• Login
  • Register
Jumat, 4 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom

Stereotip Perempuan Indramayu

Fatikha Yuliana Fatikha Yuliana
28/09/2022
in Kolom
1
Stereotip Perempuan Indramayu

Ilustrasi: wikimedia[dot]com

2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.Id– Berikut stereotip perempuan Indramayu. Hal ini tak bisa dipungkiri ada di sebagian masyarakat. Yang menyarankan perempuan nikih siri atau kontrak.

“Kebanyakan perempuan di situ lebih memilih menikah siri daripada dicurigai berzina, lebih bangga karena sudah menjanda empat kali daripada belum menikah sama sekali di usia yang terbilang mapan”.

Kira-kira begitu kalimat yang terlontar dari seorang kawan ketika membicarakan daerah saya, Indramayu.

Meskipun saya belum banyak memberikan kontribusi untuk daerah saya, tetap saja saya merasa kesal ketika mendengar ungkapan seperti tersebut di atas. Tetapi saya memilih untuk mendengarkan apapun yang dikatakan lawan bicara saya terhadap daerah saya.

“Pasangan suami istri di sana, ketika suaminya mendengar istrinya melahirkan anak laki-laki, suami tidak bergeming dari pekerjaannya. Istrinya melahirkan di rumah, suaminya masih tetap mencangkul di sawah.”

Baca Juga:

Hak dan Kewajiban Laki-laki dan Perempuan dalam Fikih: Siapa yang Diuntungkan?

Perceraian dalam Fikih: Sah untuk Laki-Laki, Berat untuk Perempuan

Fikih yang Kerap Merugikan Perempuan

Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan

“Tetapi ketika si istri melahirkan anak perempuan, si suami sangat antusias menyambut bayi perempuannya. Ia meninggalkan cangkulnya, bergegas pulang ke rumah. Lalu setelah besar, mereka (anak perempuan) bekerja sebagai TKI atau TKW di luar negeri karena tak mempunyai biaya untuk melanjutkan sekolah. Ini seakan menandakan bahwa di sana anak perempuan adalah aset berharga bagi keluarga”, katanya lagi.

Saya menangkap dari perkataannya, kuat anggapan bahwa perempuan di daerah saya semuanya sama, persis seperti yang diungkapkannya.

Sepanjang obrolan penuh stigma dan stereotip negatif terhadap perempuan-perempuan Indramayu, saya sadar bahwa stereotip itu tidak hanya terlontar dari dia saja. Bahkan mungkin di luar sana beragam stigma tentang daerah saya sudah banyak ditemui.

Ya, daerah saya berada di jalur pantai utara (pantura), lebih tepatnya Indramayu. Orang lebih mengenal Indramayu dengan lagu-lagu tarlingnya daripada potensi daerahnya. Lebih banyak mengenal warung remang-remangnya daripada kilang minyaknya.

Entah berawal dari mana dan siapa stereotip itu muncul. Saya pun tidak tahu persis, di bagian mana tepatnya daerah saya yang banyak kasus serupa itu. Sebab tak semua perempuan di daerah saya seperti apa yang banyak diperbincangkan oleh orang-orang di luar sana.

Tak semua perempuan Indramayu bersedia untuk menikah siri. Tak semua keluarga di Indramayu menjadikan anak perempuannya sebagai aset pendapatan keluarga. Tak semua perempuan Indramayu memilih menjadi janda di usia muda.

Ini sama halnya dengan stereotip yang diberikan kepada perempuan Sunda yang dicap matre, padahal kita semua pun makhluk matrealistis yang tak jarang mengukur sesuatu dengan materi.

Atau perempuan Jawa yang selalu dicap kemayu dan tidak berprinsip, karena  kerap manut pada pendapat orang lain.

Pernah satu waktu kawan saya, seorang lelaki Jawa, bercerita tentang pernikahannya yang gagal karena orang tua yang tidak menyetujui hubungannya dengan gadis Sunda. Orang tuanya melarang anak laki-lakinya berhubungan dengan perempuan Sunda karena dinilai matre.

Lantas, mengapa harus perempuan yang mendapat stigma dan stereotip? Mengapa bukan laki-laki? Disadari atau tidak, stereotip yang muncul itu dari pikiran-pikiran masyarakat kita yang masih sangat kental nilai-nilai patriarkat.

Konstruksi pikiran dengan tujuan mengantarkan kita untuk menjadikan perempuan sebagai objektifikasi segala stigma. Kemudian melekat dan menjelma stereotip negatif yang menggejala di masyarakat kita hingga kini.

Stereotip daerah atau etnis yang berkembang sangat lekat di masyarakat kita, ini seakan menunjukkan bahwa dengan mudahnya kita memberi nilai atas sesuatu yang secara keseluruhan belum benar adanya. Atau jika pun ada, itu hanya sebagian tidak berarti keseluruhan.

Menurut saya ini tidak adil, sebab kita tidak bisa menyimpulkan sesuatu dengan memberi nilai hanya dari sebagian yang kita temui. Lalu menghilangkan nilai-nilai yang ada dari sebagian lainnya dan menilai secara generalisasi berdasarkan informasi umum yang dianggap benar.

Betapa relasi adil gender pada masyarakat kita masih jauh dari harapan. Ketimpangan-ketimpangan relasi ini seringkali melahirkan diskriminasi. Dari sekian diskriminasi adalah kaum perempuan yang paling rentan menjadi korban.

Demikian penjelasan terkait stereotip perempuan Indramayu. Semoga bermanfaat. []

Tags: daerahetnisIndramayuPanturaperempuanStereotipTarlingTKITKW
Fatikha Yuliana

Fatikha Yuliana

Fatikha Yuliana, terlahir di Indramayu. Alumni Ponpes Putri Al-Istiqomah Buntet Pesantren Cirebon. Berkuliah di Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) Cirebon. Jatuh cinta pada kopi dan pantai.

Terkait Posts

Kritik Tambang

Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan

4 Juli 2025
Isu Iklim

Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

3 Juli 2025
KB sebagai

Merencanakan Anak, Merawat Kemanusiaan: KB sebagai Tanggung Jawab Bersama

3 Juli 2025
Poligami atas

Bisnis Mentoring Poligami: Menjual Narasi Patriarkis atas Nama Agama

3 Juli 2025
Ruang Aman, Dunia Digital

Laki-laki Juga Bisa Jadi Penjaga Ruang Aman di Dunia Digital

3 Juli 2025
Konten Kesedihan

Fokus Potensi, Difabel Bukan Objek Konten Kesedihan!

3 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Poligami atas

    Bisnis Mentoring Poligami: Menjual Narasi Patriarkis atas Nama Agama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Laki-laki Juga Bisa Jadi Penjaga Ruang Aman di Dunia Digital

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI
  • Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi
  • Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan
  • Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?
  • Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID