Kamis, 6 November 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Menikah

    Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan

    Digital Parent

    Digital Parent: Anak Dalam Bayangan Kekerasan Online

    Fiqh Haid

    Menafsir Ulang Fiqh Haid

    Disabilitas

    Memperjuangkan Kontestasi Makna: Mengapa ‘Disabilitas’ Lebih Manusiawi dari ‘Cacat’

    Fiqh Haid

    Fiqh Haid: Membebaskan Tubuh Perempuan dari Stigma Najis

    Belum Punya Anak

    Luka dari Kalimat “Belum Sempurna Karena Belum Punya Anak”

    Pengalaman Perempuan

    Ketika Nabi Saw Mendengar Pengalaman Perempuan

    Wali Nikah

    Wali Nikah, Antara Perlindungan dan Kesewenang-wenangan

    haid nifas dan istihadhah

    Persoalan Haid, Nifas, dan Istihadhah: Nabi Mendengar Langsung dari Perempuan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Menikah

    Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan

    Digital Parent

    Digital Parent: Anak Dalam Bayangan Kekerasan Online

    Fiqh Haid

    Menafsir Ulang Fiqh Haid

    Disabilitas

    Memperjuangkan Kontestasi Makna: Mengapa ‘Disabilitas’ Lebih Manusiawi dari ‘Cacat’

    Fiqh Haid

    Fiqh Haid: Membebaskan Tubuh Perempuan dari Stigma Najis

    Belum Punya Anak

    Luka dari Kalimat “Belum Sempurna Karena Belum Punya Anak”

    Pengalaman Perempuan

    Ketika Nabi Saw Mendengar Pengalaman Perempuan

    Wali Nikah

    Wali Nikah, Antara Perlindungan dan Kesewenang-wenangan

    haid nifas dan istihadhah

    Persoalan Haid, Nifas, dan Istihadhah: Nabi Mendengar Langsung dari Perempuan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Pendidikan Profetik Penawar Krisis Kemanusiaan

Barangkali kesadaran profetik lah yang dapat menuntun murid, guru, dan semua stakeholder untuk menjalankan pendidikan sesuai hati nurani

Erfin Walida Erfin Walida
14 Januari 2024
in Publik, Rekomendasi
0
Pendidikan Profetik

Pendidikan Profetik

911
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Pendidikan Indonesia masih stuck dalam permasalahan yang sama, krisis moral atau kemanusiaan. Krisis kemanusiaan di lembaga pendidikan seharusnya dapat teratasi dengan solusi ilmu sosial profetik. Disiplin ilmu sosial gagasan Kuntowijoyo ini menjadikan dimensi transendental sebagai landasannya. Pendidikan yang menggunakan landasan profetisme selanjutnya disebut pendidikan profetik.

Murid yang saling merundung menanggalkan sifat kemanusiaan, menghalalkan segala cara demi angka rapor yang baik, membayar guru les demi bocoran soal ujian kerap terjadi. Orientasi sekolah negeri untuk melanjutkan sekolah juga menimbulkan masalah baru. Sekolah tujuan menyeleksi siswa dari nilai akhir sekolah jenjang sebelumnya. Alhasil, katrol nilai rapor menjadi pekerjaan sampingan guru di sebagian besar sekolah di negeri ini.

Sebagai seorang guru yang masih punya mendengar hati nurani pasti merasa miris. Namun, akar permasalahan sesungguhnya bukan pada murid, wali murid, ataupun gurunya saja. Jika kita sanggup memandang dengan kesadaran kritis (menurut Paulo Freire), sistem pendidikan lah yang memaksa berbuat demikian. Sehingga perlu adanya perubahan orientasi pendidikan. Dari orientasi pragmatis menuju orientasi profetik.

Orientasi Pragmatis Pendidikan Indonesia

Pendidikan di negeri ini tak ubahnya alat produksi tenaga kerja. Sekolah sebagai mesin pencetak uangnya. Kebanyakan guru mentransfer ilmu dengan tujuan agar murid dapat menjawab soal ujian. Alih-alih untuk melatih nalar kritis murid sebagai bekal membaca realitas sosial di masa depan.

Menjawab soal ujian dengan benar akan dapat nilai sempurna. Dengan begitu murid mendapat predikat nilai rapor yang baik. Predikat tersebut menjadi bekal untuk mendaftar di jenjang sekolah berikutnya hingga memperoleh pekerjaan yang layak.

Sekolah pun mempromosikan diri sebagai sekolah dengan alumnus sukses. Kategori kesuksesan diukur lewat jumlah lulusan yang diterima di perusahaan A B C. Sekolah lain membanggakan prestasi akademik muridnya yang mendapat kejuaraan MTQ nasional atau Olimpiade Sains. Tak ada yang salah dengan hal itu, namun bagaimana value murid penyabar, penyayang lingkungan, atau penyelamat perundungan antar teman itu mendapatkan ruang?

Artinya, pendidikan masih bertumpu kepada orientasi ekonomi semata. Konsekuensinya, pendidikan selalu mempertimbangkan bagaimana cara menghasilkan profit tinggi. Demi profit yang maksimal, orientasi ekonomi bekerja secara pragmatis. Atas nama keuntungan, cara apapun menjadi halal tanpa peduli betul pada prosesnya.

Merenungi permasalahan di atas, rasanya perlu mencari penawar. Suatu orientasi baru pendidikan selaku penawar yang bersifat jangka panjang. Sebab, pendidikan bukan seperti memasak mie instan. Manusia memiliki fitrah yang juga harus dipenuhi. Pendidikan pragmatis tidak dapat memenuhi hal itu.

Pendidikan Profetik sebagai Transformasi Pendidikan

Idealnya transformasi pendidikan menjadi proses pengembangan potensi, pembaruan, dan penyesuaian paradigma pendidikan dengan tuntutan kehidupan di masa yang akan datang dengan tetap menjunjung nilai-nilai kemanusiaan. Pendidikan  juga harus mampu menjadi jembatan antara manusia dengan nilai-nilai ketuhanan yang universal agar tetap berada setarikan nafas dengan fitrah manusia sebagai khalifah fir ardl.

Orientasi pragmatis seperti yang disebutkan di atas tak mampu menjawab tuntutan pendidikan yang memanusiakan. Maka perlu orientasi yang menjadi alternatif untuk menjawab kebutuhan pendidikan dengan tetap berpegang pada akhlak dan moral.

Adapun orientasi tersebut meminjam disiplin ilmu sosial gagasan Kuntowijoyo tahun 2000-an. Masyhur dengan sebutan Ilmu Sosial Profetik (ISP). Disiplin ilmu sosial ini menjadikan dimensi transendental, bertentangan dnegan dunia material, sebagai landasannya.

Ilmu Sosial Profetik memiliki tiga prinsip yaitu  humanisasi, liberasi dan transendensi. Diambil dari nilai-nilai kenabian yang bersumber pada kitab suci. Kuntowijoyo menyarikan tiga konsep profetik di atas dari surat Ali Imran ayat 110, “Engkau adalah umat terbaik, yang diturunkan di tengah umat manusia untuk menegakkan kebaikan, mencegah kemungkaran dan beriman kepada Allah.”

Pertama, humanisasi bermakna memanusiakan manusia. Nilai kemanusiaan yang kian tergerus oleh perkembangan zaman, harus dirawat kembali. Termasuk dalam proses transformasi pendidikan.

Kedua, liberasi pembebasan manusia dari segala kekangan. Jika pendidikan saat ini masih mengekang guru atas nama akreditasi yang berimbas pada keharusan mengatrol nilai murid, pendidikan profetik menciptakan ruang diskusi kritis dengan kolaborasi antara murid, guru, dan stakeholder.

Ketiga, transendensi adalah mengembalikan segala persoalan kehidupan kepada Tuhan (Kuntowijoyo, 2001). Tauhid atau pengesaan Allah bermakna terbebas dari penghambaan manusia terhadap apapun kecuali Allah. Termasuk penghambaan terhadap nilai, harta, dunia, jabatan, pekerjaan, dan segala yang bersifat fana.

Orientasi Profetik sebagai Penawar Krisis Kemanusiaan

Pendidikan pragmatis berorientasi pada ekonomi-pragmatis. Sedangkan pendidikan yang beriorientasi pada nilai-nilai kenabian (profetik) akan humanis, liberalis dan transendetal.

Jika pendidikan pragmatis menuntut murid dengan nilai rapor yang baik, pendidikan profetik-humanis menuntut murid untuk berkolaborasi dalam mencapai tujuan. Jika pendidikan dengan orientasi pragmatis membuat murid berlomba mengalahkan yang lain agar menjadi juara, pendidikan profetik menghargai semua potensi tanpa mengecilkan yang lain.

Saat pendidikan pragmatis membuat guru pusing untuk mengatrol nilai murid, pendidikan profetik-liberalis menuntun guru untuk mengembangkan potensi murid untuk menebarkan manfaat seluas-luasnya. Ketika pendidikan pragmatis menomorsatukan jumlah lulusan yang diterima di sekolah negeri, pendidikan profetik-transendental menyadarkan murid untuk belajar demi ilmu pengetahuan yang mendekatkan diri pada Tuhannya.

Barangkali kesadaran profetik lah yang dapat menuntun murid, guru, dan semua stakeholder pendidikan untuk menjalankan pendidikan sesuai hati nurani. Mengembalikan manusia pada fitrahnya yang mencintai kebaikan.

Sistem pendidikan juga harus dirumuskan oleh manusia yang sadar akan pentingnya orientasi kenabian, sehingga pendidikan tak hanya menjadi proses pengembangan potensi, pembaruan, dan penyesuaian paradigma pendidikan dengan tuntutan kehidupan di masa yang akan datang. Namun juga berpegang pada moral dan nilai-nilai kebaikan. []

 

 

 

Tags: guruKuntowijoyoLembaga PendidikanMerdeka BelajarPendidikan Profetiksekolahsiswa
Erfin Walida

Erfin Walida

Pendidik dan aktivis Nasyiah. Tertarik dengan isu pendidikan, agama, dan gender.

Terkait Posts

Pendidikan Inklusif
Publik

Pendidikan Inklusif: Membuka Ruang Keadilan Bagi Penyandang Disabilitas

29 Oktober 2025
Kesalingan dalam Pendidikan
Publik

Merawat Akhlak Dan Menyemai Kesalingan Dalam Pendidikan

28 Oktober 2025
Madrasatul Ula
Keluarga

Menjadi Ibu untuk Madrasatul Ula dan Menjadi Bapak untuk Pelindung Cita

27 Oktober 2025
Lembaga Pendidikan
Publik

Pesantren; Membaca Ulang Fungsi dan Tantangan Lembaga Pendidikan Tertua di Nusantara

27 Oktober 2025
Perundungan
Publik

Kita, Perempuan, Membentengi Generasi dari Perundungan

23 Oktober 2025
Moral Solidarity
Publik

Makna Relasi Afektif di Pesantren: Collective Pride dan Moral Solidarity Santri

21 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Digital Parent

    Digital Parent: Anak Dalam Bayangan Kekerasan Online

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menafsir Ulang Fiqh Haid

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Luka dari Kalimat “Belum Sempurna Karena Belum Punya Anak”

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memperjuangkan Kontestasi Makna: Mengapa ‘Disabilitas’ Lebih Manusiawi dari ‘Cacat’

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan
  • Digital Parent: Anak Dalam Bayangan Kekerasan Online
  • Menafsir Ulang Fiqh Haid
  • Memperjuangkan Kontestasi Makna: Mengapa ‘Disabilitas’ Lebih Manusiawi dari ‘Cacat’
  • Fiqh Haid: Membebaskan Tubuh Perempuan dari Stigma Najis

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID