Rabu, 12 November 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    silent revolution

    Prof. Alimatul Qibtiyah Sebut Silent Revolution sebagai Wajah Gerakan Perempuan Indonesia

    Alimat

    Alimat Teguhkan Arah Gerakan Perempuan Lewat Monev Sosialisasi Pandangan Keagamaan KUPI tentang P2GP

    mahasiswa dan diaspora Indonesia di Sydney

    Mahasiswa dan Diaspora Indonesia di Sydney Tolak Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

    Soeharto

    Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto

    Pahlawan Soeharto

    Ketua PBNU hingga Sejarawan Tolak Gelar Pahlawan Soeharto, Dosanya Besar bagi NU dan Masyarakat

    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Menyusui

    Menyusui: Hak Anak, Hak Ibu, atau Kewajiban Ayah?

    Soeharto

    Soeharto dan Situasi Epistemik Bangsa

    ar-radha‘ah

    Menafsir Ulang Ar-Radha‘ah

    Penyusuan Anak dalam al-Qur'an

    Penyusuan Anak dalam Al-Qur’an: Antara Hukum, Etika, dan Kasih Sayang

    Disabilitas Psikososial

    Memberi Kemanfaatan Bagi Disabilitas Psikososial

    Penyusuan

    Ketika Al-Qur’an Menaruh Perhatian Istimewa pada Penyusuan Anak

    Mengenang Marsinah

    Mengenang Marsinah: Sang Pahlawan Perempuan dari Pabrik Arloji

    Menyusui Anak

    Ketika Menyusui Anak Menjadi Amal Kemanusiaan

    Itsbat Nikah

    Tadarus Subuh: Kelindan Itsbat Nikah, Antara Kemaslahatan dan Kerentanan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    silent revolution

    Prof. Alimatul Qibtiyah Sebut Silent Revolution sebagai Wajah Gerakan Perempuan Indonesia

    Alimat

    Alimat Teguhkan Arah Gerakan Perempuan Lewat Monev Sosialisasi Pandangan Keagamaan KUPI tentang P2GP

    mahasiswa dan diaspora Indonesia di Sydney

    Mahasiswa dan Diaspora Indonesia di Sydney Tolak Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

    Soeharto

    Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto

    Pahlawan Soeharto

    Ketua PBNU hingga Sejarawan Tolak Gelar Pahlawan Soeharto, Dosanya Besar bagi NU dan Masyarakat

    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Menyusui

    Menyusui: Hak Anak, Hak Ibu, atau Kewajiban Ayah?

    Soeharto

    Soeharto dan Situasi Epistemik Bangsa

    ar-radha‘ah

    Menafsir Ulang Ar-Radha‘ah

    Penyusuan Anak dalam al-Qur'an

    Penyusuan Anak dalam Al-Qur’an: Antara Hukum, Etika, dan Kasih Sayang

    Disabilitas Psikososial

    Memberi Kemanfaatan Bagi Disabilitas Psikososial

    Penyusuan

    Ketika Al-Qur’an Menaruh Perhatian Istimewa pada Penyusuan Anak

    Mengenang Marsinah

    Mengenang Marsinah: Sang Pahlawan Perempuan dari Pabrik Arloji

    Menyusui Anak

    Ketika Menyusui Anak Menjadi Amal Kemanusiaan

    Itsbat Nikah

    Tadarus Subuh: Kelindan Itsbat Nikah, Antara Kemaslahatan dan Kerentanan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Film

Solidaritas yang Hilang: Refleksi Perlawanan Perempuan dalam Film Bedevilled

Film Bedevilled menyajikan gambaran nyata tentang dinamika kompleks yang dihadapi perempuan dalam masyarakat yang patriarkis

Fitria Nabelia Fitria Nabelia
11 Oktober 2024
in Film
0
Film Bedevilled

Film Bedevilled

697
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Film Bedevilled mengisahkan dua perempuan dengan karakter berbeda, Bok-Nam dan Hae-Won. Bok-Nam hidup di desa terpencil bersama suami, anak, dan ibu mertuanya, bekerja keras sebagai petani untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Kehidupannya tampak harmonis seperti kehidupan desa pada umumnya.

Sementara itu, Hae-Won, teman masa kecil Bok-Nam, menjalani kehidupan di kota. Sikapnya dingin dan egois, sangat berbeda dari Bok-Nam yang penuh perhatian terhadap orang lain. Suatu ketika, Hae-Won dengan dingin menolak permohonan bantuan seorang perempuan yang menjadi korban kekerasan seksual. Ini menunjukkan perbedaan mencolok antara karakter keduanya.

Namun, inti film Bedevilled (2010) bukanlah tentang perbedaan antara perempuan desa dan kota. Lebih dari itu, film ini menyuguhkan gambaran gelap dari kehidupan di sebuah desa terpencil di Korea yang tampak asri dan guyub.

Di balik pemandangannya yang menakjubkan, desa ini adalah neraka bagi tokoh utama, Bok-Nam. Ia terus-menerus tertindas oleh suaminya, terlecehkan adik iparnya, dan mendapat perlakuan seperti budak oleh para perempuan lain, termasuk ibu mertuanya sendiri.

Puncak cerita terjadi ketika Bok-Nam, yang telah menanggung begitu banyak penderitaan, akhirnya membalaskan dendam dengan membunuh semua orang yang tidak pernah menunjukkan empati padanya. Bahkan saat ia berduka atas kematian putrinya. Ironisnya, para perempuan lain justru terus mengoloknya, menganggap bahwa Bok-Nam gagal menjadi istri yang “baik”.

Perempuan Dibuat Histerik

Bedevilled karya Cheol-Soo Jang memang bukan film pertama yang menyoroti diskriminasi terhadap perempuan dalam rumah tangga dan masyarakat. Namun, menurut saya film ini berbeda karena cara tokoh utama melawan sering kita anggap sebagai tindakan “histerik.” Ungkapan Ester Lianawati dalam Dari Rahim Ini Aku Bicara (2024) terasa relevan, di mana perempuan sering kali terpaksa menjadi histerik akibat tekanan yang menumpuk.

Bok-Nam, yang selama ini berada di bawah kekuasaan suami dan ibu mertuanya, akhirnya melawan dengan cara agresif. Tindakannya adalah puncak dari akumulasi penderitaan, di mana ia terus tersudutkan hingga melewati batas kesabarannya. Namun, ketika seorang perempuan melawan penindasan, sering kali ia orang lain menganggapnya “gila,” bahkan oleh sesama perempuan. (Lianawati, 2024)

Kisah Bok-Nam bukan sekadar cerita fiksi tentang balas dendam. Tetapi cerminan dari banyak perempuan yang mengalami kekerasan dan penindasan. Mereka terdorong hingga batas terakhir, tanpa adanya jalan keluar yang lebih aman dan damai. Reaksi agresif mungkin tampak ekstrem, tetapi itu adalah ungkapan frustrasi terhadap struktur sosial yang menutup peluang bagi perempuan untuk bertahan secara damai.

Etika Kepedulian

Sementara kehadiran Hae-Won dalam film ini jelas bukan tanpa alasan. Karakternya menggambarkan sisi lain dari perempuan dalam situasi kekerasan. Meskipun tidak semua perempuan bersikap seperti Hae-Won, realitasnya masih banyak yang memilih diam atau mengabaikan penderitaan sesamanya. Di sinilah pentingnya menumbuhkan etika kepedulian antarperempuan.

Saya teringat tulisan Ester Lianawati dalam Ada Serigala Dalam Diri Setiap Perempuan (2020) yang menekankan pentingnya solidaritas perempuan. Empati dan kepedulian bukan hanya soal mendukung, tetapi juga melawan ketidakadilan yang sering dianggap wajar. Solidaritas ini menjadi perisai penting dalam menghadapi penindasan.

Dengan etika kepedulian, perempuan yang mengalami kekerasan tidak lagi merasa sendirian. Solidaritas antarperempuan membuka ruang untuk saling mendukung dan memberdayakan. Ini bisa menjadi langkah awal bagi perempuan untuk bangkit, memperjuangkan hak-hak mereka, dan melawan ketidakadilan yang kerap dianggap lumrah. Dengan dukungan ini, perempuan bisa merasa lebih aman dan didengarkan.

Menggugah Kepedulian Antarperempuan

Film Bedevilled menyajikan gambaran nyata tentang dinamika kompleks yang perempuan hadapi dalam masyarakat yang patriarkis. Ketika Bok-Nam mengambil tindakan ekstrem untuk melawan penindasan, itu mencerminkan realitas yang banyak perempuan alami di luar sana, yakni perempuan yang terjebak dalam siklus kekerasan dan ketidakadilan. Di banyak kasus, suara mereka terbungkam, dan perjuangan mereka untuk keadilan sering kali dianggap sebagai sebuah ancaman, baik oleh masyarakat maupun oleh sesama perempuan.

Penting untuk menyadari bahwa reaksi agresif yang muncul dalam situasi seperti ini bukanlah tanda kelemahan. Melainkan merupakan hasil dari akumulasi rasa sakit dan ketidakadilan yang terpendam.

Hal ini menegaskan pentingnya menciptakan lingkungan yang mendukung dan mengedukasi. Di mana perempuan dapat merasa aman untuk berbicara tentang pengalaman mereka tanpa takut dihukum atau dihakimi. Dalam konteks ini, kepedulian antara perempuan menjadi kunci untuk melawan stigma dan membangun kesadaran kolektif terhadap isu-isu yang perempuan hadapi.

Untuk menutup tulisan ini, saya ingin menekankan bahwa tindakan Bok-Nam yang berusaha menghabisi semua orang di desa, termasuk temannya Hae-Won, jelas bukanlah sesuatu yang bisa kita contoh. Namun, ada pesan penting yang perlu tersampaikan: perempuan harus saling mengingatkan untuk tidak bersikap egois dan acuh tak acuh terhadap pengalaman penderitaan dari sesama perempuan. []

 

 

Tags: Film BedevilledGenderkeadilanKesetaraanpatriarki
Fitria Nabelia

Fitria Nabelia

Tertarik pada isu-isu perempuan dan tradisi. Saat ini aktif dalam kegiatan menulis di Institute For Javanese Islam Research (IJIR) UIN SATU Tulungagung dan Forum Perempuan Filsafat.

Terkait Posts

Belum Punya Anak
Personal

Luka dari Kalimat “Belum Sempurna Karena Belum Punya Anak”

6 November 2025
Maskulin Toksik
Personal

Maskulin Toksik: Menanam Kesetaraan Gender Melalui Budaya Dominan

4 November 2025
Backburner
Personal

Menolak Backburner: Bahaya Relasi Menggantung dalam Islam

29 Oktober 2025
Keadilan Gender
Aktual

SIKON CILEM UIN SSC Cirebon Angkat KUPI sebagai Gerakan Global Keadilan Gender Islam

17 Oktober 2025
Korban Kekerasan Seksual
Publik

Membela Korban Kekerasan Seksual Bukan Berarti Membenci Pelaku

14 Oktober 2025
Keadilan sebagai
Hikmah

Keluarga sebagai Ruang Pendidikan Keadilan dan Kasih Sayang

11 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Film Pangku

    Dipangku Realitas: Tubuh dan Kemiskinan Struktural dalam Film Pangku

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menafsir Ulang Ar-Radha‘ah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Soeharto dan Situasi Epistemik Bangsa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menyusui: Hak Anak, Hak Ibu, atau Kewajiban Ayah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengenang Marsinah: Sang Pahlawan Perempuan dari Pabrik Arloji

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Menyusui: Hak Anak, Hak Ibu, atau Kewajiban Ayah?
  • Soeharto dan Situasi Epistemik Bangsa
  • Menafsir Ulang Ar-Radha‘ah
  • Dipangku Realitas: Tubuh dan Kemiskinan Struktural dalam Film Pangku
  • Penyusuan Anak dalam Al-Qur’an: Antara Hukum, Etika, dan Kasih Sayang

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID