• Login
  • Register
Selasa, 1 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Perempuan Merawat Alam melalui Gagasan Eco-Theology

Bencana alam yang bersifat destruktif dan mengancam kehidupan manusia harus segera kita atasi. Salah satu gagasan untuk mengatasi persoalan krisis lingkungan adalah eco-theology

Fatimatun Nikmah Fatimatun Nikmah
24/11/2022
in Publik
0
Perempuan Merawat Alam

Perempuan Merawat Alam

478
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Belakangan ini Indonesia mengalami banyak bencana alam dan krisis lingkungan. Melalui catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sepanjang tahun 2022 telah terjadi 3.045 bencana alam. Banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia bahkan di dunia disebabkan adanya hasrat manusia untuk menguasai alam. Melalui tulisan ini kita bisa melihat bagaimana cara perempuan merawat alam untuk melindungi umat manusia dari kepunahan.

Tidak cukup hanya dengan mengambil kebutuhan untuk menopang kehidupan, manusia mengeksploitasi alam guna mendapatkan kekayaan sebanyak-banyaknya. Pembabatan hutan untuk pembangunan industri, perluasan infrastruktur dengan mengorbankan banyak lahan mengakibatkan kerusakan alam yang berpotensi menimbulkan bencana seperti banjir dan tanah longsor.

Bencana alam yang bersifat destruktif dan mengancam kehidupan manusia harus segera kita atasi. Salah satu gagasan untuk mengatasi persoalan krisis lingkungan adalah eco-theology. Budhy Munawwar-Rahman dalam seminar Kajian Titik-Temu #53: Agama dan Ekologi menjelaskan bahwa eco-theology pertama kali Sayyid Hosein Nasr populerkankan dalam bukunya berjudul Man and Nuture: Crisis of Modern Man. Eco-theology berkaitan dengan paham keselamatan.

Eco-theology merupakan transformasi keselamatan eskatologis menuju keselamatan ekologis. Hal ini menunjukkan bahwa upaya manusia beriman kepada Tuhan bukan hanya kita tunjukkan melalui ritual ibadah individual-vertikal, namun juga kita wujudkan melalui dimensi sosial-horizontal yang berbentuk kerja-kerja kemanusiaan.

Kontribusi Eco-Theology terhadap Krisis Lingkungan

Gagasan eco-theology menawarkan tiga cara untuk mengatasi krisis lingkungan, yaitu: pertama, membangun koneksi dengan alam. Amanah manusia sebagai khalifah fil ardh membawa konsekuensi bahwa setiap proses kehidupan manusia harus selalu dekat dengan alam.

Baca Juga:

Taman Eden yang Diciptakan Baik Adanya: Relasi Setara antara Manusia dan Alam dalam Kitab Kejadian

Kekerasan dalam Pacaran Makin Marak: Sudah Saatnya Perempuan Selektif Memilih Pasangan!

Women as The Second Choice: Perempuan Sebagai Subyek Utuh, Mengapa Hanya Menjadi Opsi?

Fikih yang Berkeadilan: Mengafirmasi Seksualitas Perempuan

Segala bentuk jarak, kapitalisme bahkan eksploitasi terhadap alam akan membawa kerugian dan kerusakan. Bahkan menurut Maria Fauzi (founder neswa.id) krisis alam dan lingkungan merupakan cerminan krisis spiritual. Oleh karena itu, sebagai seorang yang beriman dan beramal shaleh, manusia harus membangun koneksi dengan alam, sehingga akan terjalin hubungan yang baik.

Kedua, komitmen untuk belajar pengetahuan yang beragam. Sebelum muncul gagasan eco-theology, terlebih dahulu Arne Naess mengenalkan konsep deep ecology.

Deep ecology menekankan adanya keterkaitan antara makhluk hidup biotik dan abiotic sehingga perlu adanya rasa hormat dan menghargai. Dengan mempelajari beragam pengetahuan tentang ekologi, potensi kebermanfaatan manusia atas pengelolaan alam akan lebih maksimal. Ketiga, membangun proyek baru yang berkelanjutan.

Sebagaimana telah saya bahas pada paragraf awal, salah satu penyebab terjadinya krisis lingkungan adalah praktik dominasi, manusia mendominasi non manusia, maskulin berkuasa terhadap feminin, si kaya memperbudak si miskin. Oleh sebab itu, dalam upaya konservasi alam sikap superioritas harus kita hilangkan.

Praktik Melestarikan Alam oleh Santri Putri PP Al-Asnawi

Dalam upaya menerapkan gagasan eco-theology, santri putri PP. Al-Asnawi melakukan ijtihad dengan cara mendaur ulang sampah. Kegiatan ini diinisiasi oleh ketua pondok bernama Ani. Pertama-tama, ia menambah instrumen peraturan pondok dengan cara memasukkan aturan tata kelola sampah.

Ia melakukan sosialiasi kepada seluruh warga pesantren putri untuk memilah dan membuang sampah sesuai dengan tempatnya. Selanjutnya, ia bersama pengurus pondok menempatkan tempat sampah organik dan non organik di berbagai sudut ruangan.

Meski program memilah sampah sudah berjalan, namun sampah organik dan non-organik masih saja tercampur. Oleh karena itu ia memilih duta sampah berdasarkan tingkatan kelas. Tugas duta sampah ialah memilah kembali sampah organik dan non organik kemudian kita masukkan ke dalam tampat sampah.

Sampah organik kita buang di pembuangan sampah dekat hutan, hal ini juga harapannya bisa turut serta menyuburkan tanah. Sedangkan sampah non-organik dipilah kembali, kemudian kita jual ke pengepul sampah untuk didaur ulang. Kegiatan yang terlihat sederhana ini telah mewujudkan berbagai kebaikan dalam pelestarian alam.

Melalui pengelolaan sampah, santri dididik bahwa belajar tidak hanya terbatas pada mushola atau surau tempat mengaji, namun juga lingkungan yang lebih luas, yaitu alam semesta. Hal ini sekaligus memberikan kesadaran bahwa praktik dominasi, superiotas, eksploitasi terhadap liyan baik manusia maupun makhluk hidup lainnya merupakan hal yang salah, sehingga harus segera kita hilangkan dari muka bumi ini.

Tags: Dakwah EkologiKeadilan EkologisLingkunganPengelolaan Sampahperempuan
Fatimatun Nikmah

Fatimatun Nikmah

Anggota Puan Menulis

Terkait Posts

Pacaran

Kekerasan dalam Pacaran Makin Marak: Sudah Saatnya Perempuan Selektif Memilih Pasangan!

30 Juni 2025
Pisangan Ciputat

Bukan Lagi Pinggir Kota yang Sejuk: Pisangan Ciputat dalam Krisis Lingkungan

30 Juni 2025
Kesetaraan Disabilitas

Ikhtiar Menyuarakan Kesetaraan Disabilitas

30 Juni 2025
Feminisme di Indonesia

Benarkah Feminisme di Indonesia Berasal dari Barat dan Bertentangan dengan Islam?

28 Juni 2025
Wahabi Lingkungan

Wahabi Lingkungan, Kontroversi yang Mengubah Wajah Perlindungan Alam di Indonesia?

28 Juni 2025
Patung Molly Malone

Ketika Patung Molly Malone Pun Jadi Korban Pelecehan

27 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Toxic Positivity

    Melampaui Toxic Positivity, Merawat Diri dengan Realistis Ala Judith Herman

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Women as The Second Choice: Perempuan Sebagai Subyek Utuh, Mengapa Hanya Menjadi Opsi?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kekerasan dalam Pacaran Makin Marak: Sudah Saatnya Perempuan Selektif Memilih Pasangan!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ikhtiar Menyuarakan Kesetaraan Disabilitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bukan Lagi Pinggir Kota yang Sejuk: Pisangan Ciputat dalam Krisis Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Menjaga Pluralisme Indonesia dari Paham Wahabi
  • Taman Eden yang Diciptakan Baik Adanya: Relasi Setara antara Manusia dan Alam dalam Kitab Kejadian
  • Kekerasan dalam Pacaran Makin Marak: Sudah Saatnya Perempuan Selektif Memilih Pasangan!
  • Melampaui Toxic Positivity, Merawat Diri dengan Realistis Ala Judith Herman
  • Bukan Lagi Pinggir Kota yang Sejuk: Pisangan Ciputat dalam Krisis Lingkungan

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID