Senin, 17 November 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Bedah Buku #Reset Indonesia

    Bedah Buku #Reset Indonesia: Membongkar Kegagalan Sistemik Negeri Ini

    silent revolution

    Prof. Alimatul Qibtiyah Sebut Silent Revolution sebagai Wajah Gerakan Perempuan Indonesia

    Alimat

    Alimat Teguhkan Arah Gerakan Perempuan Lewat Monev Sosialisasi Pandangan Keagamaan KUPI tentang P2GP

    mahasiswa dan diaspora Indonesia di Sydney

    Mahasiswa dan Diaspora Indonesia di Sydney Tolak Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

    Soeharto

    Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto

    Pahlawan Soeharto

    Ketua PBNU hingga Sejarawan Tolak Gelar Pahlawan Soeharto, Dosanya Besar bagi NU dan Masyarakat

    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Pesantren sebagai Tempat

    Pesantren: Tempat Pembentukan Peradaban

    Perkawinan Anak

    Perkawinan Anak di Desa: Tradisi yang Harus Diakhiri

    10 Ribu Di Tangan Istri yang Tepat

    Degradasi Nilai Perempuan dalam Tren “10 Ribu Di Tangan Istri yang Tepat”

    Tumbler

    Tumbler: Antara Komitmen Jaga Bumi atau Gaya Hidup Masa Kini

    Gus Dur yang

    Di Balik Cinta dan Kebencian kepada Gus Dur

    Pendidikan Perempuan Rahmah el-Yunusiyah

    Strategi Rahmah El-Yunusiyah Memajukan Pendidikan Perempuan

    Kontroversi Gus Elham

    Kontroversi Gus Elham: Dakwah dan Gelombang Reaksi Publik

    Rahmah el-Yunusiyah sudah

    Jika Rahmah el-Yunusiyah Sudah Memulai Sejak 1900, Mengapa Kita Masih Berdebat Soal Pendidikan Perempuan?

    Memandang Disabilitas

    Menata Ulang Cara Kita Memandang Disabilitas

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Bedah Buku #Reset Indonesia

    Bedah Buku #Reset Indonesia: Membongkar Kegagalan Sistemik Negeri Ini

    silent revolution

    Prof. Alimatul Qibtiyah Sebut Silent Revolution sebagai Wajah Gerakan Perempuan Indonesia

    Alimat

    Alimat Teguhkan Arah Gerakan Perempuan Lewat Monev Sosialisasi Pandangan Keagamaan KUPI tentang P2GP

    mahasiswa dan diaspora Indonesia di Sydney

    Mahasiswa dan Diaspora Indonesia di Sydney Tolak Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

    Soeharto

    Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto

    Pahlawan Soeharto

    Ketua PBNU hingga Sejarawan Tolak Gelar Pahlawan Soeharto, Dosanya Besar bagi NU dan Masyarakat

    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Pesantren sebagai Tempat

    Pesantren: Tempat Pembentukan Peradaban

    Perkawinan Anak

    Perkawinan Anak di Desa: Tradisi yang Harus Diakhiri

    10 Ribu Di Tangan Istri yang Tepat

    Degradasi Nilai Perempuan dalam Tren “10 Ribu Di Tangan Istri yang Tepat”

    Tumbler

    Tumbler: Antara Komitmen Jaga Bumi atau Gaya Hidup Masa Kini

    Gus Dur yang

    Di Balik Cinta dan Kebencian kepada Gus Dur

    Pendidikan Perempuan Rahmah el-Yunusiyah

    Strategi Rahmah El-Yunusiyah Memajukan Pendidikan Perempuan

    Kontroversi Gus Elham

    Kontroversi Gus Elham: Dakwah dan Gelombang Reaksi Publik

    Rahmah el-Yunusiyah sudah

    Jika Rahmah el-Yunusiyah Sudah Memulai Sejak 1900, Mengapa Kita Masih Berdebat Soal Pendidikan Perempuan?

    Memandang Disabilitas

    Menata Ulang Cara Kita Memandang Disabilitas

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Pernak-pernik

Ayu Kartika Dewi: Toleransi Tidak Cukup Diajarkan, tapi Harus Dirasakan Langsung

Dari pengalaman di Maluku ini, mendorong Kak Ayu untuk mengabdikan diri pada isu keberagaman dan toleransi

Fitri Nurajizah Fitri Nurajizah
27 Desember 2023
in Pernak-pernik, Rekomendasi
0
Ayu Kartika Dewi

Ayu Kartika Dewi

1.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

“Karena toleransi tidak cukup hanya diajarkan, toleransi harus dialami dan dirasakan.”

Mubadalah.id – Kalimat ini sering diungkapkan oleh Ayu Kartika Dewi dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan isu toleransi. Bahkan kata-kata ini juga menjadi tagline gerakan SabangMerauke.

Pada 2019 aku bertemu dengan Ayu Kartika Dewi, yang biasa aku panggil Kak Ayu. Waktu itu kebetulan ia menjadi salah satu narasumber dalam pelatihan Muslimah For Change yang aku ikuti. Kegiatan ini terselenggara oleh Wahid Foundation.

Ini adalah perjumpaan pertamaku dengan Kak Ayu. Dalam sesi itu ia bercerita tentang pentingnya mengenalkan anak-anak muda pada isu toleransi. Menurutnya kondisi toleransi di Indonesia masih sangat memprihatinkan, apalagi di kalangan anak-anak muda.

Hal ini berangkat dari pengalaman Kak Ayu ketika menjadi seorang guru sekolah dasar di Desa Papaloang, Halmahera Selatan, Maluku Utara pada tahun 2010. Selama di sana, Kak Ayu melihat kenyataan soal intoleransi dan konflik dalam masyarakat Indonesia.

Perjumpaan Kak Ayu dengan masyarakat di Desa Papaloang ini ternyata membawanya bersentuhan dengan bayang-bayang permasalahan sosial yang terjadi di lingkungan setempat.

Melansir dari Magdalene.co, salah satu anak didik Kak Ayu masih mengalami traumatik akibat kerusuhan antar-dua kelompok agama yang terjadi di Ambon pada tahun 1999. Padahal, pada saat ia mengajar di Maluku, keadaan sudah damai dan dua kelompok yang terlibat konflik sudah berikrar damai.

Bayang-bayang Konflik Masa Lalu

Namun ternyata, bayang-bayang masa kelam itu justru masih menjadi mimpi buruk bagi anak didiknya.

“Suatu ketika seorang murid datang dan bilang, ‘Bu Ayu kita harus hati-hati, kerusuhan su dekat.’ Terus saya tanya, ‘Memang kerusuhannya di mana?’ ‘Di Ambon ibu, kita harus hati-hati.’,” ujar Ayu, pada saat wawancara dengan jurnalis Magdalene.co (11/08/2019).

Dalam beberapa berita yang aku baca, kepulauan Maluku memang memiliki sejarah kelam perpecahan dalam masyarakat. Pada 1999 kerusuhan antar umat Islam dengan umat Kristen terjadi di wilayah Ambon dan menimbulkan banyak korban.

Bahkan dari konflik tersebut, mucul kampung Islam dan kampung khusus agama Kristen. Luka-luka bekas kerusuhan tersebut bukan hanya terlihat dari puing-puing gereja dan masjid yang terbakar saja. Tapi juga generasi muda Ambon dan Maluku Utara menjadi asing dan enggan untuk bertemu dengan orang yang berbeda agama.

Dari pengalaman di Maluku ini, mendorong Kak Ayu untuk mengabdikan diri pada isu keberagaman dan toleransi setelah kembali ke Jakarta.

Tahun 2013, Kak Ayu mendirikan SabangMerauke, sebuah program pertukaran pelajar antar daerah di Indonesia. Yakni untuk menanamkan nilai toleransi, pendidikan, dan keindonesiaan.

Dalam program tersebut, para peserta yang merupakan siswa sekolah menengah pertama selama tiga minggu tinggal dengan keluarga yang berbeda agama. Selain itu berinteraksi dengan teman-teman Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Khonghucu. Setelah kembali ke daerahnya, mereka harapannya menjadi duta perdamaian di daerah masing-masing.

Mengenal Gerakan SabangMerauke

SabangMerauke adalah organisasi di bawah Yayasan Seribu Anak Bangsa Indonesia yang bergerak untuk mendorong generasi muda merayakan dan melindungi keragaman melalui interaksi positif, diskusi konstruktif, dan kontribusi aktif.

Gerakan SabangMerauke deklarasi secara resmi pada 28 Oktober 2012 di tiga kota yang berbeda (Jakarta, Bogor, Tanjung Pinang). Yakni bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, oleh ketiga co-foundersnya, yaitu Aichiro Suryo Prabowo, Ayu Kartika Dewi, dan Dyah Widiastuti.

Nama SabangMerauke sendiri berasal dari akronim “Seribu Anak Bangsa Merantau untuk Kembali”. Sesuai namanya, SabangMerauke memfasilitasi program pertukaran pelajar dengan tujuan membuka cakrawala anak-anak Indonesia untuk memahami pentingnya pendidikan dan menanamkan nilai kebhinekaan.

SabangMerauke memiliki tiga nilai yang selalu mereka anut. Pertama toleransi, yaitu berpikiran terbuka, penuh kasih (berempati dan menjunjung rasa solidaritas), serta rendah hati. Kedua pendidikan, memiliki semangat belajar dan rasa ingin tahu yang tinggi, gigih, serta berintegritas. Dan ketiga adalah ke-Indonesiaan yaitu bangga menjadi orang Indonesia, adil, dan memiliki jiwa kepemimpinan.

Pada 2013, Ayu dan co-foundersnya yang lain mulai membawa 10 Anak SabangMerauke ke Jakarta untuk mengikuti serangkaian program yang mereka mulai dari 29 Juni – 14 Juni 2013.

Sepuluh Anak SabangMerauke (ASM) datang dari sembilan kota berbeda untuk merepresentasikan 5 agama yang berbeda. Yaitu Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Khonghucu. Selama masa pertukaran ini, anak-anak tinggal bersama keluarga angkat yang berbeda agama yang mereka sebut dengan Famili SabangMerauke (FSM). Selain itu ASM juga dibimbing oleh kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Kakak SabangMerauke (KSM).

Tinggal Bersama Keluarga Beda Agama

Banyak kegiatan yang mereka lakukan selama program pertukaran SabangMerauke. Kegiatannya antara lain berkunjung ke rumah ibadah Islam, Kristen, Budha, Hindu dan Khonghucu. Selain itu, mereka juga diajak untuk berkunjung ke museum, belajar memasak makanan khas Nusantara, menonton penampilan lagu-lagu dan tarian khas Indonesia.

Semua kegiatan ini semuanya bertujuan untuk memperkenalkan keberagaman yang ada di Indonesia. Sehingga anak-anak ini bisa tahu bahwa perbedaan dan keragaman itu hal biasa dan nyata.

Ada hal unik yang aku dengar dari Kak Ayu waktu itu, Kata Kak Ayu pengalaman-pengalaman anak-anak yang ikut program pertukaran ini selalu membuatnya geleng-geleng kepala. Pasalnya sebagian besar dari mereka pasti merasa takut untuk tinggal bersama keluarga yang beda agama.

Apipa misalnya, seorang anak remaja yang lahir dan besar di lingkungan mayoritas muslim. Saat pertama kali datang ke rumah orang tua asuhnya, dia merasa takut dan gugup. Kebetulan dia ditempatkan di keluarga Cina Krsiten.

Menurut cerita Kak Ayu, Apipa takut berinterasi dengan keluarga asuhnya, karena selama ini dia selalu mendengar bahwa orang Cina apalagi Kristen, adalah orang yang jahat dan bisa mempengaruhinya untuk berpindah agama.

Perasaan takut yang Apipa alami ini ternyata juga terasa oleh banyak anak-anak SabangMerauke yang lain. Rata-rata mereka merasa takut dan khawatir ketika akan tinggal dengan keluarga yang berbeda agama dengannya.

Menurut Kak Ayu ketakutan dan prasangka buruk terhadap agama dan suku yang berbeda ini menandakan bahwa masalah intoleransi di Indonesia belum juga membaik.

Oleh karena itu, menurut Kak Ayu menanamkan nilai-nilai toleransi pada anak muda itu tidak cukup dengan membuat acara-acara yang hanya menjual embel-embel milenial saja. Tetapi bagaimana melibatkan mereka secara langsung dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan isu perdamaian dan toleransi. Tinggal bersama keluarga beda agama misalnya.

Memperluas Gerakan Toleransi melalui Program Milenial Islami

Pada 2017, Kak Ayu melihat bahwa narasi konservatisme dan radikalisme terus meningkat di kalangan anak muda. Karena khawatir dapat mengancam gerakan intoleran di kalangan anak muda, kemudian Kak Ayu mendirikan Milenial Islami.

Program ini mendorong narasi perdamaian di kalangan anak-anak muslim, terutama generasi milenial berusia 18-15 tahun. Salah satu tujuan program ini adalah untuk mendorong anak muda mengenal pandangan Islam yang moderat, ramah dan damai.

Program ini secara praktik berbeda dengan gerakan SabangMerauke, namun memiliki tujuan yang sama. Yaitu menanamkan nilai-nilai toleransi di kalangan anak muda. SabangMerauke membentuk pertukaran pelajar untuk belajar toleransi. Sedangkan Milenial Islami menggunakan jalur daring di media sosial dan offline dengan cara road show ke universitas dan kampus di Indonesia untuk membumikan pandangan Islam yang moderat.

Kak Ayu dalam sesi wawancara dengan tim jurnalis Magdalene.co menjelaskan bahwa salah satu penyebab kurangnya rasa toleransi dalam masyarakat adalah adanya ketimpangan pendidikan anak bangsa. Menurutnya, institusi pendidikan saat ini masih belum maksimal dalam mengajarkan arti dari keberagaman dan toleransi.

Pendidikan di Indonesia sampai saat ini belum mengajarkan anak didiknya untuk berpikir kritis dan berempati.

Padahal menurut Kak Ayu dua hal ini penting untuk diajarkan, supaya anak dapat memilah-milah informasi yang benar di era arus informasi yang sangat cepat ini dan juga mereka bisa punya rasa empati pada pengalaman dan persoalan orang yang berbeda dengannya.

Di sisi lain, Kak Ayu juga meyakini bahwa toleransi itu tidak cukup hanya diajarkan, namun harus dirasakan langsung oleh anak-anak muda. Oleh karena itu, ruang perjumpaan semacaman gerakan SabangMerauke dan Milenial Islami harus terus kita lakukan.

Dengan begitu, menurut Kak Ayu, anak-anak muda penting banget untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang bisa mempertemukan mereka dengan orang-orang yang beragam. Entah itu beda agama, suku, ras, budaya ataupu yang lainnya. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa empati serta pemahaman bahwa perbedaan itu adalah anugerah Tuhan yang harus kita rawat, dan kita jaga bersama. []

 

 

 

 

Tags: Ayu Kartika DewiIndonesiaKebangsaankeberagamanNusantaraPerdamaianSabangMerauketoleransi
Fitri Nurajizah

Fitri Nurajizah

Perempuan yang banyak belajar dari tumbuhan, karena sama-sama sedang berproses bertumbuh.

Terkait Posts

Rahmah el-Yunusiyah
Publik

Rahmah El-Yunusiyah: Perempuan Indonesia yang Mengubah Kebijakan Al-Azhar

14 November 2025
silent revolution
Aktual

Prof. Alimatul Qibtiyah Sebut Silent Revolution sebagai Wajah Gerakan Perempuan Indonesia

11 November 2025
mahasiswa dan diaspora Indonesia di Sydney
Aktual

Mahasiswa dan Diaspora Indonesia di Sydney Tolak Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

10 November 2025
Novel Dendam
Buku

Perempuan dalam Luka Sejarah: Membaca Novel Dendam Karya Gunawan Budi Susanto

7 November 2025
Nostra Aetate
Publik

Nostra Aetate: Refleksi Hubungan Katolik dan Agama Lain

7 November 2025
Wangari Muta Maathai
Figur

Wangari Muta Maathai: Perempuan Afrika Pertama Peraih Nobel Perdamaian untuk Lingkungan

3 November 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perkawinan Anak di Desa: Tradisi yang Harus Diakhiri

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Degradasi Nilai Perempuan dalam Tren “10 Ribu Di Tangan Istri yang Tepat”

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pesantren: Tempat Pembentukan Peradaban

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bedah Buku #Reset Indonesia: Membongkar Kegagalan Sistemik Negeri Ini

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Pesantren: Tempat Pembentukan Peradaban
  • Perkawinan Anak di Desa: Tradisi yang Harus Diakhiri
  • Tangis di Ujung Sajadah
  • Degradasi Nilai Perempuan dalam Tren “10 Ribu Di Tangan Istri yang Tepat”
  • Bedah Buku #Reset Indonesia: Membongkar Kegagalan Sistemik Negeri Ini

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID