, umat Muslim terlalu sibuk ke swalayan atau toko-toko besar untuk berbelanja guna mempersiapkan pakaian serta membeli beragam makanan untuk tamu di hari raya.

Padahal, Ramadan seharusnya menjadi waktu untuk refleksi dan menumbuhkan empati bagi sesama. Terlebih Al-Quran juga mengingatkan bahwa seseorang yang beriman hendaklah bisa saling tolong menolong dalam kebaikan dan takwa.

وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ ٢

Artinya: “Tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah sangat berat siksaan-Nya.”

Ayat tersebut memberikan informasi bahwa tolong menolong bukan hanya berkaitan dengan kebajikan, namun juga perihal ketakwaan. Di mana nilai takwa juga menjadi tujuan akhir bagi Muslim setelah menjalani ibadah puasa.

Oleh karena itu, konsep berbagi (share to care) dan memberi saudara-saudara kita yang membutuhkan menjadi nilai penting dalam praktik ibadah kita di bulan Ramadan ini.

Ngabuburit sebagai Momentum Solidaritas Sosial

Kegiatan ngabuburit yang selama ini lebih mengarah kepada pemenuhan kebutuhan pribadi, baik dengan membeli takjil maupun jalan-jalan bisa kita maknai sebagai aktivitas sosial yang bermanfaat kepada orang-orang lain.

Beberapa kegiatan yang menjadi bentuk ibadah sosial saat ngabuburit, seperti bagi-bagi takjil kepada fakir miskin. Selain Muslim bisa memberi ke orang lain, secara tidak langsung ia juga bisa membantu pedagang-pedagang takjil di sekitar jalanan.

Ibadah sosial dalam ngabuburit bisa juga kita perlebar dalam konotasi selain bantuan finansial maupun makanan, yakni ngabuburit edukatif. Agenda tersebut dengan menyumbangkan gagasan dan ide pada kajian Ramadan, atau sekedar terlibat dalam kegiatan yang semisal.

Praktik lainnya bisa berupa aksi peduli lingkungan dengan memberi plastik atau membantu membersihkan kawasan-kawasan yang rawan kotor di bulan Ramadan, seperti di Masjid maupun Musholla di sekitar rumah.

Bentuk lainnya bisa berupa menjenguk saudara Muslim yang sedang sakit atau yang sedang kesulitan. Berbagai cara tersebut dapat dilakukan agar ibadah puasa kita di bulan Ramadan lebih bermakna dengan melakukan ibadah-ibadah sosial sebagaimana tersebut. Wallāḥu A’lām. []

Tags: HikmahkemanusiaanngabuburitRamadan 1446 HSolidaritas SosialWar Takjil
Moh. Nailul Muna

Moh. Nailul Muna

Penulis berasal dari Lamongan. Ia merupakan alumni PBSB S1 UIN Sunan Kalijaga dan LPDP S2 UIN Syarif Hidayatullah dengan jurusan IAT. Latar belakang pendidikan non-formalnya yakni: PP. Matholi’ul Anwar, LSQ Ar-Rahmah, Sirojut Ta'limil Quran, Al-Munawwir, PPA. Nur Medina, dll. Beberapa kajian yang pernah digeluti penulis antara lain, kepesantrenan, Tafsir, Hadis, dan gender yang menjadi tema tesis. Pada saat ini penulis sedang mengabdi di UIN Saizu, UNU Purwokerto dan PESMA An Najah.

Terkait Posts

amar ma’ruf

Meninjau Ulang Amar Ma’ruf, Nahi Munkar: Agar Tidak Jadi Alat Kekerasan

1 Juli 2025
Fikih

Mewujudkan Fikih yang Memanusiakan

1 Juli 2025
Wahabi

Menjaga Pluralisme Indonesia dari Paham Wahabi

30 Juni 2025
Beda Keyakinan

Meninjau Ulang Cara Pandang terhadap Orang yang Berbeda Keyakinan

30 Juni 2025
Seksualitas Perempuan

Fikih yang Berkeadilan: Mengafirmasi Seksualitas Perempuan

29 Juni 2025
Sakinah

Tafsir Sakinah

28 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Narasi Pernikahan

    Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mewujudkan Fikih yang Memanusiakan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Meninjau Ulang Amar Ma’ruf, Nahi Munkar: Agar Tidak Jadi Alat Kekerasan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Di Balik Senyuman Orang Tua Anak Difabel: Melawan Stigma yang Tak Tampak

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Taman Eden yang Diciptakan Baik Adanya: Relasi Setara antara Manusia dan Alam dalam Kitab Kejadian

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Gaji Pejabat vs Kesejahteraan Kaum Alit, Mana yang Lebih Penting?
  • Di Balik Senyuman Orang Tua Anak Difabel: Melawan Stigma yang Tak Tampak
  • Meninjau Ulang Amar Ma’ruf, Nahi Munkar: Agar Tidak Jadi Alat Kekerasan
  • Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan
  • Mewujudkan Fikih yang Memanusiakan

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID