Belum lama tersiar kabar bahwa ada seorang ketua OSIS yang terpilih di salah satu SMA Negeri di Depok, namanya Evan Clementine, diminta untuk kembali voting ulang pemilihannya. Alasannya karena agama Evan berbeda dengan teman-temannya yang lain, yang beragama Islam.
Kasus yang diterima oleh Evan adalah salah satu tamparan keras bagi lembaga pendidikan karena para pendidik belum bisa mendidik para siswa dan siswinya menjadi toleran. Dalam kasus lain, di beberapa SMA Negeri di Kota Cirebon misalnya, dalam pembelajaran ilmu agamanya masih didominasi pengajaran agama Islam saja, padahal peserta didiknya berasal dari latar belakang suku, ras, dan agama yang berbeda.
Dua kasus tersebut merupakan hanya bagian kecil saja dari ribuan kasus intolerasi yang lainnya. Dalam catatan Setara Institute yang dihimpun dari November 2014 hingga Oktober 2019 menyebutkan bahwa telah terjadi 846 peristiwa pelanggaran kebebasan beragama dan berkeyakinan, dengan 1.060 tindakan, dan 35 tindakan diantaranya berasal dari institusi pendidikan.
Kasus-kasus tersebut tentu saja tidak boleh dianggap sepele, karena bisa jadi dalam skala waktu yang panjang akan berdampak pada minimnya pemahaman siswa-siswinya atas keberagaman dan multikulturalisme. Yang kemudian akan menyebabkan paradigma siswa akan mudah jatuh pada kubangan pemahaman agama yang sempit dan ekstrim.
Dan jika siswa dan siswi kita sudah terpapar menjadi ekstrim, maka ya siap-siap saja, mereka akan memusuhi, menolak, atau bahkan membunuh kepada mereka yang dianggap berbeda dengan dirinya. Na’udzubillahi min dzalik.
Oleh karenanya, dalam kasus seperti di atas, saya kira harus segera untuk ditangani, dan diubah konsep pembelajaran agama sesuai dengan keragaman para peserta didiknya. Karena bagaimanapun juga, kalau kita pahami fungsi sekolah adalah sebagai tempat untuk belajar ilmu dasar, ilmu sosial, tempat untuk merasakan perbedaan, tempat untuk mengembangkan karakter, tempat untuk belajar memahami orang lain, tempat untuk saling menolong dan menguatkan.
Para guru bisa memulainya dengan menanamkan pemahaman kepada para peserta didiknya, bahwa Islam adalah agama yang mengajarkan tentang pentingnya toleransi kepada mereka yang berbeda, baik secara agama, suku, ras maupun bahasa. Bahkan dalam taraf yang lebih tinggi, para guru-guru dapat mengajarkan, seperti dalam pandangan KH. Husein Muhammad bahwa Islam adalah agama yang menghargai, menghormati dan menyambut dengan hangat kepada mereka berbeda dengan dirinya.
Dan, lebih lanjut menurut Buya Husein sapaan akrabnya, sikap tersebut bukan hanya ketika dia masih hidup, bahkan juga ketika sudah mati. Perintah tersebut seperti dalam sebuah hadis Nabi Muhammad Saw dalam sebuah riwayat dari Imam Muslim, yang mengatakan:
“Sahl bin Hanif dan Qais bin Sa’ad, dua sahabat Nabi, mengatakan, suatu saat ada jenazah melewati Nabi. Beliau tiba-tiba saja berdiri. Nabi diingatkan bahwa jenazah tersebut adalah seorang Yahudi. Alaisat nafsan (bukankah ia adalah manusia), jawab Nabi.”
Selain cara yang di atas, para guru juga dapat mengenalkan, dan mengajarkan kembali bahwa sejarah berdirinya Negara Indonesia, bukan hanya berkat jasa-jasa pahlawan dari yang bergama Islam saja, melainkan jasa-jasa para pahlawan yang selain Islam pun banyak ikut berjuang.
Para pahlawan tersebut diantaranya, Yos Sudarso yang beragama Kristen, Abertis Suji Pranata dari Katolik, Jhon Lio dari Konghuchu, I Gusti Ngurah Rai dari Hindu, dan Jendral Gatot Subroto dari Budha. Dan tentunya masih banyak lagi para pahlawan dari selain Islam yang ikut berjuang untuk memerdekakan Indonesia.
Dari dua hal tersebut, saya kira, setidaknya sudah memberikan gambaran sekaligus bekal bagi para peserta didik untuk menjadi pribadi yang menerima keberagaman, perbedaan, dan menganggap mereka yang berbeda bukan lagi sebagai musuh, tapi sebagai teman, sahabat yang satu dengan lain untuk dapat saling menghargai, menghormati bahkan saling mendukung satu dengan lainnya.
Dan yang terpenting adalah para peserta didik diharapkan bisa memahami bahwa multikulturalisme dan pluralisme adalah kekuatan dari kita sebagai Bangsa Indonesia. []