• Login
  • Register
Selasa, 20 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Figur

Meneladani Perjuangan Siti Walidah untuk Pendidikan Perempuan

Muallifah Muallifah
15/08/2020
in Figur, Profil, Rekomendasi
0
Siti Walidah

Siti Walidah

1.5k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Tidak sedikit informasi ketika kita berbicara tentang peran perempuan terhadap peradaban bangsa Indonesia. Banyak tokoh perempuan yang bisa kita teladani perjuangan yang begitu luar biasa, out of the box melawan kondisi sosial, budaya patriarkhi serta melawan berbagai kebiasaan yang menjadi kiblat masyarakat masa lampau. Tentunya perjuangan tersebut perlu diapresiasi begitu besar oleh perempuan masa kini yang bisa bebas menikmati berbagai peran, yang bisa dikatakan di masa lampau sangat sulit untuk dijangkau. Di antara tokoh perempuan yang berjuang dalam pendidikan, Siti Walidah menjadi salah satu tokoh perempuan muslimah yang memiliki dedikasi luar biasa pemikirannya tentang pendidikan perempuan.

Siti Walidah merupakan perempuan masa lampau yang menjadi istri dari tokoh ulama, pahlawan nasional pendiri Muhammadiyah, yakni Ahmad Dahlan, sehingga dikenal sebagai Nyai Ahmad Dahlan.

Nyai Ahmad Dahlan lahir di Yogyakarta, 3 Januari 1872, meninggal 31 Mei 1946. Dalam usia 74 tahun, hidupnya di dedikasikan untuk kepentingan sosial, khususnya masalah perempuan. Sepak terjangnya tercatat ketika pada tahun 1914 mendirikan organisasi “ sopo tresno” untuk memberikan pengajaran serta pemahaman al-Quran serta menjadi sebuah gerakan perempuan dibawah bimbingan dan arahan Ahmad Dahlan.

Pemikiran Siti Walidah atau lebih dikenal dengan Nyai Ahmad Dahlan dalam soal pendidikan dikenal dengan konsep “catur pusat” yakni, suatu formula pendidikan yang menyatukan empat komponen: pendidikan di lingkungan keluarga, pendidikan di dalam lingkungan sekolah, pendidikan di dalam lingkungan masyarakat dan pendidikan di dalam lingkungan tempat ibadah.

Melalui konsep ini, kita melihat pemikiran yang luar biasa dari Nyai Ahmad Dahlan dalam mengkolaborasikan lingkungan seseorang bisa menjadi penunjang terhadap pengetahuan dan pengembangan dirinya. Catur pusat itu merupakan satu kesatuan organik, yang apabila dilakukan secara konsisten akan membentuk kepribadian yang utuh.
Gagasan itu akhirnya dapat diwujudkan dalam bentuk sekolah. Mula-mula beliau mendirikan Madrasah Ibtidhaiyah Diniyah Islamiyah pada tahun 1912 dengan menggunakan sistem pembelajaran model Belanda.

Baca Juga:

Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon

Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

Pada awalnya terobosan ini menimbulkan pro dan kontra di masyarakat kampung kauman dan di kalangan kaum Muslim. Kelompok yang pro terhadap terobosan ini beragumen bahwa model pendidikan seperti itulah yang akan diterima oleh masyarakat, karena, ia pada hakikatnya melakukan modernisasi model pendidikan Islam dari sistem pondok pesantren dengan pendekatan tradisional menjadi modern, dengan tetap mempertahankan ciri khas pelajaran dan pendidikan Islamnya.

Hal-hal yang positif dari Barat tidak harus ditolak tetapi diakomodir dengan diberi sentuhan nilai-nilai Islam. Siti Walidah juga memprakarsai pendirian pondok asrama bagi siswa perempuan untuk menyempurnakan formula pendidikannya. Asrama ini didirikan dirumahnya pada tahun 1918 dan berkembang cukup pesat dengan menampung banyak murid dari Kampung Kauman maupun luar kota.

Di asrama ini, Nyai Ahmad Dahlan memberikan pendidikan keagamaan, dan keterampilan termasuk keterampilan berpidato dan pendidikan keputrian. Basis moral Nyai Ahmad Dahlan tercermin dalam pertanyaan-pertanyaan beliau yang selalu diulang-ulangnya yaitu: (1) Menolak peribahasa Jawa “wong wadon iku swarga nunut, nerakane katut wong lanang” ( perempuan itu masuk surganya ikut suami, masuk neraka juga terikut suami). (2) Amar ma’ruf nahi munkar. (3) Sepi ing pamrih (bekerja tanpa pamrih).

Perjuangannya menjadi salah satu terobosan penting dalam perjuangan mendirikan organisasi Aisyah yang sudah berdiri bertahun-tahun hingga saat ini, hingga menjadi organisasi perempuan yang besar serta ikut memperjuangan hak-hak perempuan agar terus aktif berkontribusi terhadap kemajuan bangsa. Sebab, bukanlah sebuah negara demokrasi apabila tidak melibatkan peran perempuan di dalamnya. []

Muallifah

Muallifah

Penulis asal Sampang, sedang menyelesaikan studi di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Tinggal di Yogyakarta

Terkait Posts

Nyai Nur Channah

Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

19 Mei 2025
Nyai A’izzah Amin Sholeh

Nyai A’izzah Amin Sholeh dan Tafsir Perempuan dalam Gerakan Sosial Islami

18 Mei 2025
Nyai Ratu Junti

Nyai Ratu Junti, Sufi Perempuan dari Indramayu

17 Mei 2025
Dialog Antar Agama

Merangkul yang Terasingkan: Memaknai GEDSI dalam terang Dialog Antar Agama

17 Mei 2025
Nyi HIndun

Mengenal Nyi Hindun, Potret Ketangguhan Perempuan Pesantren di Cirebon

16 Mei 2025
Kashmir

Kashmir: Tanah yang Disengketakan, Perempuan yang Dilupakan

16 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kekerasan Seksual Sedarah

    Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Alasan KUPI Jadikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia
  • Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama
  • KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version