Mubadalah.id – Jika merujuk pandangan, Ibnu Qudamah dari madzhab Hanbali tentang pemberian nafkah suami kepada istri, maka suami tidak berkewajiban memberikan nafkah untuk kesehatan, baik untuk membeli obat-obatan maupun untuk biaya berobat ke dokter. Alasan mereka adalah bahwa untuk menjaga keaslian tubuhnya dan bahwa istri merupakan milk al-manfa’ah (pemilikian untuk menggunakan).
Istri dalam status pemilikian seperti ini disamakan dengan rumah sewaan (kontrakan). Alat-alat itu juga disamakan dengan bahan-bahan yang digunakan untuk memperbaiki rumah sewaan (kontrakan) tersebut (ka ‘imarah al-dar al-musta’jarah).
Semua kebutuhan untuk memperbaiki rumah tersebut bukan menjadi tanggungjawab atau kewajiban penyewa, tetapi kewajiban yang punya rumah. Dalam hal istri, adalah ayahnya atau keluarganya.
Dr. Wahbah al-Zuhayli, pemikir fiqh kontemporer, tidak menyetujui pandangan di atas. Menurutnya pendapat para ahli fiqh klasik itu didasarkan pada tradisi yang berkembang pada masa mereka yang tidak menganggap obat-obatan dan biaya kesehatan bukan kebutuhan pokok mereka.
Tentu saja ini berbeda dengan tradisi masyarakat sekarang di mana kebutuhan pada kesehatan telah menjadi kebutuhan pokok, sama seperti makanan, bahkan justru semakin penting.
Undang-undang al-Ahwal al-Syakhshiyah (UU Perkawinan) Syria, katanya, telah memasukkan biaya pengobatan atau kesehatan sebagai salah satu kewajiban yang harus diberikan kepada istri.
Dari keterangan serba singkat di atas dapat kita simpulkan bahwa pada dasarnya, seorang istri terbebas dari kewajiban bekerja dan berusaha untuk menutupi kebutuhan hidupnya, apalagi untuk keluarganya. Seluruh kebutuhan istri dan rumah tangga yang menjadi kebutuhan pokok adalah kewajiban suami.
Sehingga apabila suami ternyata tidak memberikannya, istri berhak menuntutnya atau mengambilnya meskipun tanpa izin suami.
Persoalan Nafkah
Hal ini juga pernah terjadi pada masa Nabi Saw, Aisyah ra. pernah menceritakan bahwa Hindun binti ‘Utbah pernah mengadukan persoalan nafkah ini kepada Nabi saw. Ia mengatakan: “Wahai Nabi, Abu Sufyan (suaminya pen), adalah laki-laki yang sangat pelit. Dia tidak memberikan kebutuhan yang dapat mencukupi aku dan anakku”.
Beliau menjawab: “ Ambillah apa yang dapat mencukupkanmu dan anakmu dengan ma’ruf (layak)”. Riwayat al-Bukhari dan Muslim.
Menurut Madzhab Hanafi, jika seorang suami tidak mau memberikan nafkah kepada istrinya. Padahal berkemampuan dan mempunyai uang. Maka negara berhak menjual hartanya secara paksa dan menyerahkan hasil penjualan itu kepada istrinya.
Kalau tidak ada hartanya, maka negara berhak menahannya atas permintaan istri. Suami dalam keadaan seperti ini dapat kita katagorikan sebagai seorang yang zalim. Dia boleh istri hukum sampai mau menyerahkan nafkahnya. []