Mubadalah.id – Siapa yang tidak mengenal sosok Muhammad Al-Fatih? Penakluk Konstantinopel adalah julukannya. Namanya harum sepanjang sejarah hidup manusia. Al-Fatih, yang masih sangat muda kala itu, telah menjadi ikon penting kemajuan Islam.
Lalu apa hubungan antara kesetaraan gender dengan kesuksesaan sang bintang di medan perang? Berikut Mubadalah.id, akan mengulasnya untuk kalian semua para penikmat sejarah.
Masa Kecil Muhammad Al-Fatih
Al-Fatih kecil tertawa riang, sama halnya dengan kebanyakan anak lelaki pada umumnya, melekat julukan nakal dan susah di atur dalam dirinya. Aktif luar biasa, seolah tenaganya tiada habis-habisnya.
Mehmed adalah panggilan masa kecilnya, karena gelar Al-Fatih yang kita kenal saat ini, didapatkan tatkala dia sudah berusia 21 tahun, saat berhasil menaklukkan Konstantinopel, yang merupakan Ibu Kota Imperium Bizantium, Romawi Timur.
Awal pertemuan Al-Fatih dengan guru barunya, Syeikh Ahmad bin Ismail Al-Kurani, seorang ulama kurdi, memegang sebilah kayu dan berkata kepada Al-Fatih kecil, “Ayahmu mengirim saya untuk mendidikmu, serta untuk meluruskanmu jika kamu menolak perintah saya.” ucapan sang guru kala itu, yang membuat Al-Fatih kecil tertawa sangat riang.
Dalam benaknya yang masih tersimpan jiwa suka bermain dan semena-mena, dia berpikir bahwa ucapan gurunya hanyalah ancaman belaka. Karena selama ini tidak ada orang yang berani menyakitinya, dia mendapatkan perlindungan dan pembelaan dari orang-orang di sekitarnya. Namun di luar dugaan, ternyata Syeikh Ahmad bin Ismail Al-Kurani, benar-benar memukulnya. Seketika mentalnya menciut, gurunya yang satu ini berbeda dari guru sebelumnya.
Kesuksesan Muhammad Al-Fatih: Bukti Kesetaraan Gender Berhasil Mendidik Generasi
Ketegasan Syeikh Ahmad al Kurani ini membuat Al-Fatih tidak bisa lagi berkutik dan mulai mau untuk belajar dan mentaati gurunya. Dalam waktu singkat ia pun berhasil menghatamkan Al-Qur’an sebelum usianya mencapai 8 tahun.
Julukan nakal mulai tergeser dengan julukan jenius. Guru-guru sebelumnya tidak ada yang betah mengajarkan ilmu pengetahuan kepada Al-Fatih kecil, karena nakalnya tidak terkira.
Namun bersama Syeikh Ahmad bin Ismail Al-Kurani inilah, anak bandel tersebut mampu kembali menuju fitrahnya. Pada bagian inilah poin penting dari pembahasan kita mengenai bagaimana kesetaraan gender dapat mendidik generasi. Dalam hal mendidik anak, meskipun ayah Al-Fatih adalah seorang Sultan, (Sultan Murad II) dia ikut andil dalam menentukan arah pendidikan anaknya.
Hal ini menunjukan bahwa ada kesalingan antara suami dan istri di dalam rumah tangga tersebut. Seorang dengan gelar Sultan yang sibuk tidak terkira, lantas bersedia menemani urusan mendidik anak.
Dengan berlapang dada sang Sultan melihat keadaan anaknya yang sudah sering berganti guru, lalu dengan penuh kesadaran mencarikan guru yang sekiranya bisa meluruskan akhlak anaknya. Mendampingi sang istri dalam proses pembentukan karakter anak, tidak berdalih “Saya sibuk, maka kamulah yang harus mendidik anak di rumah”.
Kecerdasan Al-Fatih
Pada waktu itu Syeikh Al-Kurani adalah sosok yang menjadi pegangan mayoritas ulama, maka Sultan Murad II, benar-benar telah memilihkan guru terbaik untuk mendidik anaknya. Kecerdasan Al-Fatih terus saja meningkat. Sejak kecil dia sudah menguasai berbagai bahasa, seperti Turki, Persia dan Arab. Maksud dari menguasai bahasa ini tidak hanya dalam bidang baca, namun juga meliputi tulis, pelafalan serta mampu menerjemahkannya.
Adapun pada masa remajanya ia mempelajari bahasa Yunani, Serbia, Italia dan Latin. Al-Fatih pun menguasai berbagai ilmu Al-Qur’an, hadits Nabi, fikih dan usul fikih serta ushuluddin. Ia juga menonjol dalam ilmu sejarah, geografi dan mantiq. Tak ketinggalan ilmu-ilmu pasti seperti matematika dan falak, serta politik syariah dia kuasai.
Selanjutnya Sultan Murad II menghadirkan Syekh Asy-Syarif Muhammad bin Hamzah Ad-Dimasyqi, yang mempunyai gelar “Aaq Syamsuddin”. Beliau adalah guru spiritualnya Al-Fatih. Bersama dengan Al-Kurani, beliau terlibat dalam pembinaan dan pendidikan Muhammad Al-Fatih, serta menanamkan dalam dirinya sejak kecil bahwa dialah Sang pemimpin mujahid yang dimaksudkan dalam hadits Nabi yang ada dalam Musnad Imam Ahmad:
“Sesungguhnya Konstantinopel itu akan dia taklukkan. Maka sungguh panglima (pasukan penakluk itu) adalah sebaik-baik pemimpin, dan sungguh pasukan (penakluk itu) adalah pasukan terbaik.”
Kedekatan Al-Fatih Dengan Ayahnya Bukti Pentingnya Kesalingan dalam Rumah
Begitulah keterlibatan Sultan Murad II dalam mendidik anaknya. Beliau juga selalu menanamakn dalam diri sang putra perihal bisyarah dari Sang Nabi Saw. yang telah ditanamkan pula oleh guru terbaiknya. Sang Sultan juga sangat dengan dengan putranya, sehabis salat Subuh, sering kali beliau mengajak Al-Fatih kecil jalan-jalan.
Seringkali juga, sebagai sang ayah kepada anak, beliau memberikan semangat dan motivasi terbaiknya. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anaknya.
Sultan Murad II juga selalu mengajak anaknya duduk di puncak menara masjid yang tertinggi, lalu menunjuk tangannya jauh di sebuah cakrawala dan berkata, “Mehmed, lihatlah! Di depan, jauh di depan sana, di sanalah Konstantinopel. Kota itu adalah salah satu pusat dari kekufuran. Ibu kota Romawi Timur yang sangat kuat. Kota itu akan jatuh ke dalam kekuasaan Islam. Dan engkaulah, Insyaallah, yang akan menaklukkannya kelak.”
Begitulah gambaran kerja sama yang baik antar suami-istri. Tidak melulu menyerahkan beban pendidikan anak kepada sang istri. Dari kisah ini, semoga kita semua bisa belajar makna kesetaraan dan kesalingan dalam sebuah rumah tangga, yakni mampu memberikan kesuksesan pada anak. []