Mubadalah.id – Perkembangan dan pertumbuhan anak tidak lepas dari peran orang tua serta lingkungan sekitarnya. Peran orang tua sangat menentukan perilaku anak, maka mari belajar bersama cara menegur anak yang tepat, yang diajarkan agama dan Rasulullah Saw. Bagaimana cara menegur anak yang baik dalam Islam?
Sebagaimana dalam hadits dari Tamim Ad Dariy radhiallahu’anhu, Rasulullah Saw bersabda:
الدين النصيحة قلنا : لمن ؟ قال : لله ولكتابه ولرسوله ولأئمة المسلمين وعامتهم
“Agama adalah nasehat”. Para sahabat bertanya: “Untuk siapa?”. Beliau menjawab: “Untuk Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, para pemimpin kaum muslimin dan umat muslim seluruhnya” (HR. Muslim, no. 55).
Dari Abu Umamah al-Baahili radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Saw bersabda,
إِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ وَأَهْلَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ، حَتَّى النَّمْلَةَ فِى جُحْرِهَا وَحَتَّى الْحُوتَ، لَيُصَلُّونَ عَلَى مُعَلِّمِ النَّاسِ الْخَيْرَ
“Sesungguhnya Allah dan para Malaikat, serta semua makhluk di langit dan di bumi, sampai semut dalam lubangnya dan ikan (di lautan), benar-benar bershalawat atau mendoakan kebaikan bagi orang yang mengajarkan kebaikan (ilmu agama) kepada manusia.”
Berbahagialah kita yang menjadi umat Nabi Muhammad Saw, karena Allah mengajarkan pada kita agar selalu berbuat baik kepada sesama. Karena sebagai manusia, anak tidak bisa luput dari kesalahan, sering kali bersikap tidak terkontrol, emosinya masih labil, pertimbangan dalam memutuskan hal belum matang. Sebagai orang tua tentu tidak mungkin membiarkannya.
Karena tugas orang tua adalah memberi tahu anak-anak bahwa tiap kesalahan ada konsekuensinya baik jangka pendek maupun jangka panjang. Teguran bahkan hukuman boleh diberikan pada anak, asal bisa memberikan pelajaran berharga dan tak menimbulkan trauma.
Rasulullah SAW telah mengajarkan kepada umat Islam untuk menegur kesalahan anak dengan lima cara sebagai berikut; Pertama, Thoriqoh Mubasyaroh (Metode Langsung), sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Rasulullah Saw kepada Umar bin Abi Salamah. Saat itu Umar memiliki kebiasaan mengulurkan tangan ke berbagai penjuru saat makan.
Kemudian Rasulullah menegurnya dengan baik sembari berkata, “Nak! Bacalah basmallah terlebih dahulu! Makanlah dengan tangan kanan dan mulailah dari yang di dekatmu!” (HR. Bukhari & Muslim). Menurut Imam Ghazali hal tersebut adalah marah yang terkontrol. Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah Saw dalam hadis Muslim. Yaitu mengontrol amarah dengan bersikap tegas dan tidak bercampur emosi sesaat.
Kedua, Thoriqoh Talmih (Metode Menyindir) seperti yang Rasulullah Saw lakukan kepada para anak didiknya. Saat itu beliau menyindir dengan mengatakan, “Apa keinginan kaum yang menginginkan begini dan begitu? Sesungguhnya aku shalat dan tidur, aku berpuasa dan berbuka, dan aku pun menikahi wanita. Maka, barangsiapa yang tidak senang dengan sunnahku, berarti dia bukan dari golonganku.” (Shahih Jami’ al-Shagir)
Ketiga, Thoriqoh Mu’atabah (Metode Mencela dengan lembut) yaitu melalui celaan apabila teguran dan sindiran sudah tidak mempan. Suatu ketika, Rasulullah Saw pernah mencela Abu Dzar al-Ghifari karena telah memaki seseorang dengan menyebut nama ibunya sehingga membuatnya malu. Rasulullah Saw menegurnya dengan perkataan, “Wahai Abu Dzar! Apakah engkau telah mempermalukannya dengan menyebut nama ibunya? Sesungguhnya pada dirimu masih melekat sifat jahiliyah.” (HR. Bukhari)
Keempat, yaitu Thoriqoh Al Inha’ Al Muaqqot ( Metode dengan pemutusan hubungan secara sementara) . Jika ketiga cara sebelumnya belum membuahkan hasil, maka pemutusan hubungan secara sementara bisa dilakukan. Sebagaimana saat Ka’ab bin Malik ra tidak mengikuti perang Tabuk, sanksi yang diberikan Rasulullah Saw padanya adalah Nabi melarang para sahabat berbicara dengannya sampai 50 malam dan pemutusan hubungan secara sementara. (HR. Bukhari)
Kelima, yaitu Metode Addhorbi (Ketegasan) . Dalam hadits riwayat Abu Dawud dan Hakim ada perintah kepada orang tua agar menyuruh anaknya shalat saat berusia 7 tahun. Ketika sudah berumur 10 tahun tidak shalat, maka diperintahkan untuk ‘memukul’ anak, maksud memukul di sini bisa dimaknai ketegasan orang tua untuk memerintahkan sholat dengan cara memantau dan mengawal dari awal wudhu sampai akhir sholat dan yang penting pemukulan dalam makna “ketegasan” tersebut tidak dilakukan secara berlebihan dan harus sesuai dengan tuntunan agama Islam.
Menurut Imam Ghazali, marah yang berlebihan ialah kemarahan yang melewati batas toleransi, sehingga orang yang bersangkutan harus kehilangan kontrol akalnya dan mengabaikan petunjuk syariat. Sehingga ia seperti orang yang kehilangan arah dan bertindak membabi-buta. Kemarahan ini sangat tercela dan dilarang dalam ajaran Islam, sebab secara lahiriah pelakunya berubah menjadi buruk dan batiniahnya terlihat lebih buruk lagi.
Demikianlah lima cara yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw dalam menegur anak atas kesalahan yang telah mereka lakukan dengan cara yang baik. Mari menghindarilah cara menasehati yang berupa provokasi dalam kejelekan dan mari melakukan cara-cara yang baik, penuh kasih sayang bukan membuat permusuhan. []