Mubadalah.id – Jika melihat realitas di dalam kehidupan sekarang, banyak sekali perempuan ditempatkan pada ranah domestik, karena ruang publik masih menjadi wilayah penuh laki-laki.
Sebagian orang beranggapan ketika perempuan di rumah, mereka bisa terlindungi sekaligus dengan mandat kerja-kerja reproduksi yang mereka alami. Walau hal ini tidak demikian, karena pada praktiknya, mereka malah dikontrol, diawasi, dan bahkan dihegemoni.
Sementara laki-laki didorong ke ruang publik untuk produksi. Maksudnya demi keluarga agar kebutuhan mereka tercukupi, dan keamanan mereka terlindungi.
Walau praktiknya justru dengan wewenang ini, banyak laki-laki yang malah mengontrol, mengawasi, dan bahkan menghegemoni. Sebagian melakukannya secara sewenang-wenang. Yang katanya mereka lindungi, malah terhegemoni. Yang katanya melindungi, malah mendominasi.
Dengan cara pandang tidak mubadalah ini, perempuan berada di ranah domestik maupun publik tetap akan menjadi bulan-bulanan. Dengan dalih perlindungan dan keamanan, perempuan seperti tidak memiliki hak sama sekali untuk berada, berpartisipasi, atau mengakses hal-hal baik di ranah publik.
Sekalipun melalui gawai dari rumah, ranah domestik. Selain dalih perlindungan, berbagai narasi secara tidak mubadalah mereka sebarkan dan besarkan. Bahwa perempuan adalah penggoda, potensi fitnah, aurat, harus selalu dengan mahram, tidak baik beribadah di masjid, dan tidak patut menduduki posisi-posisi di ranah publik.
Tidak Mubadalah
Narasi ini sering kali mereka rujuk kepada teks-teks Hadis tertentu, yang sayangnya, juga tidak mereka maknai dengan perspektif mubadalah.
Padahal, jika teks-teks Hadis ini kita pahami secara integral dan holistik dengan ayat-ayat al-Qur’an dan teks-teks Hadis lain. Apalagi dengan metode mubadalah, maka satu pun tidak ada yang otoritatif untuk menghambat partisipasi publik bagi perempuan.
Kehidupan ini, baik domestik maupun publik, adalah arena bagi perempuan sebagaimana bagi laki-laki, untuk kiprah mereka sebagai hamba Allah Swt. dan khalifah-Nya di muka bumi ini. Yaitu kiprah untuk mewujudkan segala kebaikan dan kemaslahatan bagi segenap penduduk bumi.
Jika tanpa perspektif mubadalah, tidak saja perempuan dinafikan dari akses yang positif dari ruang publik. Tetapi mereka juga menjadi tidak terlindungi ketika berada di ranah domestik. Akibat dari narasinarasi seperti dosa jariyah di atas, yang sama sekali tidak mubadalah, dan bertentangan dengan ajaran dasar al-Qur’an dan Hadis, serta menyalahi visi rahmah li al-‘Alamin dan akhlak mulia. []