Kampanye peningkatan toleransi memang tidak pernah akan usang, mengingat belakangan ini banyak kasus-kasus intoleran yang terjadi di dunia dan khususnya di Indonesia sendiri. Sebagai contoh kasus internasional yang turut menyerap perhatian masyarakat di seluruh dunia, perilisan karikatur sosok Nabi Muhammad Saw oleh Charlie Hebdo serta pemenggalan Samuel Paty oleh remaja berumur 18 tahun.
Banyaknya kasus intoleran yang semakin meningkat baru-baru ini mengingatkan kita kepada sosok Bapak Pluralisme, Gus Dur. Julukan Bapak Pluralismeini tidak lahir di ruang kosong, Gus Dur adalah sosok yang tidak kenal lelah memperjuangkan dan konsisten membela pluralisme. Sudah seharusnya memang pluralitas harus menjadi sebuah kekuatan yang akan melahirkan kehidupan yang penuh dengan kedamaian dan toleransi.
Namun, dua fenomena yang terjadi di dunia internasional di atas menimbulkan pertanyaan kemanakah nilai-nilai toleransi itu. Munculnya karikatur sosok Nabi Muhammad Saw yang mengatasnamakan kebebasan berekspresi merupakan tindakan yang tidak bisa dibenarkan karena menghilangkan penghargaan dan toleransi terhadap agama lain. Sementara pemenggalan oleh orang muslim sendiri kepada seorang guru setelah menjelaskan karikatur tersebut juga sangat tidak bisa dibenarkan, karena dengan alasan apapun kekerasan bukanlah nilai-nilai di dalam Islam, out of Islam.
Sehubungan dengan kasus-kasus tersebut, maka wajar jika petuah dan pernyataan dari Gus Dur sangat dirindukan. Dalam sebuah webinar Pribumisasi Islam dan Toleransi yang diadakan oleh Jaringan Gusdurian, Habib Husein Ja’far menuturkan bahwa hendaknya kita sebagai pengagum Gus Dur tidak hanya menempatkan sosok Gus Dur sebagai kata benda, mengagumi sosoknya hanya sebatas “person”nya saja, melainkan juga sebagai kata kerja, dalam arti meneladani Gus Dur dari segi pemikirannya serta mengaplikasikannya.
Semasa hidupnya, Gus Dur telah banyak menyuarakan toleransi di tengah masyarakat yang majemuk. Tidak hanya bersuara, tentu beliau telah mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti di tengah ramainya isu pengharaman perayaan Natal kala itu, Gus Dur malah ikut mendatangi perayaan Natal di gereja, hal ini beliau lakukan tidak lama setelah dilantik sebagai presiden.
Tidak hanya itu, Gus Dur pula orang pertama yang memberikan perintah kepada Banser untuk menjaga gereja-geraja pada saat perayaan Natal. Peran penting lain yang sangat dikenang terhadap nilai-nilai pluralisme Gus Dur adalah pengakuan terhadap agama Konghucu.
Bagi Gus Dur, perbedaan suku maupun agama bukanlah hal yang mendasar untuk dilakukan sebuah pembelaan, melainkan semua lapis masyarakat berhak mendapatkan hak yang sama. Pembelaan Gus Dur adalah mengatasnamakan kemanusiaan dan keadilan. Sedangkan pada banyak kasus yang sering mendapatkan ketidakadilan dan diskriminasi adalah masyarakat minoritas, oleh karena itu, Gus Dur akan menjadi garda terdepan untuk membela mereka.
Bagi masyarakat pada umumnya di pedesaan, Gus Dur juga meninggalkan kesan yang membekas. Sosoknya dikenal sebagai presiden dan kiai yang santai dan humoris, baik dalam pidato resmi maupun ceramah di atas panggung-panggung, Gus Dur selalu berpenampilan santai dan tak jarang mengundang tawa dari para pendengarnya. Bagi Habib Husein Ja’far, Gus Dur adalah sosok yang kreatif, karena dalam berbagai perannya itulah Gus Dur tetap bisa memberikan sisi-sisi humor.
Perlunya kreatifitas untuk bisa mengakomodasi perkembangan zaman ini penting di era sekarang, agar generasi milenial tidak terjebak kepada dua sisi yang berlawanan (ekstrem kanan dan kiri). Ditambah lagi, ada fakta menarik yang dikemukakan oleh Habib Husein dalam webinar, menurut hasil indeks yang dilakukan oleh Maarif Institue bahwa kota yang paling Islami diantara salah satunya adalah Denpasar, sedangkan sebaliknya kota yang paling tidak Islami salah satunya adalah Banda Aceh.
Dua hal tersebut menurut Habib yang mengkampanyekan Islam cinta ini bahwa kesalehan di kota-kota maupun di negara-negara Islam hanya bersifat ritual. Meminjam ungkapan Muhamad Abduh yang merepresentasikan dua hal di atas, Saya melihat muslim di Perancis tapi saya tidak melihat muslim di sana. Mungkin kita bisa menilik sejarah berkembangnya Islam di Indonesia sendiri misalnya, bahwa Islam bisa berkembang pesat pada awalnya didasari oleh semangat pluralisme dan toleransi.
Karena itulah, sebagai masyarakat yang hidup di era sekarang ini, tugas kita hanya merawat dan melestarikan keragaman dengan menghiasinya dengan toleransi sebagaimana telah dilakukan oleh Bapak Pluralisme kita. Gus Dur tetap akan menjadi sosok yang sangat dirindukan oleh negeri ini, dan tentunya slogan yang juga masih sangat jelas dalam ingatan “Gitu Aja Kok Repot.” []