Senin, 18 Agustus 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Kenaikan Pajak

    Demokrasi di Titik Nadir: GUSDURian Ingatkan Pemerintah Soal Kenaikan Pajak dan Kebijakan Serampangan

    Musawah Art Collective

    Lawan Pernikahan Anak Lewat Seni: Musawah Art Collective Gelar Trip Exhibition “Breaking the Chain” di Tiga Kota

    Krisis Iklim

    Green Youth Quake: Pemuda NU dan Muhammadiyah Bergerak Lawan Krisis Iklim

    ‘Aisyiyah Bojongsari

    ‘Aisyiyah Bojongsari Rayakan HAN dan Milad ke-108 Lewat Lomba dan Diskusi

    KOPRI

    Buka Perspektif Geopolitik Kader Perempuan, KOPRI Bedah Buku 75 Tahun Indonesia Tiongkok

    Pengelolaan Sampah

    Ulama Perempuan Serukan Pelestarian Alam dan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

    PIT Internasional

    ISIF Buka Kolaborasi Akademik Global Lewat PIT Internasional

    PIT SUPI

    Mengglobal: SUPI ISIF Jalani PIT di Malaysia dan Singapura

    Ma'had Aly Kebon Jambu

    S.Fu: Gelar Baru, Tanggung Jawab Baru Bagi Lulusan Ma’had Aly Kebon Jambu

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    80 Tahun Merdeka

    80 Tahun Merdeka: Menakar Kemerdekaan dari Kacamata Mubadalah dan KUPI

    80 Tahun Indonesia

    80 Tahun Ke(tidak)beragaman Indonesia: Membicarakan Konflik Sesama Bangsa dari Masa ke Masa

    Malam Tirakatan

    Malam Tirakatan Ruang Renungan dan Kebersamaan Menyambut Kemerdekaan

    Kemerdekaan Sejati

    Kemerdekaan Sejati dan Paradoks di Tanah yang Kaya

    Pati Bergejolak

    Pati Bergejolak: Ketika Relasi Penguasa dan Rakyat Tidak Lagi Berkesalingan

    PLTU Cirebon

    PLTU Cirebon dan Gelapnya Hidup Nelayan Waruduwur

    Status Sosial

    Status Sosial Membawa Perempuan Keluar dari Patriarki

    Kesadaran Gender

    Melampaui Biner: Mendidik Anak dengan Kesadaran Gender yang Adil

    Sejarah Ulama Perempuan

    Membongkar Sejarah Ulama Perempuan, Dekolonialisme, dan Ingatan yang Terpinggirkan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Kesehatan Reproduksi Sejak dini

    Pendidikan Kesehatan Reproduksi Sejak Dini

    Keturunan

    Memilih Pasangan dari Keturunan Keluarga Orang Baik

    Membina Keluarga Sakinah

    Membina Keluarga Sakinah: Dimulai dari Akhlak Suami Istri

    Pasangan Memiliki Akhlak

    Memilih Pasangan Hidup yang Memiliki Akhlak yang Baik

    Pasangan Hidup

    Memilih Pasangan Hidup yang Setara

    Kriteria Pasangan

    Kriteria Pasangan yang Dianjurkan oleh Islam

    Poligami

    Pernikahan Ideal: Monogami Bukan Poligami

    Pasangan

    Berjanji Setia dengan Satu Pasangan

    Anak Sekolah

    Cara Anak Memilih Teman di Sekolah

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Kenaikan Pajak

    Demokrasi di Titik Nadir: GUSDURian Ingatkan Pemerintah Soal Kenaikan Pajak dan Kebijakan Serampangan

    Musawah Art Collective

    Lawan Pernikahan Anak Lewat Seni: Musawah Art Collective Gelar Trip Exhibition “Breaking the Chain” di Tiga Kota

    Krisis Iklim

    Green Youth Quake: Pemuda NU dan Muhammadiyah Bergerak Lawan Krisis Iklim

    ‘Aisyiyah Bojongsari

    ‘Aisyiyah Bojongsari Rayakan HAN dan Milad ke-108 Lewat Lomba dan Diskusi

    KOPRI

    Buka Perspektif Geopolitik Kader Perempuan, KOPRI Bedah Buku 75 Tahun Indonesia Tiongkok

    Pengelolaan Sampah

    Ulama Perempuan Serukan Pelestarian Alam dan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

    PIT Internasional

    ISIF Buka Kolaborasi Akademik Global Lewat PIT Internasional

    PIT SUPI

    Mengglobal: SUPI ISIF Jalani PIT di Malaysia dan Singapura

    Ma'had Aly Kebon Jambu

    S.Fu: Gelar Baru, Tanggung Jawab Baru Bagi Lulusan Ma’had Aly Kebon Jambu

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    80 Tahun Merdeka

    80 Tahun Merdeka: Menakar Kemerdekaan dari Kacamata Mubadalah dan KUPI

    80 Tahun Indonesia

    80 Tahun Ke(tidak)beragaman Indonesia: Membicarakan Konflik Sesama Bangsa dari Masa ke Masa

    Malam Tirakatan

    Malam Tirakatan Ruang Renungan dan Kebersamaan Menyambut Kemerdekaan

    Kemerdekaan Sejati

    Kemerdekaan Sejati dan Paradoks di Tanah yang Kaya

    Pati Bergejolak

    Pati Bergejolak: Ketika Relasi Penguasa dan Rakyat Tidak Lagi Berkesalingan

    PLTU Cirebon

    PLTU Cirebon dan Gelapnya Hidup Nelayan Waruduwur

    Status Sosial

    Status Sosial Membawa Perempuan Keluar dari Patriarki

    Kesadaran Gender

    Melampaui Biner: Mendidik Anak dengan Kesadaran Gender yang Adil

    Sejarah Ulama Perempuan

    Membongkar Sejarah Ulama Perempuan, Dekolonialisme, dan Ingatan yang Terpinggirkan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Kesehatan Reproduksi Sejak dini

    Pendidikan Kesehatan Reproduksi Sejak Dini

    Keturunan

    Memilih Pasangan dari Keturunan Keluarga Orang Baik

    Membina Keluarga Sakinah

    Membina Keluarga Sakinah: Dimulai dari Akhlak Suami Istri

    Pasangan Memiliki Akhlak

    Memilih Pasangan Hidup yang Memiliki Akhlak yang Baik

    Pasangan Hidup

    Memilih Pasangan Hidup yang Setara

    Kriteria Pasangan

    Kriteria Pasangan yang Dianjurkan oleh Islam

    Poligami

    Pernikahan Ideal: Monogami Bukan Poligami

    Pasangan

    Berjanji Setia dengan Satu Pasangan

    Anak Sekolah

    Cara Anak Memilih Teman di Sekolah

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Film

Kisah Jun-hee dalam Serial Squid Game dan Realitas Perempuan dalam Relasi yang Tidak Setara

Kim Jun-hee (Player 222) adalah gambaran dari begitu banyak perempuan yang terjebak dalam sistem relasi yang tidak adil.

Leni Nur Azizah Leni Nur Azizah
3 Juli 2025
in Film
0
Squid Game

Squid Game

1.6k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Salah satu momen paling memilukan dari Squid Game season terbaru adalah ketika Player 222-Jun hee, seorang perempuan yang sedang hamil, terpaksa mengikuti permainan demi bertahan hidup. Di tengah permainan yang mengancam nyawa, ia melahirkan, merawat bayinya dalam kondisi pasca melahirkan.

Naasnya Jun hee beakhir meninggal demi menyelamatkan sang anak. Sementara itu, laki-laki yang bertanggung jawab atas semua ini-Myung gi justru tampil seolah tidak terlibat dalam penderitaan yang ia tinggalkan. Bahkan sekedar inisiatif mencoba menolong saja tidak ada.

Kisah mereka rasanya sudah tidak asing lagi di tegah relitas kehidupan kita. Kisah mereka bagai cerminan dari kenyataan yang kerap kali terjadi di dunia nyata: relasi timpang antara laki-laki dan perempuan, terutama pasca hubungan seksual atau ketika kehamilan terjadi di luar perencanaan.

Perempuan sering kali memikul seluruh beban, baik secara sosial, emosional, maupun fisik. Dan dalam banyak kasus, laki-laki dengan mudah lepas dari tanggung jawab, bahkan ketika mereka adalah pihak yang seharusnya turut andil.

Namun sayangnya, saat peristiwa tersebut sudah terjadi, alih-alih masyarakat mencari jalan tengah yang terbaik untuk mereka, kebanyakan justru memberi sterotipe buruk pada perempuan. Perempuan dalam kasus tersebut banyak menerima cacian, kebencian terkucilkan dan tanpa perlindungan.

Berbeda halnya dengan laki-laki, mereka tidak menerima kecaman seperti halnya perempuan, mereka juga dapat dengan bebas ccuci tangan. Sebab dalam pandangan jahat kebanyakan masyarakat, aib itu tertinggal dalam diri perempuan.

Representasi Relasi Timpang dalam Squid Game Season 3

Kim Jun-hee (Player 222) adalah gambaran dari begitu banyak perempuan yang terjebak dalam sistem relasi yang tidak adil. Dalam kondisi hamil besar, Jun-hee masuk ke dalam permainan yang mempertaruhkan nyawa.

Bukan karena ia menginginkannya, tapi karena utang yang menjeratnya juga karena penghianatan yang ia terima dari mantan kekasihnya, Lee Myung-gi (Player 333). Ia terpaksa mengikuti game tersebut untuk masa depan bayinya. Lebih tragisnya lagi, Myung-gi ikut bermain, namun tidak pernah benar-benar hadir untuk tanggung jawab yang ia tinggalkan.

Dalam permainan yang penuh dengan tekanan dan kekerasan, Jun-hee tetap memilih melahirkan. Ia merawat bayinya di tengah situasi penuh risiko, sambil terus mengikuti permainan yang mematikan. Keputusannya untuk tetap bertahan bukan hanya soal naluri hidup, tapi juga bentuk cinta kepada anak yang ia lahirkan.

Namun seperti banyak perempuan di dunia nyata, cinta itu akhirnya juga berarti pengorbanan. Jun-hee harus mati demi menyelamatkan sang bayi. Di sisi lain, Myung-gi tidak menghadapi konsekuensi moral yang berarti, bahkan tidak merasa perlu berkorban apapun atas nyawa yang seharusnya juga menjadi tanggung jawabnya.

Kontras antara Jun hee dan Myung gi adalah bentuk narasi klasik dalam masyarakat patriarkal: ketika relasi laki-laki dan perempuan kandas atau berjalan tidak sehat, perempuan akan menanggung dampaknya secara menyeluruh, baik secara sosial, psikologis, bahkan biologis. Laki-laki, sebaliknya, punya ruang untuk melupakan, meninggalkan, atau bahkan dipandang netral.

Serial ini, secara sadar atau tidak, menampilkan bagaimana struktur relasi yang tidak setara itu bekerja. Ia membuka pertanyaan penting: mengapa dalam banyak relasi yang rusak, hanya perempuan yang harus kuat? Dan mengapa kita, sebagai penonton atau masyarakat, sering kali tidak mempertanyakan hilangnya tanggung jawab dari pihak laki-laki?

Realitas Sosial: Perempuan dan Beban yang Besar

Apa yang dialami Jun-hee dalam Squid Game Season 3 sebenarnya bukan semata-mata fiksi yang dilebih-lebihkan demi drama. Ia adalah potret yang terlalu akrab bagi banyak perempuan di dunia nyata.

Ketika sebuah hubungan berakhir, terutama yang sampai pada hubungan seksual atau kehamilan. Perempuan sering kali menjadi pihak yang harus menanggung seluruh dampaknya dalam kasus tersebut. Mulai dari tekanan sosial, beban emosional, hingga konsekuensi fisik dan ekonomi.

Dalam banyak kasus, ketika kehamilan terjadi di luar pernikahan atau dalam relasi yang tidak setara, perempuan dipaksa untuk kuat: memikirkan masa depan anak, menghadapi stigma, bahkan terkadang memilih untuk menyembunyikan kehamilannya demi menghindari penghakiman. Sementara laki-laki yang terlibat sering kali tidak mengalami beban sosial yang sama. Mereka bisa “melanjutkan hidup”, seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

Di masyarakat kita, perempuan yang hamil di luar nikah sering kali menghadapi pengucilan, kehilangan akses pendidikan atau pekerjaan, dan dalam beberapa kasus, bahkan dikriminalisasi. Ironisnya, laki-laki sebagai pihak yang juga terlibat dalam kehamilan tersebut bisa tetap menikmati posisi sosialnya, tanpa terganggu reputasi atau tanggung jawab. Dalam konstruksi sosial semacam ini, tubuh perempuan menjadi medan tempur moralitas, sementara tubuh laki-laki tetap netral dan dibiarkan bebas.

Tak hanya dalam aspek sosial, bahkan dalam wacana hukum dan kebijakan, sering kali perlindungan terhadap perempuan yang rentan dalam relasi tidak setara masih sangat minim. Tidak semua perempuan memiliki keberanian, dukungan, atau pengetahuan hukum yang cukup untuk menuntut keadilan. Dan dalam situasi ini, perempuan menjadi “korban ganda”: dari relasi yang timpang dan dari sistem yang abai terhadap penderitaannya.

Kasus Jun-hee adalah simbol dari semua ini. Ia adalah representasi perempuan yang harus menghadapi realitas yang tidak adil sendirian. Perempuan yang tak hanya kehilangan pasangan, tapi juga harus memilih antara hidupnya atau nyawa anaknya. Dan pilihan itu, sebagaimana yang sering terjadi dalam kehidupan nyata, nyaris tidak pernah menjadi beban bagi laki-laki yang turut andil dalam prosesnya.

Membaca Ulang Teks Agama terhadap Relasi Laki-laki dan Perempuan

Relasi antara laki-laki dan perempuan sering kali tampil timpang, tak hanya dalam praktik sosial, tapi juga dalam narasi budaya dan bahkan dalam tafsir agama. Kisah Jun hee yang harus menghadapi kehamilan sendirian. hal tersebut menggambarkan bagaimana perempuan masih terus-menerus menjadi pihak yang menanggung beban paling banyak dalam relasi yang tidak sehat.

Cerminan dari  banyak perempuan di dunia nyata, saat moral publik dan penafsiran agama yang keliru sehingga menekan mereka untuk “bertanggung jawab” sendirian. Sementara laki-laki nyaris bebas dari beban yang sama.

Islam sendiri sejatinya tidak pernah mengajarkan relasi yang timpang. Dalam Al-Qur’an dan hadis, banyak sekali nilai-nilai keadilan, kesalingan, dan penghormatan terhadap perempuan. Namun, problem muncul ketika masyarakat membaca teks-teks itu dengan kacamata patriarkal yang sudah mengakar selama berabad-abad.

KH. Husein Muhammad, salah satu pelopor tafsir keadilan gender di Indonesia, menegaskan bahwa banyak ketimpangan yang menimpa perempuan sesungguhnya bukan berasal dari ajaran Islam, melainkan dari budaya patriarki yang menyusup ke dalam penafsiran teks.

Beliau menyebut bahwa membaca Al-Qur’an harus dengan hati nurani dan perspektif keadilan. Menurut beliau, keadilan gender dalam Islam bukan sekadar opsi, tapi bagian dari prinsip utama agama.

Senada dengan itu, Dr. Faqihuddin Abdul Kodir menekankan bahwa relasi dalam Islam harus dibangun di atas prinsip mubadalah atau kesaliingan. Dalam bukunya berjudul “Perempuan Bukan Makhluk Domestik” beliau menceritakan tentang bagaimana seharusnya mengasuh anak adalah tugas bersama. Banyak hadis yang telah menjelaskan tentang bagaimana Rasulullah SAW menjaga Hasan dan Husein dengan sangat baik. Adalah sebuah kewajiiban bagi laki-laki maupun perempuan menyayagi dan bertanggung jawab terhadap anaknya.

Jun Hee dan Realitas Perempuan

Perempuan adalah subjek hukum dalam Islam. Bukan objek dakwah atau objek pengawasan moral semata. Perempuan memiliki nalar, pilihan yang sah. Dalam konteks ini, alih-alih menyalahkan Jun hee karena hamil di luar nikah, pendekatan gender Islam mengajak kita untuk melihat struktur ketimpangan yang membuat perempuan selalu dirugikan, termasuk dalam proses penilaian sosial yang didasarkan pada moral keagamaan yang bias gender.

Serial Squid Game season 3 ini, menjadi gambaran besar bagaimana perempuan menanggung banyak beban dari relasi yangg timpang. Memaknai ulang teks agama adalah upaya kita memanggil agama untuk kembali kepada misi dasarnya: membela yang lemah, menegakkan keadilan, dan menyuarakan kebenaran.

Membaca ulang teks agama dengan keberpihakan pada keadilan gender, seperti yang digagas oleh para ulama perempuan di KUPI, bukanlah bentuk pembangkangan, melainkan upaya mengembalikan ruh kasih dan keadilan yang sering kali dikaburkan oleh tafsir yang bias. []

 

Tags: Drama KoreaKasus Kekerasan Berbasis GenderKehamilan Tidak DiinginkanReview FilmSquid gamestigma
Leni Nur Azizah

Leni Nur Azizah

Mahasiswa Pascasarjana Ilmu al-Qur'an dan Tafsir UIN Walisongo Semarang

Terkait Posts

Kemerdekaan Perempuan
Personal

Aku Tidak Terlambat: Merayakan Kemerdekaan Perempuan Menjelang Usia 30

9 Agustus 2025
Kepedihan Lelaki
Personal

Ukhti, Kalian Mesti Pahami Kepedihan Lelaki

2 Agustus 2025
Film "A Normal Woman"
Film

Menyingkap Tekanan Perempuan Modern melalui Film “A Normal Woman”

1 Agustus 2025
S-Line
Personal

S-Line dan Pubertas Digital: Saat Tren Media Sosial Menjadi Cermin Krisis Literasi Seksual

29 Juli 2025
Tren S-Line
Publik

Refleksi Tren S-Line: Bagaimana Jika Dosa Kita Terlihat Jelas Atas Kepala?

27 Juli 2025
Fomo Trend S-Line
Personal

Mari Membahas Bersama Fomo Trend S-Line

26 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Malam Tirakatan

    Malam Tirakatan Ruang Renungan dan Kebersamaan Menyambut Kemerdekaan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 80 Tahun Ke(tidak)beragaman Indonesia: Membicarakan Konflik Sesama Bangsa dari Masa ke Masa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 80 Tahun Merdeka: Menakar Kemerdekaan dari Kacamata Mubadalah dan KUPI

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kemerdekaan Sejati dan Paradoks di Tanah yang Kaya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Demokrasi di Titik Nadir: GUSDURian Ingatkan Pemerintah Soal Kenaikan Pajak dan Kebijakan Serampangan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • 80 Tahun Merdeka: Menakar Kemerdekaan dari Kacamata Mubadalah dan KUPI
  • 80 Tahun Ke(tidak)beragaman Indonesia: Membicarakan Konflik Sesama Bangsa dari Masa ke Masa
  • Malam Tirakatan Ruang Renungan dan Kebersamaan Menyambut Kemerdekaan
  • Demokrasi di Titik Nadir: GUSDURian Ingatkan Pemerintah Soal Kenaikan Pajak dan Kebijakan Serampangan
  • Kemerdekaan Sejati dan Paradoks di Tanah yang Kaya

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID