Mubadalah.id – Dilansir dari situs NU Online bahwa Nyai Mahmudah Mawardi adalah pimpinan Muslimat Nahdlatul Ulama dari tahun 1950 sampai 1979. Nyai Mahmudah dididik sejak kecil oleh ayahnya yaitu Kyai Masjhud yang mempunyai lembaga pendidikan pesantren bernama Pesantren Masjhudiyyah, Kyai Masjhud ini adalah salah satu tokoh pendiri NU di kota Solo.
Nyai Mahmudah mempunyai 4 saudari, adapun latar belakang pendidikan beliau selain dari belajar di pesantren milik ayahnya, Nyai Mahmudah juga belajar di Madrasah Ibtidaiyyah Sunniyah selama 6 tahun, lalu melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyyah Sunniyah selama 3 tahun. Selain itu Nyai Mahmudah juga sering mengikuti kursus keguruan dan nyantri di pondok pesantren Jamsaren Solo.
Awal mula perjuangan Nyai Mahmudah adalah melalui pendidikan menjadi seorang guru dan melalui organisasi dengan mendirikan Nahdlatul Muslimat (NDM). Pada kisaran tahun 1933 sampai 1945 Nyai Mahmudah menikah dengan salah satu tokoh Partai Syarekat Islam Indonesia bernama A. Mawardi, sehingga nama Mawardi ini menjadi nama belakang Nyai Mahmudah sampai meninggal dunia.
Dari pernikahan A. Mawardi dan Nyai Mahmudah ini kelak akan melahirkan putra putri sebagai tokoh-tokoh besar di Nahdlatul Ulama. Nyai Mahmudah Mawardi adalah sosok wanita yang tangguh, apalagi sejak di tinggal wafat suami dan ayahnya, Nyai Mawardilah yang membesarkan anak-anaknya dan memimpin pesantren ayahnya.
Hingga pada tahun 1950 ketika Muktamar Nahdlatul Ulama ke-XVIII di Jakarta, Nyai Mahmudah Marwardi terpilih sebagai ketua umum Muslimat NU, sejak saat itu beliau menahkodai Muslimat NU sampai delapan periode dari tahun 1950 sampai 1979.
Selain di Muslimat NU, Nyai Mahmudah Mawardi sendiri mempunyai beberapa jabatan di pemerintahan seperti pernah menjadi anggota DPRD Kota Surakarta, anggota BP KNPI, anggota Liga Muslimin Indonesia, anggota DPR RIS di Jogjakarta, anggota DPR/MPR RI. Dan pada tahun 1965 ketika Konferensi Islam Asia Afrika, Nyai Mahmudah Mawardi dipercayai sebagai salah satu delegasi wanita dari Indonesia.
Konferensi Islam Asia Afrika (KIAA) sendiri di laksanakan di Kota Bandung bertempat di Gedung Merdeka yang dimulai sejak 6 sampai 14 Maret 1965. Konferensi Islam Asia Afrika yang dipelopori oleh Indonesia ini bertujuan menggalang solidariras umat Islam bangsa Asia dan Afrika untuk melawan sistem penjajahan bentuk baru yang disebut dengan neo-imperialisme.
Dalam sidang kelima Konferensi Islam Asia Afrika yang dilaksanakan pada hari Jum’at 12 Maret 1965, Nyai Mahmdah Mawardi menyuaran soal peranan wanita Islam. Dalam hal pengesahan resolusi peranan wanita Islam dalam perjungan rakyat Asia dan Afrika beliau mengemukakan bahwa peranan wanita adalah sangat penting dan sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan juga untuk meningkatkan perjuangan wanita agar sejajar dengan golongan lain.
Oleh karena itu, beliau berpendapat bahwa mengenai perjuangan wanita diharapkan adanya pertama pertukaran pemimpin-pemimpin wanita Islam di segala bidang, kedua menyelenggarakan seminar wanita Islam, ketiga memberikan beasiswa dan keempat pengiriman sarjana Islam dan pendidikan wanita Islam ke daerah yang memerlukan.
Selanjutnya semua hasil sidang komisi ini, termasuk mengenai peranan wanita Islam yang disuarakan oleh Nyai Mahmudah Mawardi akan dibawa ke sidang paripurna kelima untuk mendapatkan pengesahan. Ide tersebut kemudian berhasil di sahkan pada sidang paripurna.
Ide peranan wanita Islam tersebut terdapat dalam sidang komisi VII dan telah disetujui serta di sahkan mengenai kedudukan wanita Islam yang diantaranya mengandung seruan agar wanita diikutsertakan dalam segala kegiatan, sesuai dengan bakat dan kedudukan wanita berdasarkan ajaran Islam.
Adapun hasil dari Konfernsi Islam Asia Afrika merupakan keputusan-keputusan Konferensi, keputusan tersebut disederhanakan dalam sepuluh butir dan ide peranan wanita Islam termuat didalamnya. Adapun sepuluh butir hasil KIAA adalah sebagai berikut:
- Kerjasama menghadapi imperialisme yang berusaha mempertahankan penjajahan atau usaha menciptakan nekolim dengan segala manifestasinya.
- Memberikan sumbangan positif untuk tercapainya perdamaian dunia.
- Memperjuangkan hak asasi umat Islam dalam melaksanakan ajaran agama Islam di negara non-muslim.
- Membangun tata ekonomi baru berlandaskan Islam guna membebaskan diri dari ketergantungan ekonomi terhadap negara imperialis.
- Memperbaiki tingkat hidup buruh dan tani Islam.
- Membentuk lembaga riset sosial, ekonomi dan kebudayaan Islam.
- Untuk meningkatkan kerjasama dan kesatuan perjuangan Islam perlu dibentuk Organisasi Islam Asia Afrika (OIAA).
- Meningkatkan peranan wanita Islam dalam mensukseskan perjuangan Islam.
- Meningkatkan kerjasama dalam perjuangan menghadapi invansi Israel terhadap negara Palestina.
- Mendukung sepenuhnya perjuangan bangsa-bangsa dalam menentukan nasib negara dan bangsanya sendiri. []