• Login
  • Register
Rabu, 2 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Konsumerisme adalah Amalan Nyata Merusak Bumi

Konsumerisme telah berdampak besar dalam hidup dan lingkungan. Saya menjadi bagian lingkaran ekonomi kapitalis yang menilai produktivitas dengan memiliki banyak barang

Indah Rahmasari Indah Rahmasari
25/11/2022
in Personal
0
Konsumerisme

Konsumerisme

137
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Saya kira dengan diet kantong plastik dan memilah sampah organik dan non organik saya sudah menjadi pecinta alam yang turut merawat bumi agar tetap lestari. Namun nyatakan saya jauh dari kata itu. Meski saya sudah menjalankan beberapa amalan pecinta alam tapi di sisi lain saya tetap menjadi manusia konsumtif, konsumerisme nyata yang terus saja menumpuk barang tanpa mengindahkan faedah barang-barang tersebut.

Jika melihat bagaimana daur hidup barang-barang yang saya beli atau konsumsi yang nir faedah tentu itu menjadi amalan nyata yang turut merusak alam dan penyebab krisis iklim melanda bumi. Dalam agama Islam dan saya rasa agama lainnya pun mengajarkan untuk tidak boros (konsumsi yang berlebihan) dan mubazir karena kelak akan diminta pertanggungjawaban.

Menilik kembali daur hidup dari barang-barang yang saya konsumsi, itu berasal dari bahan mentah yang proses mengambilnya dengan cara memambang yang bisa saja itu merampas ruang hidup masyarakat adat serta mencemari lingkungan mereka.

Kemudian pada proses produksinya bisa saja dengan mempekerjakan perempuan maupun anak di bawah umur dengan upah rendah. Serta bagaimana perjalanan barang-barang tersebut bisa sampai ke tangan konsumen dan pembuangan barang tersebut nyatanya mempunyai jejak ekologi sosial yang panjang.

Jejak Ekologi

Jejak ekologi sosial di sini kita maknai dengan seberapa banyak manusia mengambil dari alam dan mempengaruhi makhluk hidup lain. Misalnya saja laptop yang sedang saya gunakan untuk menulis nasari ini. Bisa saja nikelnya (biasanya digunakan untuk komponen baterai) berasal dari ekstraksi yang terjadi di pulau Sulawesi yang telah meningkatkan laju perluasan kerusakan ruang pangan baik di daratan maupun daerah pesisir.

Baca Juga:

Tafsir Sakinah

Islam Menolak Kekerasan, Mengajarkan Kasih Sayang

Menakar Ekoteologi Kemenag Sebagai Kritik Antroposentrisme

Kisah Ibunda Hajar dan Sarah dalam Dialog Feminis Antar Agama

Belum lagi soal pencemaran yang terjadi dimana air yang menjadi bagian vital bagi kehidupan warga turut tercemar.

***

Saya merasa keren tatkala bisa membeli barang yang saya inginkan. Ada kepuasan sesaat saat barang itu bisa saya dapatkan. Konsumerisme telah berhasil. Saya adalah konsumen yang baik yang membeli tak terhitung banyaknya produk yang tidak benar-benar saya butuhkan.

Saya kerap terjebak dengan menjadikan konsumsi sebagai cara hidup, mengubah pembelian dan penggunaan barang menjadi ritual, mencari kepuasan spiritual dan kepuasan ego dalam konsumsi. Tak jarang saya melihat ukuran status sosial, penerimaan sosial dan prestise berdasarkan pada konsumerisme dengan memandang konsumsi lebih banyak produk dan jasa sebagai hal positif.

Konsumerisme telah mendorong saya untuk mentraktir diri sendiri dan orang-orang yang saya sayangi dengan barang-barang yang saya beli. Kemudian usang, saya ganti, dan saya buang dengan kecepatan yang terus meningkat. Seperti tas yang baru saya beli untuk anak saya, yang sebenarnya nir faedah dan tidak saya butuhkan sekarang.

Dampak Konsumerisme terhadap Lingkungan

Menurut Yuval Noah Harari dalam buku Sapiens, konsumerisme adalah sebuah etika yang dimunculkan pada ekonomi kapitalis. Di mana produsen harus terus menerus meningkatkan produksi dan mencari pembeli agar tetap hidup sehingga pertumbuhan ekonomi dapat terwujud.

Para produsen sengaja merancang barang-barang yang tidak tahan lama dan menciptakan model-model baru dan harus kita beli agar terlihat tetap “trendi”. Industri media lewat iklan di televisi dan media sosial turut mendorong etika konsumerisme, lewat beragam flexing (pamer) oleh para selebriti.

***

Konsumerisme telah berdampak besar dalam hidup dan lingkungan. Saya menjadi bagian lingkaran ekonomi kapitalis yang menilai produktivitas dengan memiliki banyak barang. Tentu saya harus bekerja keras untuk dapat menjangkaunya. Lingkungan semakin tercemar karena sistem ekonomi kapitalistik membutuhkan energi dan bahan mentah yang bertumpu pada ekstraktivisme.

Kebutuhan energi yang demikian besar, telah memicu perluasan ekstraksi sumber energi. Di mana kenyataan ini menjadikan alam sebagai komoditas dan manusia sebagai pusat kekuasaan. Hingga pada akhirnya membenarkan tindakan eksploitatif yang merusak alam. []

Tags: Ekologigaya hidupislamKonsumerismemanusiateknologi
Indah Rahmasari

Indah Rahmasari

Ibu rumah tangga yang tinggal di Kertosono. Suka menulis dan sedang tertarik belajar tentang Ekofeminis. Saya bisa dihubunggi di indahr69@gmail.com

Terkait Posts

Vasektomi

Vasektomi, Gender, dan Otonomi Tubuh: Siapa yang Bertanggung Jawab atas Kelahiran?

2 Juli 2025
Narasi Pernikahan

Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan

1 Juli 2025
Toxic Positivity

Melampaui Toxic Positivity, Merawat Diri dengan Realistis Ala Judith Herman

30 Juni 2025
Second Choice

Women as The Second Choice: Perempuan Sebagai Subyek Utuh, Mengapa Hanya Menjadi Opsi?

30 Juni 2025
Tradisi Ngamplop

Tradisi Ngamplop dalam Pernikahan: Jangan Sampai Menjadi Beban Sosial

29 Juni 2025
Humor Seksis

Tawa yang Menyakiti; Diskriminasi Gender Di Balik Humor Seksis

26 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Anak Difabel

    Di Balik Senyuman Orang Tua Anak Difabel: Melawan Stigma yang Tak Tampak

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Meninjau Ulang Amar Ma’ruf, Nahi Munkar: Agar Tidak Jadi Alat Kekerasan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mewujudkan Fikih yang Memanusiakan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Gaji Pejabat vs Kesejahteraan Kaum Alit, Mana yang Lebih Penting?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Vasektomi, Gender, dan Otonomi Tubuh: Siapa yang Bertanggung Jawab atas Kelahiran?
  • Perceraian dalam Fikih: Sah untuk Laki-Laki, Berat untuk Perempuan
  • Gaji Pejabat vs Kesejahteraan Kaum Alit, Mana yang Lebih Penting?
  • Fikih yang Kerap Merugikan Perempuan
  • Di Balik Senyuman Orang Tua Anak Difabel: Melawan Stigma yang Tak Tampak

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID