Rabu, 10 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    16 HAKTP yang

    16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa

    Banjir Aceh

    Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

    Ayat Ekologi

    Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

    Bencana

    Agama Harus Jadi Rem: Pesan Dr. Faqih atas Terjadinya Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana di Aceh dan

    Dr. Faqih Bongkar Gagalnya Kontrol Agama dan Negara atas Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana Sumatera

    Ketika Rakyat Membayar Kerusakan, Korporasi Mengambil Untung: Kritik WALHI atas Bencana Berulang di Sumatera

    Bencana di Aceh

    WALHI Desak Evaluasi Total Izin Usaha di Aceh dan Sumatera untuk Hentikan Siklus Bencana

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Anak Muda

    Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

    Bencana Ekologis

    Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan

    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    Skizofrenia

    Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi dan Tanggung Jawab Agama: Refleksi Tadarus Subuh ke-173

    Dunia Digital

    Menguatkan Kesehatan Mental dan Psikososial Anak di Dunia Digital Bersama Para Pakar

    Manusia dan Alam

    Alam Bukan Objek: Nyatanya Manusia dan Alam Saling Menghidupi

    HAKTP

    Praktik HAKTP dalam Jurnalisme Algoritmik

    Teodise

    Di Tengah Bencana, Di Mana Tuhan? Teodise dan Hikmah Kemanusiaan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    16 HAKTP yang

    16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa

    Banjir Aceh

    Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

    Ayat Ekologi

    Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

    Bencana

    Agama Harus Jadi Rem: Pesan Dr. Faqih atas Terjadinya Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana di Aceh dan

    Dr. Faqih Bongkar Gagalnya Kontrol Agama dan Negara atas Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana Sumatera

    Ketika Rakyat Membayar Kerusakan, Korporasi Mengambil Untung: Kritik WALHI atas Bencana Berulang di Sumatera

    Bencana di Aceh

    WALHI Desak Evaluasi Total Izin Usaha di Aceh dan Sumatera untuk Hentikan Siklus Bencana

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Anak Muda

    Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

    Bencana Ekologis

    Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan

    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    Skizofrenia

    Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi dan Tanggung Jawab Agama: Refleksi Tadarus Subuh ke-173

    Dunia Digital

    Menguatkan Kesehatan Mental dan Psikososial Anak di Dunia Digital Bersama Para Pakar

    Manusia dan Alam

    Alam Bukan Objek: Nyatanya Manusia dan Alam Saling Menghidupi

    HAKTP

    Praktik HAKTP dalam Jurnalisme Algoritmik

    Teodise

    Di Tengah Bencana, Di Mana Tuhan? Teodise dan Hikmah Kemanusiaan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

Di Indonesia hari ini, banyak anak muda yang merasakan anomie versi modern. Ekspektasi untuk sukses di usia muda, dan tuntutan tampil di media sosial.

Ibnu Fikri Ghozali Ibnu Fikri Ghozali
10 Desember 2025
in Publik, Rekomendasi
0
Anak Muda

Anak Muda

7
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Setiap pekan, linimasa media sosial kita terpenuhi beragam kisah tentang kegelisahan anak muda. Tekanan karier, kecemasan hidup di kota besar, dan rasa tidak pasti menghadapi masa depan. Di balik unggahan yang tampak ceria, banyak dari mereka menyimpan kegelisahan yang dalam.

Kondisi ini menandai munculnya bentuk kerapuhan sosial baru ketika generasi muda hidup di tengah derasnya perubahan, tetapi kehilangan arah dan pegangan makna. Ini bukan semata persoalan individu, melainkan potret perubahan sosial yang lebih luas. Ketika norma dan solidaritas masyarakat melemah di tengah tuntutan modernitas yang kian kompleks.

Kerapuhan itu tampak dari berbagai sisi. Tingginya angka depresi, meningkatnya kekhawatiran sosial, polarisasi opini di dunia maya, dan tekanan ekonomi menjadi gejala nyata keterasingan sosial generasi muda. Mereka hidup di ruang yang terfragmentasi.

Secara daring terhubung, namun dalam kehidupan nyata justru terisolasi. Rasa tertekan, kebingungan memilih jalan hidup, dan tekanan performa membuat banyak anak muda kehilangan arah. Di sinilah titik kritis kerapuhan sosial baru yang membutuhkan perhatian serius.

Konsep Anomie

Sosiolog Prancis, Émile Durkheim, dalam karyanya Le Suicide (1897), memperkenalkan konsep anomie, kondisi di mana norma sosial melemah sehingga individu kehilangan pegangan moral dan sosial. Durkheim menjelaskan bahwa anomie muncul ketika masyarakat gagal membangun kesepakatan nilai yang memberi arah hidup.

Di Indonesia hari ini, banyak anak muda yang merasakan anomie versi modern. Ekspektasi untuk sukses di usia muda, dan tuntutan tampil di media sosial. Selain itu tekanan ekonomi membuat mereka seperti terombang-ambing di tengah kebebasan yang menyesakkan. Ketiadaan norma yang jelas membuat individu rentan terhadap stres, kebingungan identitas, dan perilaku sosial yang tidak terkontrol.

Survei Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS) tahun 2022 menemukan bahwa sekitar 34,9% remaja Indonesia mengalami masalah kesehatan mental, setara dengan 15,5 juta remaja.

Gangguan yang paling umum adalah kecemasan (28,2% pada perempuan dan 25,4% pada laki-laki) dan depresi (6,7% pada perempuan dan 4,0% pada laki-laki). Data ini menunjukkan bahwa masalah psikologis anak muda bukan sekadar persoalan individu, melainkan kondisi sistemik yang memerlukan perhatian sosial.

Selain itu, data Pusat Informasi Kriminal Nasional (Pusiknas) Polri mencatat bahwa sepanjang Januari hingga Mei 2025, terjadi 594 kasus bunuh diri, dengan 46,6% melibatkan remaja berusia 15–29 tahun.

Angka ini mencerminkan bahwa kerapuhan sosial bukan hanya masalah pribadi, tetapi krisis sosial kolektif. Survei Lembaga Psikologi Indonesia tahun 2025 menunjukkan bahwa 60% penderita depresi enggan mencari bantuan karena takut dianggap lemah atau “tidak stabil”. Stigma sosial yang kuat memperburuk isolasi dan membuat individu semakin terasing.

Anak Muda Terjebak dalam Ruang Gema

Media sosial, yang awalnya menjanjikan keterhubungan, kini justru memperkuat isolasi. Budaya perbandingan tanpa henti menciptakan tekanan psikologis, sementara algoritma mempersempit pandangan dunia. Anak muda mudah terjebak dalam ruang gema (echo chamber) yang menegaskan pandangan mereka sendiri, sehingga empati terhadap orang lain menurun.

Situasi ini terlihat dalam meningkatnya polarisasi sosial dan perdebatan sengit di ruang digital. Mereka yang seharusnya menjadi jembatan dialog justru terseret dalam arus kebencian digital, teralienasi dari realitas sosial yang lebih luas.

Di sisi lain, dunia pendidikan yang seharusnya menjadi ruang pembentukan karakter sosial masih terlalu menekankan kompetensi akademik. Sekolah dan perguruan tinggi sibuk mengejar akreditasi dan prestasi formal, sementara pembinaan nilai-nilai sosial kurang diperhatikan.

Anak muda terdorong untuk berhasil secara individual, bukan tumbuh bersama. Kehilangan komunitas nyata memperparah keadaan. Ruang sosial lokal yang dulu menguatkan solidaritas kini melemah, sehingga mereka mencari validasi di dunia maya yang rapuh.

Pasca-pandemi, ketika ekonomi digital tumbuh pesat dan biaya hidup meningkat, banyak anak muda terjebak dalam pekerjaan serabutan (gig economy) tanpa kepastian masa depan. Dalam kondisi ini, rasa cemas dan kehilangan makna mudah berubah menjadi keputusasaan sosial. Jika kita biarkan, kerapuhan sosial baru ini akan berimplikasi luas: dari meningkatnya konflik generasi hingga melemahnya kohesi sosial di tingkat komunitas dan nasional.

Solidaritas Sosial

Durkheim menegaskan bahwa solidaritas sosial adalah fondasi kebahagiaan manusia. Tanpa solidaritas, masyarakat rentan mengalami disintegrasi moral. Untuk membangun kembali jaringan sosial yang kuat, perlu keterlibatan berbagai pihak. Keluarga harus menjadi pelindung dan pemberi pegangan nilai, di mana anak muda merasa aman untuk mengekspresikan diri tanpa takut terhakimi.

Komunitas lokal perlu menghadirkan ruang interaksi sosial yang inklusif, memungkinkan pertukaran gagasan dan pengalaman. Sekolah dan perguruan tinggi harus mengintegrasikan pendidikan karakter, empati, dan kolaborasi dalam kurikulum, bukan hanya menekankan pencapaian akademik.

Media dan influencer juga memiliki peran penting. Mereka bisa menjadi penguat narasi positif tentang kebermaknaan hidup, menekankan kolaborasi, solidaritas, dan kepedulian sosial.

Kebudayaan digital harus kita arahkan untuk membangun empati dan menumbuhkan kepedulian, bukan sekadar persaingan dan perbandingan instan. Pemerintah dan lembaga sosial dapat menyediakan ruang aman bagi anak muda untuk menyalurkan kreativitas, berpartisipasi dalam kegiatan sosial, dan membangun jejaring solidaritas yang sehat.

Kerapuhan sosial yang dialami generasi muda Indonesia saat ini bukan sekadar kejadian individual, melainkan simptom struktural dari melemahnya norma dan solidaritas sosial adalah inti dari konsep anomie Durkheim. Data di atas menunjukkan bahwa hampir sepertiga remaja Indonesia mengalami gangguan kesehatan mental, sementara hampir setengah kasus bunuh diri melibatkan kelompok usia 15–29 tahun.

Menyoal Kerapuhan Sosial

Stigma terhadap kesehatan mental memperburuk isolasi mereka, sehingga masalah yang awalnya bersifat personal berubah menjadi krisis sosial kolektif. Dalam konteks ini, teknologi dan media sosial, yang seharusnya memperkuat keterhubungan, justru menimbulkan fragmentasi pengalaman sosial, memperlemah jaringan solidaritas, dan memicu polarisasi yang mengakar.

Kondisi ini menunjukkan bahwa anak muda hidup dalam ruang sosial yang kehilangan pedoman normatif yang jelas. Kompetisi akademik, tekanan ekonomi, ekspektasi kesuksesan instan, dan budaya perbandingan digital menciptakan ketidakpastian nilai yang memunculkan kegelisahan, rasa cemas, dan kehilangan makna.

Dengan kata lain, mereka bukan hanya menghadapi tekanan psikologis, tetapi juga ketidakjelasan sosial dan moral yang membuat mereka rentan terhadap disintegrasi sosial. Tanpa intervensi terpadu dari keluarga, sekolah, komunitas, media, dan pemerintah, kerapuhan ini akan terus memperdalam fragmentasi sosial dan melemahkan kohesi masyarakat Indonesia di masa depan.

Perhatian terhadap kesehatan mental anak muda tidak boleh hanya bersifat individual atau reaktif. Kita membutuhkan pendekatan sistemik dan integratif yang mengembalikan pedoman norma sosial dan memperkuat jaringan solidaritas.

Pendidikan karakter yang menekankan empati, ruang aman untuk ekspresi kreatif, narasi positif di media, serta dukungan keluarga dan komunitas adalah kunci untuk membalik kondisi ini. Hanya dengan memulihkan fondasi moral dan sosial yang stabil, anak muda Indonesia dapat mengatasi kerapuhan sosial, menguatkan kohesi sosial, dan berkontribusi pada pembangunan masyarakat yang lebih inklusif, resilient, dan bermakna. []

 

Tags: Anak MudaKerapuhan SosialKesehatan Mentalmedia sosialSolidaritas
Ibnu Fikri Ghozali

Ibnu Fikri Ghozali

Saat ini sedang menempuh pendidikan Pascasarjana di Prince of Songkla University, Thailand.

Terkait Posts

Relasi Difabel
Publik

Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

9 Desember 2025
Skizofrenia
Personal

Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

9 Desember 2025
Dunia Digital
Publik

Menguatkan Kesehatan Mental dan Psikososial Anak di Dunia Digital Bersama Para Pakar

9 Desember 2025
Angkie Yudistia
Figur

Kisah Angkie Yudistia sebagai perempuan Penyandang Disabilitas

5 Desember 2025
META Indonesia
Aktual

Pelatihan Digital Literasi bersama META Indonesia agar Aman Berekspresi di Media Sosial

4 Desember 2025
soft life
Personal

Soft Life : Gaya Hidup Anti Stres Gen Z untuk Kesejahteraan Mental

27 November 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Benarkah Implementasi Kebijakan Publik Terhadap Hak Difabel Sudah Sesuai HAM?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • 16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan
  • Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru
  • Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa
  • Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan
  • Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID