Mubadalah.id – Ketangguhan Perempuan Melawan Patriarki dalam Sinematik Bumi Sumba, merupakan sebuah Kritik Film: Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak. Perfilman Indonesia semakin hari memiliki progres yang sangat mendominasi kehidupan.
Sebagaimana banyaknya film-film yang berdasarkan atas kejadian-kejadian yang berlangsung dalam kehidupan sehari-hari. Membuktikan bahwa sinema Indonesia memiliki karakter berhaluan dalam menyampaikan narasi kepada penikmat film, khususnya masyarakat awam.
Narasi yang disampaikan tidak hanya berfokus pada plot cerita yang menarik, melainkan juga terselip bumbu kritik terhadap permasalahan kehidupan masyarakat yang terus menerus menjadi akar nalar yang sudah terpatri.
Budaya Patriarki yang Tersubordinasi
Dapat kita lihat pada film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak. Wujud patriarki dan anggapan perempuan tak berdaya terasa sangat kental hingga dapat membuat penonton kesal.
Patriarki bukanlah hal awam bagi masyarakat Indonesia. Keberdayaan laki-laki atas perempuan seperti telah menjadi budaya yang mengakar hingga sulit untuk terhindar. Budaya patriarki sepertinya dapat kita jumpai dalam segala bidang, mulai dari kehidupan berkeluarga hingga dunia bekerja.
Mengutip perkataan Alfian Rokhmansyah dalam bukunya Pengantar Gender dan Feminisme, patriarki berasal dari kata patriarkat yang memiliki arti struktur yang menempatkan peran laki–laki sebagai pengusa tunggal, utama, sentral, dan segala–galanya. Patriarki yang mendominasi budaya masyarakat menciptakan ketidaksetaraan dan ketidakadilan gender yang mempengaruhi banyak aspek berkegiatan manusia.
Sementara laki-laki memiliki peran sebagai administrator utama dalam masyarakat, perempuan memiliki pengaruh yang kecil atas bidang umum di masyarakat, termasuk perkawinan. Akibatnya, perempuan menjadi tersubordinasi atau inferior. Sehingga butuh ketangguhan perempuan dalam melawan budaya patriarki.
Sinematik dalam Empat Babak
Melalui film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak, kita tersuguhi sinema yang memanjakan mata, sekaligus merengkuh emosi jiwa. Tersaji dalam empat babak yang terdiri atas Perampokan, Perjalanan, Pengakuan, dan Kelahiran. Film yang berdurasi satu setengah jam tersebut mampu menyabet berbagai penghargaan nasional maupun masuk ke dalam nominasi internasional.
Marsha Timothy yang berperan sebagai Marlina, mampu menampilkan wujud peran terbaik yang pernah saya tonton dari berbagai sinematik film Indonesia. Marlina, sebagai janda yang ditinggal suaminya dan terpuruk dalam trauma atas kehilangan anaknya, Topan, menjadi pemberani dalam satu malam. Ketika suatu sore Markus (Egi Fedly) sebagai ketua geng perampokan datang ke rumah Marlina dengan bersahaja seperti tamu yang mendapat undangan.
Alih-alih scene ketakutan yang harusnya kita lihat, kita mendapati percakapan yang cukup membuat sinema Marlina bukanlah sebuah film Indonesia pada umumnya. Ada gaya klasik dan retorik yang tersampaikan hanya lewat suguhan pemandangan maupun percakapan sederhana.
Keberanian Janda Sebatang Kara
Pada babak pertama kita bisa merasakan aura ketegangan yang menghiasi sudut ruangan rumah Marlina. Melalui percakapan antara Marlina dan Markus, budaya kental patriarki di sudut negeri Sumba seperti tak terelakkan lagi.
Bagaimana seorang janda yang hidup sebatang kara membawa anggapan lemah dan tak berdaya hingga dengan entengnya para perampok ingin mengambil tak hanya hartanya, namun juga kehormatannya. Hingga timbullah rasa perlawanan dalam diri Marlina, membentuk sebuah keberanian untuk membunuh. Tersajilah scene epos Marlina yang memenggal kepala Markus di atas ranjang.
Kritik Sosial dalam Sebuah Adegan
Memasuki babak kedua, Marlina memulai perjalanannya ke kantor polisi dengan menenteng kepala Markus guna ia jadikan bukti. Dalam adegan di babak kedua ini, bertemulah Marlina dengan temannya Novi (Dea Panendra) yang membawa bumbu humoris dalam film tersebut.
Bagaimana sosok Novi yang sedang hamil sudah melewati HPL menjadi teman perjalanan Marlina. Kita juga disuguhi scene kecantikan bumi Sumba yang terdiri dari bukit-bukit tinggi, yang jarak antara satu rumah ke rumah lainnya terpantau jauh sekali. Melalui adegan di babak kedua ini kita juga dapat melihat bagaimana masyarakat di penghujung Sumba masih jauh tertinggal dalam mode transportasi.
Proses Hukum dalam Mencari Keadilan
Pada babak selanjutnya, The Confession atau Pengakuan, selain Marlina bertemu dengan gadis penjual makanan yang bernama Topan, yang kebetulan sama dengan nama almarhum anaknya. Marlina juga telah sampai di kantor polisi, namun sebagaimana yang sudah masyhur di negeri ini.
Kita benar-benar mendapati di mana kinerja oknum aparat lalai, lambat, dan acuh tak acuh. Melalui adegan Marlina yang menunggu aparat bermain pingpong, terasa pahit bagaimana hal ini sudah menjadi hal biasa hingga saat ini.
Setelah menunggu lama, pengaduan Marlina pun berlangsung sekejap dan sangat tidak seperti yang ia harapkan. Banyaknya aturan dan ketentuan yang harus ia lalui untuk sebuah pengaduan dapat diproses sangatlah tidak manusiawi, terlebih pandangan biasa saja kepada perempuan janda yang telah diperkosa.
Melalui adegan ini, kita lagi-lagi mendapati bahwa sulitnya melakukan visum bagi korban pemerkosaan, terlebih di Sumba yang memerlukan waktu kurang lebih satu bulan karena tiadanya alat dan dana.
Tentunya hal ini menjadi kritik tersendiri bagi pemerintah Indonesia saat ini. Meski film tersebut telah tayang sejak tahun 2017, namun hal seperti ini kerap masih kita jumpai di beberapa daerah di Indonesia, khususnya daerah-daerah pelosok yang jarang terjamah oleh pemerintah.
Kekerasan dalam Rumah Tangga
Pada babak terakhir, Kelahiran. Adegan mencengangkan datang dari Novi yang telah bertemu dengan suaminya. Namun bukanlah sambutan hangat yang didapatkan, melainkan pukulan dan dorongan di pinggiran jalan. Patriarki terasa menyeluruh pada adegan ini, di mana sang suami merasa kecewa karena sang istri belum melahirkan padahal usia kandungan hampir sepuluh bulan.
Sang suami pun menuduh Novi sungsang karena hasratnya yang selalu ingin berhubungan intim meski dalam masa kehamilan. Padahal nyatanya itu merupakan dorongan hormon dari kehamilan, yang menunjang peningkatan gairah seksual pada perempuan hamil disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron dan estrogen yang cukup drastis hingga membangun gairah untuk selalu berhubungan intim.
Marlina, Wujud Kritik dari Kehidupan Perempuan
Budaya patriarki terpampang nyata dalam kehidupan karakter dan dialog yang terkandung dalam sinema Marlina. Plot yang tersajikan begitu ciamik sehingga para penonton ikut merasakan luka dan ketegangan yang dibalut lewat perjalanan sederhana namun mampu menyampaikan berbagai pesan yang afirmatif.
Marlina adalah kisah nyata setiap perempuan yang berusaha untuk mencari keadilan. Perempuan yang berusaha berdaya di atas kaki tangan sendiri tanpa bantuan laki-laki. []