Mubadalah.id – Ketika Muhammad bin Abdullah berusia 40 tahun sebelum menjadi Nabi dan Rasul, beliau mengalami masa-masa galau, beliau mendadak sering bermimpi aneh dan menyenangkan. Sejak saat itu, beliau mulai menyukai tahannuts, semacam khalwat atau uzlah atau mengasingkan diri ke guwa hiro.
Beliau pulang ke rumah dan meminta isterinya, Khadijah, untuk menyelimutinya. Beliau bercerita kepada isterinya bahwa dalam tahannuts nya itu ia melihat malaikat Jibril datang dan menyuruhnya membaca kalam Ilahi yang ia tidak tahu bagaimana membacanya. Dengan bimbingan Jibril, Muhammad bin Abdullah pun membaca ayat per ayat:
اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (۱) خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ (۲) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ(۳) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (٤) عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ (۵)
“Bacalah atas nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pumurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantara kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya” (Al-‘Alaq/ 96: 1-5).
Ayat-ayat itu begitu mengesankan dan membekas dalam jiwanya. Peristiwa itu terjadi pada hari Senin tanggal 17 Ramadhan (610 M). Itulah wahyu pertama kalinya yang diterima Nabi dari Allah melalui Malaikat Jibril. Dan peristiwa inilah yang menandai kerasulan Nabi Muhammad SAW.
Kebiasaan Nabi melakukan uzlah dan tahannuts itu menjadi teladan yang sangat baik bagi kalangan sufi untuk melakukan pendekatan diri kepada Tuhan. Dalam tradisi sufi dikenal istilah khalwat, istilah teknis dalam tradisi tasawuf yang berarti mengasingkan diri (seclusion) atau, pengunduran diri (retirement).
Secara khusus, khalwat atau uzlah berarti mengasingkan diri di sebuah zawiyah (tempat khusus untuk ibadah para sufi), jauh dari keramaian selama beberapa hari untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah, melalui shalat, dzikir dan amaliah tertentu.
Khalwat (sinonim dengan ‘uzlah, wahdah, infirad, ingita’), secara umum, merupakan prinsip dasar dalam tradisi asketisme (zuhud). Kegemaran para tokoh sufi muslim awal melakukan khalwat merupakan tema utama dalam literatur-literatur tasawuf.
Tokoh sufi seperti Sufyan al-Tsauri (w.161/778), dikenal sebagai tokoh sufi yang gemar hidup menyendiri. Dzun Nun al-Mishri (w.245/860) belajar dari seorang petapa Syria tentang nikmatnya uzlah, khalwat, dzikir, dan rahasia berbicara dengan Tuhan (al-khalwat bi al-munajatihi).
Sufi lain Abu Bakr al-Syibli (w.334/945) pernah memberikan nasehat mengenai praktik khalwat: “Bergantunglah pada kesunyian, hapuskan namamu dari ingatan orang-orang di sekitarmu dan hadapkanlah wajahmu pada dinding untuk melakukan shalat sampai engkau meninggal dunia”.
Al-Ghazali semasa pengembaraan intelektualnya pernah bertapa di atas menara masjid Jami’ Damaskus sekembalinya dari Bait al-Maqdis. Ia melakukannya selama 10 tahun. Selama masa itulah Al-Ghazali mengaku telah dikaruniai kekuatan yang lebih tinggi yang menyingkapkan padanya berbagai misteri dunia spiritual, yang oleh al-Ghazali disebut kasyf (pandangan langsung) dan dzawq (citarasa batiniah yang sangat halus). Al-Ghazali bahkan menganjurkan kepada para sufi untuk uzlah, berkhalwat selama 40 hari dalam satu tahun, dan menjalaninya dengan puasa dan shalat.
Maka penting di masa pandemi ini, dengan pemberlakuan PPKM Darurat Jawa dan Bali oleh pemerintah Indonesia, dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, kita harus mematuhinya, seraya meneladani tradisi para Nabi dan Sufi dalam sejarah Islam di masa lalu. []