• Login
  • Register
Jumat, 4 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hikmah

Saling Terikat dan Bekerja Sama Adalah Fitrah Manusia

Naluri manusia dipersiapkan agar mereka saling bekerja sama untuk mempertahankan hidup. Tubuh, pikiran dan emosi manusia dibentuk dengan cara melalui turunan genetik agar keberadaan mereka saling terikat dan terhubung satu sama lain.

Rizki Eka Kurniawan Rizki Eka Kurniawan
25/10/2021
in Hikmah
0
Korban

Korban

154
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Sebagian besar dari kita mungkin sudah menyadari, bahwa kehidupan kita sebagai manusia dipenuhi dengan ikatan. Kita selalu terikat dengan sesuatu yang ada di sekeliling kita, baik terikat secara emosional ataupun secara sosial.

Bahkan jauh sebelum kita di lahirkan di dunia, kita telah terikat dengan janji yang telah kita buat dengan Tuhan di hari yang kita sebagai orang Islam mengenalnya dengan hari alastu—hari di mana semua anak adam (manusia) membuat perjanjian dengan Tuhan. Ketika itu, Tuhan bertanya “Alastu birabbikum? (Bukankah Aku ini Tuhanmu?” dan semua manusia menjawab, “Qolu bala syahidna (Betul, Engkau Tuhan kami, kami bersaksi”. Momen perjanjian dan kesaksian akan keberadaan Tuhan ini diabadikan al-Qur’an dalam Surah al-A’raf ayat 172.

Setelah lahir di dunia, kita lupa dengan perjanjian tersebut, tetapi kelahiran kita sendiri telah membuat ikatan yang baru. Secara genetik, kita telah telah terikat dengan kedua orang tua kita—bentuk fisik, penampilan, dan sifat-sifat turunan lainnya merupakan warisan dari kedua orang tua.

Bahkan menurut Carl Gustav Jung, tak hanya sisi biologis saja yang diturunkan, tapi juga sisi psikis seperti pikiran dan emosi kita juga merupakan turunan dari para orang tua kita terdahulu. Jung menyebut penurunan sisi psikis ini dengan istilah collective unconscious (ketidaksadaran kolektif).

Dalam Kesombongan Fatal Kecacatan Sosialisme, F.A Hayek pakar ekonomi dari Austria menjelaskan bahwa jauh sebelum masa sekarang, naluri manusia yang diturunkan secara genetis berfungsi untuk mengarahkan mereka agar bekerja sama, terutama dalam urusan mencari makan dan tempat tinggal. Mereka diadaptasi untuk hidup berkelompok dalam interaksi yang terbatas pada orang-orang yang dikenal dan dipercaya.

Baca Juga:

Melampaui Toxic Positivity, Merawat Diri dengan Realistis Ala Judith Herman

Menakar Ekoteologi Kemenag Sebagai Kritik Antroposentrisme

Prinsip Penghormatan dan Kasih Sayang Jadi Fondasi untuk Berelasi Antar Manusia

Tauhid secara Sosial

Koordinasi kelompok dalam masyarakat primitif sangat bergantung pada solidaritas dan altruisme. Dari fakta ini, Thomas Hobbes berkesimpulan jika individualisme dalam masyarakat primitif adalah sebuah mitos.

Dari semua pernyataan ini, cukup untuk menegaskan bahwa keberadaan manusia sebenarnya ditunjukkan untuk keselamatan bersama. Naluri manusia dipersiapkan agar mereka saling bekerja sama untuk mempertahankan hidup. Tubuh, pikiran dan emosi manusia dibentuk dengan cara melalui turunan genetik agar keberadaan mereka saling terikat dan terhubung satu sama lain.

Akan tetapi, perilaku manusia telah berevolusi begitu cepat. Keberadaan kita tidak lagi bergantung pada kelompok kecil dengan keanggotaan terbatas yang telah kita kenal dan percaya. Perdagangan dan jasa tidak lagi diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan satu kelompok ataupun satu wilayah.

Kehadiran internet telah memungkinkan kita untuk mempromosikan produk dan jasa dengan jangkauan yang tak terbatas. Hampir setiap hari, aktivitas ekonomi yang kita lakukan adalah untuk melayani orang-orang yang tidak kita kenal.

Hal baiknya adalah, kita bisa mendapatkan keuntungan yang besar, akan tetapi, dampak negatif dari masifnya perkembangan teknologi digital adalah aktifitas ekonomi manusia hanya sebatas transaksi, tidak lagi membangkitkan emosi, solidaritas dan kehilangan sisi altruisnya dalam relasi antar manusia.

Ini bisa dilihat dengan banyaknya jumlah pekerja yang mengeluh merasa bosan dan kesepian dalam pekerjaannya. Meskipun, kebutuhan finansial mereka telah tercukupi dengan baik, namun mereka tidak menemukan makna yang bisa membuat mereka bahagia.

Psikologi sosial telah membuktikan jika kebahagiaan manusia tidak bisa diperoleh dari kekayaan, jabatan, ataupun kepemilikan. Kebahagiaan hanya bisa diperoleh ketika kita merasa mempunyai peranan aktif dalam membangun relasi sosial yang baik, dengan keluarga ataupun orang-orang sekitar kita.

Manusia akan merasa lebih bahagia ketika mereka mempunyai keluarga dan teman-teman yang baik. Mereka akan merasa mempunyai tempat pulang untuk bersandar, berkeluh kesah dan berbagi cerita.

Itu sebabnya, perusahaan yang baik bukanlah perusahaan yang dapat memperoleh keuntungan besar, melainkan adalah perusahaan yang bisa membangun relasi sosial yang baik antar pekerja dan kepada para calon customernya. Tak hanya sebatas transaksi, tapi juga saling terikat secara emosional.

Ekonomi bukanlah hanya sekedar mesin pencetak uang, melainkan sebuah industri yang memproduksi kebahagiaan dalam jumlah besar untuk dibagi-bagikan kepada semua orang yang terlibat di dalamnya. []

Tags: Kajian Psikologikebahagiaanmanusiarelasi sosialsosial
Rizki Eka Kurniawan

Rizki Eka Kurniawan

Lahir di Tegal. Seorang Pembelajar Psikoanalisis dan Filsafat Islam

Terkait Posts

Oligarki

Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi

4 Juli 2025
Islam Harus

Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?

3 Juli 2025
Laki-laki dan Perempuan dalam fikih

Hak dan Kewajiban Laki-laki dan Perempuan dalam Fikih: Siapa yang Diuntungkan?

3 Juli 2025
Perceraian untuk

Mengapa Perceraian Begitu Mudah untuk Suami?

2 Juli 2025
Perceraian dalam

Perceraian dalam Fikih: Sah untuk Laki-Laki, Berat untuk Perempuan

1 Juli 2025
Fikih Perempuan

Fikih yang Kerap Merugikan Perempuan

1 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Beda Keyakinan

    Meninjau Ulang Cara Pandang terhadap Orang yang Berbeda Keyakinan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bisnis Mentoring Poligami: Menjual Narasi Patriarkis atas Nama Agama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Laki-laki Juga Bisa Jadi Penjaga Ruang Aman di Dunia Digital

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fokus Potensi, Difabel Bukan Objek Konten Kesedihan!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketika Istilah Marital Rape Masih Dianggap Tabu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI
  • Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi
  • Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan
  • Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?
  • Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID