Mubadalah.id – Pemahaman agama, sebagai salah satu unsur dari kultur masyarakat, menjadi sangat bertanggung jawab dalam mengupayakan penghapusan ketimpangan yang menistakan perempuan.
Karena itu, pengajaran agama perlu ditinjau ulang, termasuk di antaranya, pengajaran mengenai teks-teks hadis. Secara prinsip, risalah Nabi Muhammad Saw turun untuk membebaskan manusia dari ketimpangan dan ketidakadilan.
Perjuangan keadilan atau ‘kalimat ‘adlin’ adalah sebaik jihad dalam risalah Nabi SAW untuk menegaskan nilai-nilai moralitas kemanusiaan yang tinggi (makarim al-akhlak).
Jika diyakini bahwa pendidikan menjadi hak setiap orang yaitu laki-laki maupun perempuan, maka segala bentuk hambatan harus dihapuskan. Baik hambatan yang disebabkan kebijakan politik, nilai budaya, maupun pemikiran keagamaan.
Karena itu, beberapa teks hadis yang dari sisi sanad sebenarnya adalah lemah yang menghambat aktivitas pendidikan perempuan harus segera kita hentikan pengajaran dan periwayatannya.
Apabila teks-teks hadis seperti ini tertulis dalam kitab-kitab maupun buku kurikulum, ia harus kita baca ulang dengan pengetahuan yang memadai.
Misalnya dalam hadis yang memerintahkan perempuan untuk selamanya tinggal di dalam rumah untuk mengikuti perintah suami dan melayani segala kebutuhannya.
Imam Al-Ghazali
Teks hadis ini Imam Al-Ghazali (w. 505H) kutip dalam magnum opusnya Ihya ulum ad-din dan Imam Nawawi (w. 1315H) dalam kitab Uqud al-Lujjain ketika berbicara mengenai kewajiban seorang istri.
Beberapa pendakwah agama pada saat ini, seperti Syekh Muhammad al-Ghazali sampaikan dalam kitab As-Sunnah an-Nabawiyyah (1992:51). Juga menjadikan teks hadis seperti ini sebagai dasar untuk melarang perempuan memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Teks hadis ini sekalipun dikutip beberapa ulama terkenal, tetapi ia adalah hadis yang dha’if, atau lemah dan tidak bisa dipertanggungjawabkan, seperti yang dinyatakan Mahmud Muhammad Haddad dan Syekh Muhammad al-Ghazali.
Teks hadis yang seperti ini akan banyak menghambat perempuan untuk memperoleh pengetahuan dan pendidikan.
Beberapa teks hadis yang sejenis juga harus kita kritik dan maknai ulang. Seperti juga hadis pelarangan perempuan untuk terlibat dalam aktivitas masjid.
Pelarangan perempuan shalat di masjid, berarti penghambatan terhadap perempuan untuk memperoleh pengetahuan, pendidikan dan informasi. Karena masjid bagi umat Islam adalah pusat pengetahuan dan pendidikan, di samping sarana untuk ibadah ritual. []