Mubadalah.id – Di Dalam ajaran Islam tidak ada seorang pun yang diberi hak untuk melakukan kekerasan kepada perempuan. Bahkan kekerasan sama sekali tidak sesuai dengan perilaku, nasihat, dan peringatan Nabi SAW.
Pemukulan atau segala bentuk perilaku kekerasan lain adalah bertentangan dengan prinsip pergaulan yang baik (mu’asyarah bi al-ma’ruf), tidak sesuai dengan anjuran penghormatan terhadap perempuan (ma akramahunna illa karim), dan pelanggaran terhadap wasiat Nabi SAW untuk berbuat baik terhadap perempuan (istawshi bin nisa’i khairan).
Lebih dahsyat lagi, mereka yang memukul istrinya, Nabi SAW juluki sebagai orang-orang yang jahat dan busuk (laysa ula’ika bi khiyarikum). Memukul istri, apapun alasannya, adalah bertentangan dengan anjuran, harapan, dan perilaku sehari-hari Nabi SAW terhadap para istrinya.
Nabi SAW sendiri bersedia bersabar ketika menghadapi berbagai perbedaan dan perlakuan dari istrinya. Bahkan, Nabi memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengekspresikan keinginan mereka dan memberikan masukan. Serta menentukan pilihan yang sesuai dengan harapan mereka.
Tidak Melakukan Pelecehan
Perlakuan Nabi SAW tersebut tanpa ada kata-kata penghinaan, pelecehan, menghardik, apalagi ucapan-ucapan keji dan kotor, Nabi menghadapi mereka dengan kesabarannya.
Mungkin beberapa orang dari umat Islam kecewa melihat perilaku Aisyah atau Hafsah yang pernah menggugat Nabi, memalukan, bahkan memboikot untuk tidak berhubungan intim selama dua bulan.
Di antara umat Islam ada yang menghukumi Aisyah ra telah kafir, atau fasiq, atau paling tidak-dianggap perempuan yang emosional, penuh rasa cemburu, sombong, dan karena umurnya yang masih muda kurang pertimbangan yang matang.
Sebagian yang lain memahami bahwa itu adalah ijtihad Aisyah ya, yang jika benar memperoleh dua pahala. Tetapi jika salah akan memperoleh satu pahala.
Lebih dari itu, ada yang berpendapat bahwa keberanian Aisyah terhadap Nabi adalah cermin dari keberhasilan Nabi mengangkat harkat dan mendidik kemandirian perempuan.
Perempuan, seperti dikatakan Umar bin Khattab, pada masa itu tidak memiliki tempat sama sekali. Mereka tidak pernah diperhitungkan, tidak pernah diajak bicara, dan kalaupun berbicara tidak akan diterima.
Umar sendiri, sebagaimana pengakuannya, masih tidak suka melihat istrinya membantah apa yang ia katakan. Nabi SAW malah menanamkan kesadaran revolusioner untuk membuat perempuan menjadi manusia mandiri, yang harus kita hargai, dan hormati kemanusiaannya.
Beliau lebih memilih menegosiasikan kesepakatan keluarga dengan istri-istri mereka. Serta memberikan hak sepenuhnya untuk memberikan pilihan terhadap apa yang mereka inginkan.
Nabi menerima untuk digugat, dipermalukan, bahkan diboikot, sebagai proses pendidikan kemandirian perempuan untuk menentukan pilihan mereka. []