Sabtu, 25 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Resolusi Jihad

    Resolusi Jihad Santri: Dari Angkat Senjata hingga Media Sosial

    Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: KUPI Tegaskan Semua Manusia Adalah Subjek Kehidupan, Termasuk Disabilitas

    Ulama Perempuan Disabilitas

    Nyai Hj. Badriyah Fayumi: Ulama Perempuan Harus Menjadi Pelopor Keulamaan Inklusif dan Ramah Disabilitas

    Hak-hak Disabilitas

    UIN SSC Gelar Konferensi Nasional KUPI untuk Memperkuat Peran Keulamaan bagi Hak-hak Disabilitas

    Disabilitas

    PSGAD UIN SSC Dorong Kolaborasi Akademisi, Komunitas, dan Pesantren untuk Advokasi Disabilitas melalui Tulisan

    Isu Disabilitas

    Zahra Amin: Mari Menulis dan Membumikan Isu Disabilitas

    Keadilan Gender

    SIKON CILEM UIN SSC Cirebon Angkat KUPI sebagai Gerakan Global Keadilan Gender Islam

    Metodologi KUPI

    Menelusuri Metodologi KUPI: Dari Nalar Teks hingga Gerakan Sosial Perempuan

    Trans7

    Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Krisis Iklim

    Krisis Iklim dan Krisis Iman Sebagai Keprihatinan Laudate Deum

    Praktik P2GP

    Refleksi Kegiatan Monev Alimat dalam Membumikan Fatwa KUPI tentang Penghapusan Praktik P2GP

    Hari Santri Nasional

    Refleksi Hari Santri Nasional: Kemerdekaan Santri Belum Utuh Sepenuhnya

    Perundungan

    Kita, Perempuan, Membentengi Generasi dari Perundungan

    Konferensi Nasional KUPI 2025

    Disabilitas di Konferensi Nasional KUPI 2025: Sebuah Refleksi

    Perempuan Disabilitas

    Refleksi Perempuan Disabilitas di Hari Santri Nasional

    Fiqh al-Murūnah

    KUPI Mengenalkan Fiqh al-Murūnah bagi Pemenuhan Hak-hak Disabilitas

    Hak Politik Penyandang Disabilitas

    Hak Politik Penyandang Disabilitas: Antara Jaminan Konstitusi dan Prinsip Keadilan Islam

    Moral Solidarity

    Makna Relasi Afektif di Pesantren: Collective Pride dan Moral Solidarity Santri

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Resolusi Jihad

    Resolusi Jihad Santri: Dari Angkat Senjata hingga Media Sosial

    Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: KUPI Tegaskan Semua Manusia Adalah Subjek Kehidupan, Termasuk Disabilitas

    Ulama Perempuan Disabilitas

    Nyai Hj. Badriyah Fayumi: Ulama Perempuan Harus Menjadi Pelopor Keulamaan Inklusif dan Ramah Disabilitas

    Hak-hak Disabilitas

    UIN SSC Gelar Konferensi Nasional KUPI untuk Memperkuat Peran Keulamaan bagi Hak-hak Disabilitas

    Disabilitas

    PSGAD UIN SSC Dorong Kolaborasi Akademisi, Komunitas, dan Pesantren untuk Advokasi Disabilitas melalui Tulisan

    Isu Disabilitas

    Zahra Amin: Mari Menulis dan Membumikan Isu Disabilitas

    Keadilan Gender

    SIKON CILEM UIN SSC Cirebon Angkat KUPI sebagai Gerakan Global Keadilan Gender Islam

    Metodologi KUPI

    Menelusuri Metodologi KUPI: Dari Nalar Teks hingga Gerakan Sosial Perempuan

    Trans7

    Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Krisis Iklim

    Krisis Iklim dan Krisis Iman Sebagai Keprihatinan Laudate Deum

    Praktik P2GP

    Refleksi Kegiatan Monev Alimat dalam Membumikan Fatwa KUPI tentang Penghapusan Praktik P2GP

    Hari Santri Nasional

    Refleksi Hari Santri Nasional: Kemerdekaan Santri Belum Utuh Sepenuhnya

    Perundungan

    Kita, Perempuan, Membentengi Generasi dari Perundungan

    Konferensi Nasional KUPI 2025

    Disabilitas di Konferensi Nasional KUPI 2025: Sebuah Refleksi

    Perempuan Disabilitas

    Refleksi Perempuan Disabilitas di Hari Santri Nasional

    Fiqh al-Murūnah

    KUPI Mengenalkan Fiqh al-Murūnah bagi Pemenuhan Hak-hak Disabilitas

    Hak Politik Penyandang Disabilitas

    Hak Politik Penyandang Disabilitas: Antara Jaminan Konstitusi dan Prinsip Keadilan Islam

    Moral Solidarity

    Makna Relasi Afektif di Pesantren: Collective Pride dan Moral Solidarity Santri

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Tantangan Menghadapi Diskriminasi Terhadap Penganut Penghayat Kepercayaan Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi

Diskriminasi sosial terhadap penganut penghayat kepercayaan sering kali muncul dalam bentuk stigma dan intoleransi.

Fisco Moedjito Fisco Moedjito
19 Juli 2025
in Publik
0
Penghayat Kepercayaan

Penghayat Kepercayaan

1.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Indonesia, sebagai negara yang kaya akan keragaman budaya dan agama, memiliki berbagai aliran kepercayaan yang telah ada sejak sebelum kemerdekaan. Namun, penganut penghayat kepercayaan sering kali mengalami diskriminasi dan marginalisasi dalam berbagai aspek kehidupan. Diskriminasi ini tidak hanya bersifat sosial, tetapi juga administratif. Hingga mengakibatkan mereka kesulitan dalam mengakses hak-hak dasar seperti pendidikan, kesehatan, dan pekerjaan.

Arti Penting Putusan MK Bagi Pengakuan Penganut Penghayat Kepercayaan

Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 97/PUU-XIV/2016, yang dibacakan pada 7 November 2017, menjadi titik balik dalam perjuangan penganut penghayat kepercayaan. Yakni untuk mendapatkan pengakuan resmi dari negara. Sebelum putusan ini, penganut penghayat kepercayaan sering kali mengalami diskriminasi dan marginalisasi, terutama dalam hal pengakuan identitas agama mereka.

Dalam konteks hukum, istilah “agama” dalam Undang-Undang Administrasi Kependudukan hanya mencakup enam agama yang terakui oleh pemerintah. Yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Hal ini menyebabkan penganut penghayat kepercayaan, seperti Sunda Wiwitan, Kejawen, dan aliran kepercayaan lainnya, tidak memiliki tempat dalam sistem administrasi negara. Sehingga mengakibatkan mereka tidak terakui secara resmi.

Dalam putusan ini, MK menyatakan bahwa pengosongan kolom agama bagi penganut kepercayaan dalam dokumen kependudukan adalah diskriminatif dan bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945. Dengan demikian, MK mengakui bahwa hak untuk menganut kepercayaan adalah bagian dari hak asasi manusia yang harus terlindungi.

Dalam putusan tersebut, MK menyatakan bahwa negara harus memberikan pengakuan yang sama kepada semua penganut kepercayaan, termasuk mereka yang tidak termasuk dalam enam agama resmi. Hal ini memberikan kepastian hukum bagi penganut penghayat kepercayaan untuk mencantumkan kepercayaan mereka dalam dokumen resmi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Dampak Positif Putusan MK Terhadap Penganut Penghayat Kepercayaan

Dampak positif dari putusan ini sangat signifikan. Pertama, penganut penghayat kepercayaan kini memiliki hak untuk mencantumkan kepercayaan mereka dalam kolom agama pada dokumen resmi. Ini tidak hanya memberikan pengakuan formal terhadap identitas mereka, tetapi juga membuka akses terhadap berbagai layanan publik yang sebelumnya sulit terjangkau.

Misalnya, penganut penghayat kepercayaan yang ingin mendaftarkan anak mereka di sekolah atau mengakses layanan kesehatan. Kini mereka dapat melakukannya tanpa menghadapi hambatan administratif yang berkaitan dengan status agama mereka.

Kedua, putusan ini juga memberikan dorongan bagi masyarakat untuk lebih memahami dan menghargai keberagaman kepercayaan di Indonesia. Dengan adanya pengakuan resmi, kita harapkan akan terjadi peningkatan kesadaran dan toleransi terhadap penganut penghayat kepercayaan. Di mana selama ini sering kali terpinggirkan. Ini penting untuk menciptakan lingkungan sosial yang lebih inklusif dan harmonis.

Secara keseluruhan, Putusan MK Nomor 97/PUU-XIV/2016 memberikan kepastian hukum yang signifikan bagi penganut penghayat kepercayaan di Indonesia. Dengan pengakuan resmi terhadap kepercayaan mereka, penganut penghayat kepercayaan kini memiliki hak yang lebih jelas dalam dokumen kependudukan dan akses terhadap layanan publik. Namun, tantangan dalam implementasi dan stigma sosial masih perlu teratasi.

Oleh karena itu, kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan organisasi non-pemerintah sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan adil bagi semua penganut kepercayaan di Indonesia. Dengan langkah-langkah yang tepat, kita harapkan diskriminasi terhadap penganut penghayat kepercayaan dapat kita minimalisir, dan hak-hak mereka dapat kita hormati dan terlindungi secara efektif.

Tantangan Dalam Implementasi Putusan MK

Meskipun Putusan MK Nomor 97/PUU-XIV/2016 memberikan harapan baru bagi penganut penghayat kepercayaan di Indonesia, tantangan dan bentuk diskriminasi yang mereka hadapi masih tetap ada. Banyak penganut penghayat kepercayaan yang melaporkan kesulitan dalam merevisi data agama mereka di KTP, dan stigma sosial yang menghambat pengakuan mereka di masyarakat.

Selain itu, meskipun ada peraturan yang mendukung, masih terdapat regulasi yang mendiskriminasi penganut kepercayaan. Seperti dalam Undang-Undang Administrasi Kependudukan yang tidak sepenuhnya mengakomodasi keberadaan mereka. Dalam konteks ini, perlu kita eksplorasi lebih jauh apa saja tantangan yang penganut penghayat kepercayaan hadapi pasca putusan MK. Selain itu bagaimana mereka berjuang untuk mendapatkan pengakuan dan perlindungan hak-hak mereka.

Diskriminasi sosial terhadap penganut penghayat kepercayaan sering kali muncul dalam bentuk stigma dan intoleransi. Masyarakat umum, yang mungkin tidak memahami atau tidak mengenal kepercayaan yang dianut oleh kelompok ini, sering kali menganggap negatif terhadap mereka.

Hal ini dapat terlihat dalam interaksi sehari-hari, di mana penganut penghayat kepercayaan sering kali mengalami perlakuan yang tidak adil. Seperti pengucilan dalam kegiatan sosial, pendidikan, dan pekerjaan.  Penelitian menunjukkan bahwa penganut kepercayaan seperti Sunda Wiwitan dan Kejawen sering kali menjadi sasaran diskriminasi, baik dalam konteks informal maupun formal.

Diskriminasi Administratif

Selain itu, bentuk diskriminasi yang paling mencolok adalah diskriminasi administratif. Meskipun putusan MK mengakui hak penganut penghayat kepercayaan untuk mencantumkan kepercayaan mereka dalam dokumen resmi, banyak dari mereka masih mengalami kesulitan dalam merevisi data agama di Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Dalam banyak kasus, kolom agama masih tidak mencakup kepercayaan lokal, dan penganut penghayat kepercayaan sering kali hanya dapat mencantumkan tanda “-” yang menunjukkan bahwa mereka tidak terakui secara resmi oleh negara. Hal ini menyebabkan mereka mengalami kesulitan dalam mendapatkan hak-hak sipil, seperti akta kelahiran dan akses ke layanan publik.

Jika tidak tertangani secara serius, tantangan-tantangan ini berpotensi menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi penganut penghayat kepercayaan, yang pada dampaknya dapat memicu konflik sosial dan memperburuk situasi mereka. Oleh karena itu, kita memerlukan upaya bersama dari pemerintah, masyarakat, dan organisasi non-pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan adil bagi semua penganut kepercayaan di Indonesia.

Bagaimana Sebaiknya Sikap dan Peran Pemerintah Dalam Menegakkan Putusan MK?

Sikap dan peran pemerintah dalam menegakkan Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 97/PUU-XIV/2016 sangat krusial untuk mengatasi diskriminasi yang masih dialami oleh penganut penghayat kepercayaan di Indonesia. Putusan ini menegaskan bahwa penghayat kepercayaan memiliki hak untuk terakui secara resmi dalam dokumen kependudukan. Namun implementasi dari putusan tersebut masih menghadapi berbagai tantangan.

Untuk memperkuat dukungan terhadap hak-hak penganut penghayat kepercayaan, pemerintah perlu mengeluarkan kebijakan dan regulasi yang mendukung implementasi putusan MK. Ini termasuk revisi terhadap Undang-undang Administrasi Kependudukan yang selama ini tidak mengakomodasi keberadaan penganut penghayat kepercayaan.

Dengan adanya regulasi yang jelas, penganut penghayat kepercayaan dapat mencantumkan kepercayaan mereka dalam dokumen resmi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Tanpa adanya kebijakan yang mendukung, pengakuan hukum yang diberikan oleh MK akan sulit untuk direalisasikan di lapangan.

Selain itu, pemerintah juga memiliki tanggung jawab untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai keberadaan dan hak-hak penganut penghayat kepercayaan. Banyak masyarakat yang masih belum memahami atau bahkan memiliki stigma negatif terhadap penganut penghayat kepercayaan.

Melalui program-program edukasi, pemerintah dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang keberagaman kepercayaan dan pentingnya toleransi. Ini akan membantu menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan mengurangi diskriminasi sosial yang dialami oleh penganut penghayat kepercayaan.

Implementasi Putusan MK

Pemerintah perlu memberikan pelatihan kepada petugas administrasi di tingkat lokal mengenai implementasi putusan MK. Petugas yang tidak memahami putusan tersebut dapat menghambat proses pengakuan penganut penghayat kepercayaan. Dengan pelatihan yang tepat, petugas administrasi akan lebih siap untuk melayani penganut penghayat kepercayaan dan memastikan bahwa hak-hak mereka terakui dalam dokumen resmi.

Pemerintah juga harus melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan putusan MK dan menegakkan hukum terhadap pihak-pihak yang melakukan diskriminasi terhadap penganut penghayat kepercayaan. Ini termasuk tindakan tegas terhadap individu atau kelompok yang melakukan intoleransi atau kekerasan terhadap penganut penghayat kepercayaan. Dengan adanya penegakan hukum yang tegas, kita harapkan akan ada efek jera bagi pelaku diskriminasi.

Pemerintah dapat bekerja sama dengan organisasi masyarakat sipil yang fokus pada isu-isu hak asasi manusia dan keberagaman kepercayaan. Kolaborasi ini dapat membantu dalam mengidentifikasi masalah yang dihadapi penganut penghayat kepercayaan dan merumuskan solusi yang lebih efektif. Organisasi masyarakat sipil juga dapat berperan dalam advokasi dan memberikan dukungan kepada penganut penghayat kepercayaan dalam memperjuangkan hak-hak mereka.

Pengakuan Hak Penganut Penghayat Kepercayaan, Tanggung Jawab Kita Semua

Pengakuan terhadap hak penganut penghayat kepercayaan tidak hanya kita lihat sebagai beban eksklusif pemerintah saja. Tetapi juga sebagai upaya kolektif yang melibatkan seluruh elemen masyarakat. Dalam konteks Indonesia yang pluralistik, penguatan perlindungan hak ini memerlukan peran aktif dari semua pihak demi terciptanya masyarakat yang inklusif dan harmonis.

Selain pemerintah yang bertanggung jawab membuat kebijakan yang menjamin keberadaan dan hak-hak penghayat kepercayaan terakui secara legal dan sosial. Masyarakat sipil juga memegang peranan strategis dalam membangun ruang dialog yang menekankan keterbukaan, penerimaan, dan saling menghormati antar berbagai keyakinan.

Melalui dialog antarkeyakinan (interfaith dialogue), masyarakat dapat memperbesar kesadaran kolektif akan pentingnya toleransi dan penghormatan terhadap perbedaan. Sikap saling menghargai ini tidak sekadar teori, melainkan praktik nyata dalam kehidupan sosial yang mendukung kohesi/keterikatan sosial.

Dengan sinergi antara kebijakan pemerintah yang inklusif dan dukungan aktif masyarakat melalui dialog dan tindakan toleransi, pengakuan serta perlindungan terhadap penghayat kepercayaan dapat tercapai dengan lebih efektif. Ini bukan hanya soal hak individu atau kelompok, melainkan fondasi penting bagi Indonesia yang adil, damai, dan berkeberagaman.

Dengan langkah-langkah ini, harapannya diskriminasi terhadap penganut penghayat kepercayaan dapat kita minimalisir. Mereka dapat hidup dengan martabat dan hak yang setara dalam masyarakat Indonesia yang beragam. []

 

Tags: DiskriminasikeberagamanPenghayat KepercayaanPutusan MKtoleransi
Fisco Moedjito

Fisco Moedjito

Part-time student and worker. Full-time learner. Bachelor of Law from Universitas Gadjah Mada.

Terkait Posts

Konferensi Nasional KUPI 2025
Personal

Disabilitas di Konferensi Nasional KUPI 2025: Sebuah Refleksi

23 Oktober 2025
Dialog Lintas Iman
Publik

Dialog Lintas Iman: Peran Setiap Generasi Merawat Kerukunan

30 September 2025
Keberagaman
Hikmah

Membekali Anak untuk Menghargai Keberagaman

4 September 2025
Srikandi Lintas Iman
Publik

Satu Dekade Srikandi Lintas Iman: Peran dan Perjuangan Perempuan Dalam Menjaga Perdamaian

29 Agustus 2025
Kemerdekaan
Publik

Kemerdekaan dan Iman Katolik: Merawat Persaudaraan dalam Kebhinekaan

18 Agustus 2025
Keberagaman
Hikmah

Pentingnya Membekali Anak untuk Terus Menghargai Keberagaman

5 Agustus 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Metode Mubadalah

    Aplikasi Metode Mubadalah dalam Memaknai Hadits Bukhari tentang Memerdekakan Perempuan Budak

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mbah War Sudah Kaya Sebelum Santri Belajar

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Refleksi Hari Santri Nasional: Kemerdekaan Santri Belum Utuh Sepenuhnya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Krisis Iklim dan Krisis Iman Sebagai Keprihatinan Laudate Deum

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Refleksi Kegiatan Monev Alimat dalam Membumikan Fatwa KUPI tentang Penghapusan Praktik P2GP

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Krisis Iklim dan Krisis Iman Sebagai Keprihatinan Laudate Deum
  • Refleksi Kegiatan Monev Alimat dalam Membumikan Fatwa KUPI tentang Penghapusan Praktik P2GP
  • Aplikasi Metode Mubadalah dalam Memaknai Hadits Bukhari tentang Memerdekakan Perempuan Budak
  • Refleksi Hari Santri Nasional: Kemerdekaan Santri Belum Utuh Sepenuhnya
  • Memaknai Kebahagiaan Lewat Filosofi Mulur Mungkret Ki Ageng Suryomentaram

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID