Mubadalah.id – Setiap kata pertama yang keluar dari mulut seorang anak adalah momen berharga. Sebab hal tersebut bukan hanya tanda perkembangan bicara, tapi juga awal dari bagaimana ia akan berinteraksi dengan dunia.
Ketika anak mulai berbicara, saat itu pula kita sebagai orang dewasa mulai bertugas untuk membentuk budaya komunikasi yang akan ia bawa sepanjang hidup. Apakah ia akan tumbuh menjadi insan dengan bahasa yang sopan atau kata-kata yang menyakiti, sebab tumbuh kembang anak sangat bergantung pada apa yang ia pelajari sejak kecil dan pola interaksinya bersama orang dewasa.
Mengajari anak untuk soft spoken atau berbicara dengan lembut, tidak terburu-buru dan tidak menyakiti adalah bagian dari mendidik adab sebelum ilmu. Adab inilah yang akan menjadi dasar anak dalam menghadapi konflik, menyampaikan pendapat, atau sekadar menanggapi perasaan orang lain.
Apalagi dalam dinamika masyarakat yang semakin tidak terkontrol di era sekarang, anak yang mampu berbicara dengan tenang dan sopan akan tumbuh sebagai pribadi yang memuliakan orang lain dan dirinya sendiri.
Adab Lisan dalam Tradisi Islam
Islam menempatkan adab lisan sebagai bagian penting dari keimanan. Rasulullah Saw. bersabda, “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Ini adalah prinsip dasar yang sangat dalam. Karena bicara baik disebut sebagai salah satu bentuk keimanan. Maka, dalam membesarkan anak-anak, menanamkan nilai ini sejak dini berarti mempersiapkan mereka tumbuh dengan iman yang mencerminkan kesalehan sosial.
Walau tidak ada riwayat eksplisit bahwa Rasulullah duduk dan mengajarkan teori soft spoken kepada anak-anak, namun teladan beliau dalam berkata-kata kepada siapapun termasuk anak-anak menunjukkan pentingnya kelembutan dalam lisan. Namun dalam hadits, Rasulullah SAW pernah menasehati istri beliau, Aisyah, untuk selalu berlemah lembut dalam bertindak. Sebagaimana Imam Muslim meriwayatkan:
Rasulullah bersabda, “Wahai Aisyah, sesungguhnya Allah Maha Lembut dan mencintai kelembutan. Dia memberikan (ganjaran) atas kelembutan sesuatu yang tidak diberikan atas kekerasan, serta sesuatu yang tidak diberikan atas selainnya”
Bahkan dalam hal memberi nasihat kepada orang dewasa di waktu berbeda, beliau memilih kata yang menyentuh hati dan tidak melukai. Maka bisa kita pahami, bahwa dalam tradisi Islam, kekuatan kata bukan terletak pada volume suara, tapi pada niat dan kelembutannya.
Pembiasan Adab Lisan Sejak Dini
Selain itu, nilai soft spoken juga ditegaskan pula dalam Al-Qur’an, bahkan dalam konteks yang paling menantang sekalipun. Ketika Allah memerintahkan Musa dan Harun untuk mendatangi Fir‘aun, seorang tiran yang kejam itu, Allah tetap menekankan kelembutan dalam berbicara:
“Berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan perkataan yang lemah lembut, mudah-mudahan dia sadar atau takut.” (QS. Thaha: 44).
Jika kepada seorang zalim seperti Fir‘aun saja Allah menganjurkan kelembutan lisan, maka apalagi kepada anak-anak yang sedang belajar memahami dunia. Seyogyanya kita sebagai orang dewasa senantiasa berbicara dengan lemah lembut kepada mereka, supaya mereka mencontoh apa yang sedang kita lakukan.
Ketika anak-anak tumbuh dengan mendengar kata-kata lembut, nasihat penuh kasih, dan teguran yang membangun, mereka tidak hanya meniru cara bicara, tetapi juga menyerap makna dari nilai-nilai Islam yang menyertainya. Maka pembiasaan adab lisan sejak dini adalah bagian dari warisan keilmuan Islam yang mendalam, yang menyeimbangkan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional.
Kesalingan dalam Pendidikan Lisan
Dalam konsep mubadalah, pendidikan tidak hanya bersifat satu arah. Ia mengedepankan prinsip kesalingan antara guru dan murid, orang tua dan anak, laki-laki dan perempuan. Dalam konteks ini, anak bukan hanya sekadar objek didikan, tetapi subjek yang perlu dihargai dan diajak berdialog. Maka mengajarkan anak soft spoken juga menuntut orang tua dan orang dewasa untuk menjadi role model yang konsisten.
Tidak sedikit anak yang menjadi keras dalam berbicara karena tumbuh dalam lingkungan yang bising, penuh tekanan, atau minim kehangatan. Oleh karena itu, kesalingan di sini berarti orang tua tidak sekadar memberi perintah untuk berkata sopan, tapi juga memberikan ruang kepada anak untuk diajak bicara dengan nada dan bahasa yang menghargai. Orang tua yang tidak membentak, yang mendengarkan cerita anak meskipun tampak sepele, sedang menanamkan nilai-nilai adab.
Kesalingan juga mencakup pengakuan bahwa anak laki-laki dan perempuan sama-sama perlu diajari kelembutan dalam bicara. Tidak ada dikotomi bahwa laki-laki boleh bicara keras dan perempuan harus lemah lembut. Islam tidak membatasi akhlak baik hanya untuk satu jenis kelamin.
Sebab Rasulullah adalah figur laki-laki, pemimpin, dan panglima perang, namun tetap lembut dalam berkata-kata. Maka dari itu, menjadi soft spoken adalah karakter Islami yang perlu siapa pun memilikinya, tanpa kecuali.
Kesimpulan: Mengajarkan Anak Soft Spoken itu Penting
Setiap kata yang kita ucapkan kepada anak akan membekas. Bahkan ketika ia sudah dewasa, nada suara dan pilihan kata yang sering ia terima di masa kecil akan terus terngiang, membentuk cara pandangnya terhadap orang lain dan terhadap dirinya sendiri. Maka ketika kita memilih untuk berbicara lembut kepada anak, kita sedang mewariskan sesuatu yang tak tertulis, tetapi amat berharga.
Mengajari anak soft spoken bukan tentang menjadikan mereka pendiam atau penurut. Justru sebaliknya, kita sedang membentuk mereka agar mampu menyampaikan pendapat dengan penuh hormat, menolak dengan adab, dan mengkritik tanpa menyakiti. Dunia sedang butuh generasi seperti itu. Yakni generasi yang berani, tapi tidak kasar. Generasi yang tegas, tapi tidak keras. Dan Generasi yang lembut, tanpa kehilangan meninggikan suara.
Sebagaimana Rasulullah mengajarkan dengan kasih dan tutur yang sejuk dan seperti instruksi Tuhan kepada Nabi Musa dan Harun tatkala mendatangi Fir’aun. Mari kita wariskan kepada anak-anak kita, konsep dunia yang berbicara dengan cinta. Dimulai dari dalam rumah, dari suara yang ia dengar pertama kali, yaitu suara orang tua, kakak dan keluarganya. Dengan demikian, tata krama terbentuk berdasarkan pondasi yang kokoh. []