Mubadalah.id – Masih dalam pekan Hari Anak Nasional saya ingin menulis sedikit tumbuh kembang anak yang menjadi pelajaran penting selama menjadi orang tua baru. Bukan sebuah hal yang patut dibanggakan tetapi agar masing-masing dari kita dapat belajar dari pengalaman ini.
Di Indonesia, Hari Anak Nasional diperingati sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa dan tahun ini tema peringatan Hari Anak Nasional adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.
Menjadi orang tua tidaklah mudah. Ilmunya banyak, namun praktek pembelajarannya setiap hari dengan beragam kasus yang berbeda pula. Setiap orang tua memiliki concern dan permasalahan yang berbeda dengan orang tua lainnya. Ada orang tua yang sangat berusaha untuk menaikan berat badannya karena anaknya sudah lama tidak naik berat badannya berbulan-bulan sehingga ia sangat peduli dengan ilmu seputar berat badan anak.
Ada pula orang tua yang sangat berusaha untuk melatih anaknya berbicara karena ia baru menyadari bahwa ada keterlambatan bicara pada buah hatinya meskipun tentu kita tahu setiap anak memiliki keunikan tersendiri dan kecepatan pencapaian tumbuh kembang yang berbeda.
Pengalaman ini pun telah saya dan suami alami. Bernie Endyarni Medise menulis di laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sebuah artikel yang berjudul Mengenal Keterlambatan Perkembangan Umum pada Anak bahwa sekitar 5-10% anak diperkirakan mengalami keterlambatan perkembangan umum (perkembangan motorik kasar, motorik halus, bahasa atau bicara, personal sosial atau kemandirian) dari sekian banyak tumbuh kembang yang harus dilalui oleh setiap anak.
Ketika genap anak kami berusia 2,5 tahun belum juga memiliki ketertarikan untuk mengeluarkan rangkaian kosakata, maka sebagai orang tua baru, tentu tidak sedikit pihak yang meminta kami untuk lebih peduli terhadap hal ini tetapi ada pula pihak yang membesarkan hati kami untuk tetap tenang Insya Allah anak kami kelak akan bicara.
Akhirnya karena ada dua kubu ini, kami pun memutuskan untuk membuka kembali buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) buku berwarna merah jambu yang senantiasa merekam jejak tumbuh kembang anak sejak ia berada dalam kandungan.
Dalam buku KIA, dijelaskan bahwa umumnya pada usia 2 tahun, anak sudah bisa naik tangga dan berlari-lari, mencoret-coret pensil pada kertas, menunjuk bagian tubuh satu atau lebih, menyebut 3-6 kata yang memiliki makna, memegang cangkir serta belajar makan dan minum sendiri. Tentu akhirnya indikator ini kami bandingkan dengan tumbuh kembang anak kami.
Lalu kami kembali melihat indikator perkembangan anak usia 3 tahun yaitu bisa mengayuh sepeda roda tiga, berdiri di atas kaki tanpa berpegangan, berbicara dengan baik menggunakan 2 kata seperti aku lapar, mau minum, mengenal warna, menyebutkan nama, usia, tempat, menggambar garis lurus, bermain dengan teman, melepaskan dan mengenakan pakaiannya sendiri membuat kami sadar bahwa ya benar, ada yang terlambar pada tumbuh kembangnya dan kami harus lebih peduli terhadap hal tersebut karena ia berhak untuk tumbuh dengan optimal.
Kami sadar bahwa ada kegiatan screen time berlebihan yang menjadi salah satu faktor keterlambatan bicara ini. Kami juga sadar bahwa aktivitas keseharian kami memberikan dampak yang kurang baik terhadap quality time yang seharusnya kami berikan pada anak, misalnya tidak hanya dengan memberikannya mainan tetapi juga menstimulus motorik kasar dan halusnya, serta menemaninya bermain dan mengajaknya berbicara. Konon katanya agar anak cepat bicara, orang tuanya harus aktif mengajak bicara. Faktanya memang begitu adanya.
Membawa anak ke klinik tumbuh kembang di tengah pandemi bukanlah hal yang mudah namun masih bisa kami lakukan. Akhirnya setelah kami pergi ke dokter dan mulai lebih banyak membaca tentang perkembangan bicara anak melalui berbagai ulasan termasuk yang dipaparkan oleh IDAI, ada beberapa tanda bahaya (Red Flag) keterlambatan bicara atau bahasa (speech delay) yang perlu diperhatikan.
Pertama, ketika anak tidak mampu menunjuk untuk memperlihatkan ketertarikannya terhadap suatu benda pada usia 20 bulan, kedua ketidakmampuan membuat frase bermakna setelah 24 bulan, ketiga ketika orang tua masih tidak mengerti perkataan anak pada usia 30 bulan.
Keempat tidak selalu merespon ketika dipanggil atau mendengar bunyi tertentu, Kelima kurangnya kemampuan berbagi perhatian dengan orang lain pada usia 20 bulan dan sering mengulang ucapan orang lain setelah 30 bulan.
Jika sudah seperti ini, maka sangat dianjurkan untuk segera konsultasi ke dokter anak atau klinik tumbuh kembang terdekat sebelum terlambat. Namun selain itu, saat kami konsultasi di klinik tumbuh kembang, dokter menyarankan untuk memberikan beberapa stimulus yang dapat dilakukan di rumah dengan terus mengajak anak bicara, berkomunikasi dua arah seperti membacakan cerita, bernyanyi bersama, melihat buku bergambar, dan menyikat gigi anak.
Dr. Anne Gracia seorang praktisi neurosains dalam artikel Pijat Wajah Stimulasi Kemampuan Anak Bicara yang ditulis oleh Lia Wanadriani Santosa, juga menyarankan untuk melakukan pijat di area sekitar mulut, dagu dan telinga agar melancarkan dan merangsang saraf-saraf yang berhubungan dengan kemampuan bicara anak. Semoga pengalaman ini dapat diambil hikmahnya dan ikhtiar ini segera membuahkan hasil bagi siapapun orang tua yang sedang mengalami hal serupa. Selamat Hari Anak Nasional, “Anak Terlindungi, Indonesia Maju.” []