Bayi perempuan juga disambut kehadirannya dengan aqiqah, suatu tradisi syukuran setelah kelahiran bayi, yang sebelumnya hanya berlaku buat bayi laki-laki.
Mubadalah.id – Di antara kelompok masyarakat mustad’afin (yang tertindas) yang paling beruntung dengan kehadiran Islam adalah kaum perempuan. Dalam Islam, kaum perempuan di -manusiakan seperti layaknya manusia laki-laki.
Praktik pembunuhan bayi perempuan, yang lazim terjadi di kalangan masyarakat pra-Islam, oleh Islam dibasmi total. Bahkan al-Qur’an menyebut bayi perempuan yang lahir sebagai berita gembira dari Allah. Dan oleh karena itu tidak pantas kehadirannya disambut dengan rasa malu seperti yang terjadi sebelumnya:
وَاِذَا بُشِّرَ اَحَدُهُمْ بِالْاُنْثٰى ظَلَّ وَجْهُهٗ مُسْوَدًّا وَّهُوَ كَظِيْمٌۚ (58) يَتَوٰرٰى مِنَ الْقَوْمِ مِنْ سُوْۤءِ مَا بُشِّرَ بِهٖۗ اَيُمْسِكُهٗ عَلٰى هُوْنٍ اَمْ يَدُسُّهٗ فِى التُّرَابِۗ اَلَا سَاۤءَ مَا يَحْكُمُوْنَ (59)
“Padahal apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, wajahnya menjadi hitam (merah padam), dan dia sangat marah. (58) Dia bersembunyi dari orang banyak, disebabkan kabar buruk yang disampaikan kepadanya. Apakah dia akan memeliharanya dengan (menanggung) kehinaan atau akan membenamkannya ke dalam tanah (hidup-hidup)? Ingatlah alangkah buruknya (putusan) yang mereka tetapkan itu. (59)” (QS. an-Nahl (16): 58-59)
Aqiqah
Lebih dari sekadar memberikan hak hidup, bayi perempuan juga Islam sambut kehadirannya dengan aqiqah, suatu tradisi syukuran setelah kelahiran bayi, yang sebelumnya hanya berlaku buat bayi laki-laki.
Kalaupun dalam hadits Nabi yang sahih menyatakan bahwa aqiqah bayi laki-laki adalah dua kambing dan bayi perempuan satu kambing (seperti dalam hadits riwayat Tirmidzi dan Aisyah). Hal tersebut tidaklah berarti bahwa nilai anak perempuan setengah atau separuh dari laki-laki.
Jika kita melihat konteks sosial masyarakat pada waktu itu, perintah aqiqah sudah merupakan terobosan yang luar biasa. Bayi perempuan yang sebelumnya terbunuh, kini menjadi bayi yang kita rayakan kehadirannya. Oleh karena itu, agar tidak terkesan terlalu revolusioner, maka Islam menetapkan ketentuan aqiqah sebagaimana tersebut di atas.
Namun, perlu dicatat bahwa Rasulullah SAW seperti pada saat melaksanakan aqiqah terhadap cucunya, Hasan dan Husain. Bukanlah dua ekor kambing yang dipotong untuk masing-masing bayi. Melainkan hanya satu ekor kambing untuk setiap bayi.
Apa yang Nabi lakukan juga tertera dalam hadits yang sahih, seperti hadits riwayat Abu Dawud dari Ibn ‘Abbas r.a. yang sahih oleh Ibn Khuzaimah. Serta riwayat al-Baihaqi, Ibn Hibban, dan al-Hakim dari Aisyah r.a.
Dengan demikian, dalam soal aqiqah ini, ada hadits qauli (yang berupa ucapan Nabi) yang isinya berupa ketentuan aqiqah dua kambing untuk anak laki-laki dan satu untuk perempuan.
Ada juga hadits Fi’li (yang Nabi lakukan secara riil) yang menyatakan aqiqah satu kambing sudah cukup untuk satu anak laki-laki. Maka ketentuan 2:1 dalam tradisi aqiqah sama sekali tidak untuk menunjukkan bahwa harga perempuan setengah dari laki-laki. []