Jumat, 3 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Fasilitas Ramah Disabilitas

    Teguhkan Komitmen Inklusif, Yayasan Fahmina Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

    UIN SSC Kampus Inklusif

    UIN SSC Menuju Kampus Inklusif: Dari Infrastruktur hingga Layanan Digital Ramah Disabilitas

    Makan Bergizi Gratis

    Ironi Makan Bergizi Gratis: Ketika Urusan Dapur Menjadi Kebijakan Publik

    Nyai Sinta Nuriyah

    Kunjungi Aktivis yang Ditahan, Nyai Sinta Nuriyah Tunjukkan Keteguhan Ulama Perempuan dalam Membela Rakyat

    Hari Tani

    Hari Tani Nasional 2025: Menghargai Petani dan Menjaga Pangan Negeri

    Jaringan WPS

    5 Tuntutan Jaringan WPS Indonesia atas Penangkapan Perempuan Pasca Demonstrasi

    Kampanye Inklusivitas

    Inklusivitas di Era Digital: Strategi Baru Kampanye di Media Sosial

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    kerja domestik

    Meneladani Nabi Muhammad dalam Kerja Domestik

    Fiqhul Bina'

    Belajar dari Musibah Ponpes Al Khoziny: Menghidupkan Fiqhul Bina’ di Dunia Pesantren

    Ekosistem mangrove

    Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik

    Pipiet Senja

    Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku

    Rumah Tinggal

    Mencari Rumah Tinggal bagi Keluarga Sakinah

    Kerja Domestik

    Kerja Domestik Laki-Laki dan Perempuan Sama-Sama Ibadah

    Difabel Grahita

    Fikih Inklusif : Meneguhkan Hak Ekonomi Dan Sosial Difabel Grahita

    Kerja Domestik

    Kerja Domestik dalam Perspektif Mubadalah

    Kehilangan Mama

    Apa Rasanya Kehilangan Mama?

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Keluarga Mubadalah

    Keluarga dalam Perspektif Mubadalah

    Syafaat Nabi

    Lima Syafaat Nabi di Tengah Lesunya Ekonomi

    Akhlak Nabi

    Dakwah Nabi di Makkah: Menang dengan Akhlak, Bukan Kekerasan

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi yang

    Akhlak Nabi Tak Pernah Berubah, Meski pada yang Berbeda Agama

    Nabi Muhammad Saw

    Kesaksian Khadijah Ra atas Kemuliaan Akhlak Nabi Muhammad Saw

    Berbeda Agama

    Membaca Kembali Relasi Nabi dengan Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi dalam

    Meneladani Akhlak Nabi dalam Relasi Antarumat Beragama

    Akhlak Luhur Nabi

    Meneladani Akhlak Luhur Nabi Muhammad Saw

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Fasilitas Ramah Disabilitas

    Teguhkan Komitmen Inklusif, Yayasan Fahmina Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

    UIN SSC Kampus Inklusif

    UIN SSC Menuju Kampus Inklusif: Dari Infrastruktur hingga Layanan Digital Ramah Disabilitas

    Makan Bergizi Gratis

    Ironi Makan Bergizi Gratis: Ketika Urusan Dapur Menjadi Kebijakan Publik

    Nyai Sinta Nuriyah

    Kunjungi Aktivis yang Ditahan, Nyai Sinta Nuriyah Tunjukkan Keteguhan Ulama Perempuan dalam Membela Rakyat

    Hari Tani

    Hari Tani Nasional 2025: Menghargai Petani dan Menjaga Pangan Negeri

    Jaringan WPS

    5 Tuntutan Jaringan WPS Indonesia atas Penangkapan Perempuan Pasca Demonstrasi

    Kampanye Inklusivitas

    Inklusivitas di Era Digital: Strategi Baru Kampanye di Media Sosial

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    kerja domestik

    Meneladani Nabi Muhammad dalam Kerja Domestik

    Fiqhul Bina'

    Belajar dari Musibah Ponpes Al Khoziny: Menghidupkan Fiqhul Bina’ di Dunia Pesantren

    Ekosistem mangrove

    Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik

    Pipiet Senja

    Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku

    Rumah Tinggal

    Mencari Rumah Tinggal bagi Keluarga Sakinah

    Kerja Domestik

    Kerja Domestik Laki-Laki dan Perempuan Sama-Sama Ibadah

    Difabel Grahita

    Fikih Inklusif : Meneguhkan Hak Ekonomi Dan Sosial Difabel Grahita

    Kerja Domestik

    Kerja Domestik dalam Perspektif Mubadalah

    Kehilangan Mama

    Apa Rasanya Kehilangan Mama?

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Keluarga Mubadalah

    Keluarga dalam Perspektif Mubadalah

    Syafaat Nabi

    Lima Syafaat Nabi di Tengah Lesunya Ekonomi

    Akhlak Nabi

    Dakwah Nabi di Makkah: Menang dengan Akhlak, Bukan Kekerasan

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi yang

    Akhlak Nabi Tak Pernah Berubah, Meski pada yang Berbeda Agama

    Nabi Muhammad Saw

    Kesaksian Khadijah Ra atas Kemuliaan Akhlak Nabi Muhammad Saw

    Berbeda Agama

    Membaca Kembali Relasi Nabi dengan Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi dalam

    Meneladani Akhlak Nabi dalam Relasi Antarumat Beragama

    Akhlak Luhur Nabi

    Meneladani Akhlak Luhur Nabi Muhammad Saw

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Film

Kisah Jun-hee dalam Serial Squid Game dan Realitas Perempuan dalam Relasi yang Tidak Setara

Kim Jun-hee (Player 222) adalah gambaran dari begitu banyak perempuan yang terjebak dalam sistem relasi yang tidak adil.

Leni Nur Azizah Leni Nur Azizah
3 Juli 2025
in Film
0
Squid Game

Squid Game

1.6k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Salah satu momen paling memilukan dari Squid Game season terbaru adalah ketika Player 222-Jun hee, seorang perempuan yang sedang hamil, terpaksa mengikuti permainan demi bertahan hidup. Di tengah permainan yang mengancam nyawa, ia melahirkan, merawat bayinya dalam kondisi pasca melahirkan.

Naasnya Jun hee beakhir meninggal demi menyelamatkan sang anak. Sementara itu, laki-laki yang bertanggung jawab atas semua ini-Myung gi justru tampil seolah tidak terlibat dalam penderitaan yang ia tinggalkan. Bahkan sekedar inisiatif mencoba menolong saja tidak ada.

Kisah mereka rasanya sudah tidak asing lagi di tegah relitas kehidupan kita. Kisah mereka bagai cerminan dari kenyataan yang kerap kali terjadi di dunia nyata: relasi timpang antara laki-laki dan perempuan, terutama pasca hubungan seksual atau ketika kehamilan terjadi di luar perencanaan.

Perempuan sering kali memikul seluruh beban, baik secara sosial, emosional, maupun fisik. Dan dalam banyak kasus, laki-laki dengan mudah lepas dari tanggung jawab, bahkan ketika mereka adalah pihak yang seharusnya turut andil.

Namun sayangnya, saat peristiwa tersebut sudah terjadi, alih-alih masyarakat mencari jalan tengah yang terbaik untuk mereka, kebanyakan justru memberi sterotipe buruk pada perempuan. Perempuan dalam kasus tersebut banyak menerima cacian, kebencian terkucilkan dan tanpa perlindungan.

Berbeda halnya dengan laki-laki, mereka tidak menerima kecaman seperti halnya perempuan, mereka juga dapat dengan bebas ccuci tangan. Sebab dalam pandangan jahat kebanyakan masyarakat, aib itu tertinggal dalam diri perempuan.

Representasi Relasi Timpang dalam Squid Game Season 3

Kim Jun-hee (Player 222) adalah gambaran dari begitu banyak perempuan yang terjebak dalam sistem relasi yang tidak adil. Dalam kondisi hamil besar, Jun-hee masuk ke dalam permainan yang mempertaruhkan nyawa.

Bukan karena ia menginginkannya, tapi karena utang yang menjeratnya juga karena penghianatan yang ia terima dari mantan kekasihnya, Lee Myung-gi (Player 333). Ia terpaksa mengikuti game tersebut untuk masa depan bayinya. Lebih tragisnya lagi, Myung-gi ikut bermain, namun tidak pernah benar-benar hadir untuk tanggung jawab yang ia tinggalkan.

Dalam permainan yang penuh dengan tekanan dan kekerasan, Jun-hee tetap memilih melahirkan. Ia merawat bayinya di tengah situasi penuh risiko, sambil terus mengikuti permainan yang mematikan. Keputusannya untuk tetap bertahan bukan hanya soal naluri hidup, tapi juga bentuk cinta kepada anak yang ia lahirkan.

Namun seperti banyak perempuan di dunia nyata, cinta itu akhirnya juga berarti pengorbanan. Jun-hee harus mati demi menyelamatkan sang bayi. Di sisi lain, Myung-gi tidak menghadapi konsekuensi moral yang berarti, bahkan tidak merasa perlu berkorban apapun atas nyawa yang seharusnya juga menjadi tanggung jawabnya.

Kontras antara Jun hee dan Myung gi adalah bentuk narasi klasik dalam masyarakat patriarkal: ketika relasi laki-laki dan perempuan kandas atau berjalan tidak sehat, perempuan akan menanggung dampaknya secara menyeluruh, baik secara sosial, psikologis, bahkan biologis. Laki-laki, sebaliknya, punya ruang untuk melupakan, meninggalkan, atau bahkan dipandang netral.

Serial ini, secara sadar atau tidak, menampilkan bagaimana struktur relasi yang tidak setara itu bekerja. Ia membuka pertanyaan penting: mengapa dalam banyak relasi yang rusak, hanya perempuan yang harus kuat? Dan mengapa kita, sebagai penonton atau masyarakat, sering kali tidak mempertanyakan hilangnya tanggung jawab dari pihak laki-laki?

Realitas Sosial: Perempuan dan Beban yang Besar

Apa yang dialami Jun-hee dalam Squid Game Season 3 sebenarnya bukan semata-mata fiksi yang dilebih-lebihkan demi drama. Ia adalah potret yang terlalu akrab bagi banyak perempuan di dunia nyata.

Ketika sebuah hubungan berakhir, terutama yang sampai pada hubungan seksual atau kehamilan. Perempuan sering kali menjadi pihak yang harus menanggung seluruh dampaknya dalam kasus tersebut. Mulai dari tekanan sosial, beban emosional, hingga konsekuensi fisik dan ekonomi.

Dalam banyak kasus, ketika kehamilan terjadi di luar pernikahan atau dalam relasi yang tidak setara, perempuan dipaksa untuk kuat: memikirkan masa depan anak, menghadapi stigma, bahkan terkadang memilih untuk menyembunyikan kehamilannya demi menghindari penghakiman. Sementara laki-laki yang terlibat sering kali tidak mengalami beban sosial yang sama. Mereka bisa “melanjutkan hidup”, seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

Di masyarakat kita, perempuan yang hamil di luar nikah sering kali menghadapi pengucilan, kehilangan akses pendidikan atau pekerjaan, dan dalam beberapa kasus, bahkan dikriminalisasi. Ironisnya, laki-laki sebagai pihak yang juga terlibat dalam kehamilan tersebut bisa tetap menikmati posisi sosialnya, tanpa terganggu reputasi atau tanggung jawab. Dalam konstruksi sosial semacam ini, tubuh perempuan menjadi medan tempur moralitas, sementara tubuh laki-laki tetap netral dan dibiarkan bebas.

Tak hanya dalam aspek sosial, bahkan dalam wacana hukum dan kebijakan, sering kali perlindungan terhadap perempuan yang rentan dalam relasi tidak setara masih sangat minim. Tidak semua perempuan memiliki keberanian, dukungan, atau pengetahuan hukum yang cukup untuk menuntut keadilan. Dan dalam situasi ini, perempuan menjadi “korban ganda”: dari relasi yang timpang dan dari sistem yang abai terhadap penderitaannya.

Kasus Jun-hee adalah simbol dari semua ini. Ia adalah representasi perempuan yang harus menghadapi realitas yang tidak adil sendirian. Perempuan yang tak hanya kehilangan pasangan, tapi juga harus memilih antara hidupnya atau nyawa anaknya. Dan pilihan itu, sebagaimana yang sering terjadi dalam kehidupan nyata, nyaris tidak pernah menjadi beban bagi laki-laki yang turut andil dalam prosesnya.

Membaca Ulang Teks Agama terhadap Relasi Laki-laki dan Perempuan

Relasi antara laki-laki dan perempuan sering kali tampil timpang, tak hanya dalam praktik sosial, tapi juga dalam narasi budaya dan bahkan dalam tafsir agama. Kisah Jun hee yang harus menghadapi kehamilan sendirian. hal tersebut menggambarkan bagaimana perempuan masih terus-menerus menjadi pihak yang menanggung beban paling banyak dalam relasi yang tidak sehat.

Cerminan dari  banyak perempuan di dunia nyata, saat moral publik dan penafsiran agama yang keliru sehingga menekan mereka untuk “bertanggung jawab” sendirian. Sementara laki-laki nyaris bebas dari beban yang sama.

Islam sendiri sejatinya tidak pernah mengajarkan relasi yang timpang. Dalam Al-Qur’an dan hadis, banyak sekali nilai-nilai keadilan, kesalingan, dan penghormatan terhadap perempuan. Namun, problem muncul ketika masyarakat membaca teks-teks itu dengan kacamata patriarkal yang sudah mengakar selama berabad-abad.

KH. Husein Muhammad, salah satu pelopor tafsir keadilan gender di Indonesia, menegaskan bahwa banyak ketimpangan yang menimpa perempuan sesungguhnya bukan berasal dari ajaran Islam, melainkan dari budaya patriarki yang menyusup ke dalam penafsiran teks.

Beliau menyebut bahwa membaca Al-Qur’an harus dengan hati nurani dan perspektif keadilan. Menurut beliau, keadilan gender dalam Islam bukan sekadar opsi, tapi bagian dari prinsip utama agama.

Senada dengan itu, Dr. Faqihuddin Abdul Kodir menekankan bahwa relasi dalam Islam harus dibangun di atas prinsip mubadalah atau kesaliingan. Dalam bukunya berjudul “Perempuan Bukan Makhluk Domestik” beliau menceritakan tentang bagaimana seharusnya mengasuh anak adalah tugas bersama. Banyak hadis yang telah menjelaskan tentang bagaimana Rasulullah SAW menjaga Hasan dan Husein dengan sangat baik. Adalah sebuah kewajiiban bagi laki-laki maupun perempuan menyayagi dan bertanggung jawab terhadap anaknya.

Jun Hee dan Realitas Perempuan

Perempuan adalah subjek hukum dalam Islam. Bukan objek dakwah atau objek pengawasan moral semata. Perempuan memiliki nalar, pilihan yang sah. Dalam konteks ini, alih-alih menyalahkan Jun hee karena hamil di luar nikah, pendekatan gender Islam mengajak kita untuk melihat struktur ketimpangan yang membuat perempuan selalu dirugikan, termasuk dalam proses penilaian sosial yang didasarkan pada moral keagamaan yang bias gender.

Serial Squid Game season 3 ini, menjadi gambaran besar bagaimana perempuan menanggung banyak beban dari relasi yangg timpang. Memaknai ulang teks agama adalah upaya kita memanggil agama untuk kembali kepada misi dasarnya: membela yang lemah, menegakkan keadilan, dan menyuarakan kebenaran.

Membaca ulang teks agama dengan keberpihakan pada keadilan gender, seperti yang digagas oleh para ulama perempuan di KUPI, bukanlah bentuk pembangkangan, melainkan upaya mengembalikan ruh kasih dan keadilan yang sering kali dikaburkan oleh tafsir yang bias. []

 

Tags: Drama KoreaKasus Kekerasan Berbasis GenderKehamilan Tidak DiinginkanReview FilmSquid gamestigma
Leni Nur Azizah

Leni Nur Azizah

Mahasiswa Pascasarjana Ilmu al-Qur'an dan Tafsir UIN Walisongo Semarang

Terkait Posts

Film PK
Film

Menyoal Esensi Beragama, Film PK Mengajarkan Soal Cinta dan Kemanusiaan

1 Oktober 2025
Keluarga Disabilitas
Personal

Bisakah Kesalingan Mulai dari Rumah? Belajar dari Keluarga Disabilitas

25 September 2025
Drama Korea
Personal

Tradisi Kissing dan Living Together ala Drama Korea dalam Perspektif Islam

26 September 2025
Film Taare Zameen Par
Film

Film Taare Zameen Par: Setiap Anak Istimewa

19 September 2025
Love Untangled
Film

Love Untangled: Haruskah Menjadi Cantik untuk Dicintai?

6 September 2025
Beyond The Bar
Film

Membaca Drama Korea Beyond The Bar Episode 3 Melalui QS. Luqman

2 September 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Difabel Grahita

    Fikih Inklusif : Meneguhkan Hak Ekonomi Dan Sosial Difabel Grahita

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kerja Domestik Laki-Laki dan Perempuan Sama-Sama Ibadah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Meneladani Nabi Muhammad dalam Kerja Domestik
  • Belajar dari Musibah Ponpes Al Khoziny: Menghidupkan Fiqhul Bina’ di Dunia Pesantren
  • Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik
  • Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku
  • Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID