Kamis, 13 November 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    silent revolution

    Prof. Alimatul Qibtiyah Sebut Silent Revolution sebagai Wajah Gerakan Perempuan Indonesia

    Alimat

    Alimat Teguhkan Arah Gerakan Perempuan Lewat Monev Sosialisasi Pandangan Keagamaan KUPI tentang P2GP

    mahasiswa dan diaspora Indonesia di Sydney

    Mahasiswa dan Diaspora Indonesia di Sydney Tolak Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

    Soeharto

    Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto

    Pahlawan Soeharto

    Ketua PBNU hingga Sejarawan Tolak Gelar Pahlawan Soeharto, Dosanya Besar bagi NU dan Masyarakat

    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Kosmetik Ramah Difabel

    Kosmetik Ramah Difabel Ternyata Masih Asing di Pasar Lokal

    Menyusui

    Menyusui: Hak Anak, Hak Ibu, atau Kewajiban Ayah?

    Soeharto

    Soeharto dan Situasi Epistemik Bangsa

    ar-radha‘ah

    Menafsir Ulang Ar-Radha‘ah

    Penyusuan Anak dalam al-Qur'an

    Penyusuan Anak dalam Al-Qur’an: Antara Hukum, Etika, dan Kasih Sayang

    Disabilitas Psikososial

    Memberi Kemanfaatan Bagi Disabilitas Psikososial

    Penyusuan

    Ketika Al-Qur’an Menaruh Perhatian Istimewa pada Penyusuan Anak

    Menyusui Anak

    Ketika Menyusui Anak Menjadi Amal Kemanusiaan

    Itsbat Nikah

    Tadarus Subuh: Kelindan Itsbat Nikah, Antara Kemaslahatan dan Kerentanan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    silent revolution

    Prof. Alimatul Qibtiyah Sebut Silent Revolution sebagai Wajah Gerakan Perempuan Indonesia

    Alimat

    Alimat Teguhkan Arah Gerakan Perempuan Lewat Monev Sosialisasi Pandangan Keagamaan KUPI tentang P2GP

    mahasiswa dan diaspora Indonesia di Sydney

    Mahasiswa dan Diaspora Indonesia di Sydney Tolak Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

    Soeharto

    Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto

    Pahlawan Soeharto

    Ketua PBNU hingga Sejarawan Tolak Gelar Pahlawan Soeharto, Dosanya Besar bagi NU dan Masyarakat

    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Kosmetik Ramah Difabel

    Kosmetik Ramah Difabel Ternyata Masih Asing di Pasar Lokal

    Menyusui

    Menyusui: Hak Anak, Hak Ibu, atau Kewajiban Ayah?

    Soeharto

    Soeharto dan Situasi Epistemik Bangsa

    ar-radha‘ah

    Menafsir Ulang Ar-Radha‘ah

    Penyusuan Anak dalam al-Qur'an

    Penyusuan Anak dalam Al-Qur’an: Antara Hukum, Etika, dan Kasih Sayang

    Disabilitas Psikososial

    Memberi Kemanfaatan Bagi Disabilitas Psikososial

    Penyusuan

    Ketika Al-Qur’an Menaruh Perhatian Istimewa pada Penyusuan Anak

    Menyusui Anak

    Ketika Menyusui Anak Menjadi Amal Kemanusiaan

    Itsbat Nikah

    Tadarus Subuh: Kelindan Itsbat Nikah, Antara Kemaslahatan dan Kerentanan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Antara Banjir Informasi, Boikot Stasiun Televisi, dan Refleksi Hari Santri

Reaksi berlebihan dari beberapa masyarakat pesantren yang mengutamakan emosi membuat hati saya mencelos.

Sofia Ainun Nafis Sofia Ainun Nafis
20 Oktober 2025
in Publik
0
Banjir informasi

Banjir informasi

1.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Sebelum internet dan media sosial semasif saat ini, sejak kecil saya sudah suka menonton berita melalui televisi. Menunggu informasi terkini yang disajikan dalam program-program berita di layar kaca. Mulai dari Liputan 6, Seputar Indonesia, Sport7, Buletin Siang, dan lain sebagainya.

Kemudian di malam hari saya juga sering menyimak acara televisi On The Spot, yang menyajikan informasi dengan kemasan ringan dan unik. Dewasa ini saya menyadari, dulu saya selalu mengira bahwa berita adalah acara televisi yang menyajikan informasi objektif, aktual dan faktual. Seperti yang termuat dalam pelajaran Bahasa Indonesia semasa sekolah.

Kala itu dalam kepala saya penuh dengan pertanyaan “akan ada berita apa lagi ya di belahan dunia ini, terutama di Indonesia?” Hingga sampai pada pertanyaan “mengapa setiap hari headline berita selalu saja cepat berganti?” Namun, di titik ini saya belum merasa adanya banjir informasi. Belum terbesit sedikit pun dalam dalam pikiran saya bahwa berita yang disajikan di layar kaca adalah hasil proses sedemikian rupa dari berbagai pihak. 

Banjir Informasi di Era Media Sosial

Kemudian saat ini ketika kita telah melewati era 3.0 yang identik dengan perkembangan internet, informasi dapat kita akses dari manapun dan kapanpun. Hanya dengan gawai yang bisa kita bawa kemana-mana, bahkan telah menjadi bagian dari hidup, kita bisa mendapatkan banyak sekali informasi.

Melalui berbagai arah, 24/7 tanpa jeda, bahkan tanpa adanya filter. Saking derasnya kita seperti terjejali informasi yang begitu banyak dan silih berganti. Mulai dari konten yang memuat berita terkini, gosip, hingga prank.

Banjir informasi ini tentu menjadi semacam racun ketika kita belum siap dengan arus yang begitu cepat ini. Pengalaman yang saya rasakan ketika melakukan scrolling di media sosial, secara fisik kepala terasa berat, lebih dari itu otak sulit sekali fokus dan terasa penuh.

Literasi digital yang seharusnya telah kita dapatkan sebelum gelombang ini terjadi, sayangnya hingga saat ini belum juga terpenuhi. Padahal literasi digital seharusnya menjadi pondasi untuk bekal kita menjadi digital native.

Dengan pemahaman tersebut kita tidak akan begitu saja menerima dan membagikan informasi sebelum melakukan checking lebih lanjut. Memastikan informasi tersebut valid atau hanya buatan media semata. Arus deras informasi ini menjadi tantangan kita untuk memilih dan memilah informasi.

Jangan-jangan informasi tersebut malah menjadi boomerang di kemudian hari. Karena semakin banyak mendapatkan berita dan informasi, maka semakin sulit pula menemukan “kebenaran” yang utuh.

Ramainya Suara Boikot Trans7

Termasuk banjirnya informasi adalah ketika beberapa hari lalu, bahkan hingga hari ini, media penuh dengan berita tentang gelombang boikot kepada Trans7 oleh santri-santri dan keluarga pesantren. Kala itu saya cukup terkejut ketika pagi hari mendapati media sosial saya penuh dengan konten tentang protes dan boikot Trans7.

Ketika berselancar lebih dalam saya baru menemukan bahwa gelombang tersebut berasal dari program Xpose Uncensored Trans7. Lebih spesifik lagi dalam tayangan yang berisi kritik terhadap pesantren dengan menggunakan judul yang provokatif dan menggiring opini negatif. Yakni, “Santrinya Minum Susu Saja Kudu Jongkok, Memang Gini Kehidupan Pondok?”.

Tentu saja judul ini cukup, bahkan sangat, menyentil warganet yang latar belakangnya adalah pesantren. Lebih lanjut tayangan ini berisi potongan-potongan video guru dan para santri yang dicomot begitu saja. Kemudian ditambah dengan voice over bernada julid ala konten gosip.

Tayangan ini berisi tiga kritik, beberapa juga berpendapat ini adalah bentuk framing negatif, terhadap budaya pesantren menggunakan satu sudut pandang saja. Antara lain tentang jalan jongkok yang mereka anggap sebagai manifestasi feodalisme, kemudian memberikan amplop kepada kiai yang membuat gaya hidup hedon. Lalu hal yang mereka tayangkan lagi adalah ketika santri melakukan pekerjaan rumah kiai tanpa bayaran.

Logika Media Televisi

Barangkali inilah gambaran berita yang tidak menelisik dan mencari data dari sumber yang lebih luas. Padahal budaya pesantren tidak sedangkal itu. Alih-alih memakai etika jurnalisme, kumpulan video comotan dalam tayangan Xpose Uncensored memperlihatkan bahwa media Trans7 membaca budaya pesantren secara sempit.

Saya menjadi ingat gagasan seorang teoritikus media Marshall McLuhan, yakni the medium is the massage. Artinya media membawa karakter atau logika dan cara kerja tertentu yang tidak dapat kita pisahkan dengan pesan yang disampaikannya.

Dalam konteks tayangan Xpose Uncensored, produser tentu mengikuti logika media televisi. Yakni mengemas tayangan dengan dramatis, baik secara visual maupun audio visual untuk menarik perhatian audiens. Sehingga format siaran turut membentuk “kebenaran” informasi. Media bukan hanya sebatas wadah netral, tetapi turut membentuk cara kita memahami realitas. 

Reaksi Kalangan Pesantren dan Nahdlatul Ulama

Tidak perlu menunggu waktu lama, reaksi kalangan pesantren dan Nahdlatul Ulama langsung mengemuka di mana-mana. Media sosial kemudian penuh dengan konten yang menanggapi tayangan Xpose Uncensored. Terlebih salah satu potongan video yang digunakan adalah video Mbah Kiai Anwar Manshur, Mahaguru masyarakat pesantren dari Lirboyo.

Template Boikot Trans7 menyebar secara cepat setelah potongan tayangan Xpose Uncensored masuk ke media sosial. Ketua PBNU, Yahya Cholil Staquf menyatakan keberatannya secara resmi melalui Instagram @nuonline_id. Bahkan ia mengatakan bahwa itu adalah bentuk serangan terhadap nilai-nilai pesantren.

Tentu saja banyak beragam tanggapan, karena media sosial adalah ruang untuk berdialog para warganet. Beberapa ada yang menilai bahwa tayangan tersebut telah mencederai martabat pesantren. Boikot kemudian menjadi bentuk protes secara simbolik atas tayangan tersebut. Hingga hari ini sejumlah santri dan organisasi masih melaksanakan aksi.

Di samping itu ada pula warganet yang mengamini tayangan Xpose Uncensored. Melihat budaya pesantren dengan kacamata relasi kuasa yang tidak setara. Menghadirkan video yang memperlihatkan seorang gus (putra kiai) yang membagikan buah jeruk dengan cara melemparkannya, bahkan menendang seperti permainan sepak bola.

Hari Santri sebagai Momentum Refleksi

Sebagai seseorang yang pernah nyantri, hal ini tentu menjadi semacam pukulan menjelang peringatan satu dekade Hari Santri. Hari yang menjadi bentuk penghormatan atas perjuangan para ulama dan santri dalam menjaga kemerdekaan bangsa.

Namun, reaksi berlebihan dari beberapa masyarakat pesantren yang mengutamakan emosi membuat hati saya mencelos. Mereka tak segan melakukan segel di sana sini. Bahkan menyanyikan yel-yel dengan membawa diksi-diksi kasar. Bukankah aksi yang seperti ini secara tidak langsung malah merusak nilai-nilai pesantren dari dalam? 

Barangkali, momen peringatan Hari Santri yang telah di depan mata sebaiknya menjadi ruang untuk kita semua berefleksi dan berbenah diri. Alih-alih hanya memunculkan terbakarnya emosi, lebih baik kita melakukan autokritik.

Di tengah banjir informasi negatif tentang pesantren inilah waktunya kita membangun counter narasi melalui media. Menunjukkan bahwa nilai-nilai yang ada di dalam pesantren lebih mengutamakan kebijaksanaan dan kehati-hatian.

Dengan begitu, Hari Santri ke-10 ini bukan hanya dimaknai sebagai peringatan dan perayaan semata. Tetapi sebagai momentum untuk memperkuat citra pesantren dari dalam, kemudian menegaskan pesan moralnya terhadap khalayak luas. []

Tags: Banjir informasiHari Santri NasionalPondok PesantrenRefleksi Hari SantriSantriTrans7
Sofia Ainun Nafis

Sofia Ainun Nafis

Terkait Posts

Lembaga Pendidikan
Publik

Pesantren; Membaca Ulang Fungsi dan Tantangan Lembaga Pendidikan Tertua di Nusantara

27 Oktober 2025
Santri Penjaga Peradaban
Publik

Santri Penjaga Peradaban: Mengawal Indonesia Merdeka Menuju Dunia yang Damai

25 Oktober 2025
Hari Santri Nasional
Publik

Refleksi Hari Santri Nasional: Kemerdekaan Santri Belum Utuh Sepenuhnya

24 Oktober 2025
Hijroatul Maghfiroh Abdullah
Figur

Kiprah Hijroatul Maghfiroh Abdullah dalam Gerakan Lingkungan di Indonesia dan Dunia

23 Oktober 2025
Perempuan Disabilitas
Publik

Refleksi Perempuan Disabilitas di Hari Santri Nasional

22 Oktober 2025
Resolusi Jihad
Aktual

Resolusi Jihad Santri: Dari Angkat Senjata hingga Media Sosial

22 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Film Pangku

    Dipangku Realitas: Tubuh dan Kemiskinan Struktural dalam Film Pangku

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menafsir Ulang Ar-Radha‘ah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Soeharto dan Situasi Epistemik Bangsa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menyusui: Hak Anak, Hak Ibu, atau Kewajiban Ayah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengenang Marsinah: Sang Pahlawan Perempuan dari Pabrik Arloji

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Kosmetik Ramah Difabel Ternyata Masih Asing di Pasar Lokal
  • Menyusui: Hak Anak, Hak Ibu, atau Kewajiban Ayah?
  • Soeharto dan Situasi Epistemik Bangsa
  • Menafsir Ulang Ar-Radha‘ah
  • Dipangku Realitas: Tubuh dan Kemiskinan Struktural dalam Film Pangku

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID