Mubadalah.id – Semasa kecil, pengakraban kita terhadap dunia luar dan sekitar selain dengan medium mainan atau pengisahan cerita, bisa juga lewat pendengaran lagu. Indonesia memiliki lagu-lagu anak berjubel. Lagu bertema makanan, binatang, hingga kendaraan. Tema terakhir memuat lagu Naik Delman, Naik Kereta Api, Naik Becak, dan lainnya.
Lagu Naik Becak karangan Ibu Sud memiliki keterhubungan akan keikutsertaan saya mengikuti perjalanan Komunitas Soerakarta Walking Tour rute Kampung Arab Kota Surakarta pada 28 Desember 2024 silam. Selain mewartakan pengisahan sejarah ihwal tempat, kuliner, dan arsitektur, kanon kebudayaan pun tak luput dari pembahasan.
Satu dari sekian banyak kebudayaan Komunitas Kampung Arab di Pasar Kliwon ialah penggunaan alat transportasi becak. Kita sejenak merenungi pemaknaan tranportasi beroda tiga itu lewat lagu gubahan Ibu Sud tadi. Saya mau tamasya/ Berkeliling-keliling kota/ Hendak melihat-lihat keramaian yang ada/ Saya panggilkan becak/ Kereta tak berkuda/ Becak, becak, tolong bawa saya//.
Ibu Sud menggamit sempalan fungsi kendaraan beroda tiga itu sebagai armada rekreasi dan tamasya. Nah, di Kampung Arab Surakarta, ada relasi kuat antara becak dan kebudayaan mereka. Biar pun zaman sudah maju menghadirkan pelbagai moda transportasi online, tapi ia tetap menjadi armada favorit mereka.
Budaya Naik Becak
Saya merangkum pemaparan dua pengisah SWT—Muhammad Aprianto dan Nino S Basunindyo—ihwal kebudayaan masyarakat Kampung Arab Surakarta yang gemar menaiki becak. Gagasan dasarnya bahwa transportasi beroda tiga ini teranggap paling aman untuk digunakan, terutama bagi perempuan.
Kita tahu, dalam Islam, hubungan lelaki dan perempuan yang belum/bukan muhrim tak boleh berdekatan, bersentuhan, dan larangan lainnya.
Pada waktu perempuan-perempuan di Kampung Arab hendak pergi ke sekolah, pasar, atau tempat lainnya, pada saat yang sama tak ada keluarga yang bisa mengantarnya, maka becak menjadi jalan keluarnya. Becak memiliki struktur antara pengemudi dan penumpang terbatasi oleh dinding belakang. Pendeknya, ada pembatas dan tak berdekatan. Selain itu, konstruksinya pun terbuka.
Lain hal dengan ojek motor (baik konvensional atau daring) yang penumpang bakal berdempet-sentuhan dengan pengemudinya. Atau memakai jasa mobil/taksi yang walaupun berjarak tempat duduknya tapi ia amat tertutup. Hal-hal demikianlah yang masyarakat Arab hindari, khususnya di KMA Surakarta.
Kehati-hatian yang terpegang oleh perempuan-perempuan KMA di Surakarta sejalan dengan kaidah Ushul Fikih soal pertimbangan menolak mafsadat atau mengambil manfaat. Dar’ul mafasih muqoddamun ‘ala jalbil masholih (menolak kemadaratan lebih utama alih-alih mengedepankan kemaslahatan). Jika pun menggunakan moda transportasi cepat dan nyaman tapi itu lantas berpotensi madarat dengan alasan di atas tadi, maka lebih baik menghindarinya.
Simbol Kesederhanaan
Sekali pun lambat dan jauh dari kata nyaman, becak memberi kenyamanan dan ketentraman bagi penumpangnya. Bukankah selain tujuan keselamatan, komitmen moda transportasi, juga memberi kenyamanan bagi penumpangnya? Apalagi jika kenyamanan itu tegak lurus dengan kepercayaan atau keyakinan yang terpegang oleh penumpangnya.
Pada mulanya, becak memang digunakan sebagai alternatif transportasi pribadi yang sederhana dan murah. Ia menjadi transportasi andalan masyarakat karena efisiensinya di jalan-jalan sempit. Barang kali itu alasan lain KMA di Surakarta memilihnya sebagai transportasi andalan, wabil khusus bagi perempuan.
Kita melihat realitas, di sebagian kota-kota besar pamor si roda tiga menurun. Alasan menguar karena modernitas, efisiensi, dan kecepatan. Meski begitu, ia masih bertahan, salah satunya di telatah Pasar Kliwon Surakarta, tempat di mana Komunitas Masyarakat Arab menetap. Ia mewujud transportasi tradisional sekaligus komponen kebudayaan. Hingga kini, becak masih menjadi simbol kesederhanaan, kerendahan, dan kenyamanan. []