Jumat, 17 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Trans7

    Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

    Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Belajar dari Gus Dur dan Daisaku Ikeda, Persahabatan adalah Awal Perdamaian

    Jurnalis Santri

    Sambut Hari Santri Nasional 2025, Majlis Ta’lim Alhidayah Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar untuk Para Santri

    Thufan al-Aqsha

    Dua Tahun Thufan al-Aqsha: Gema Perlawanan dari Jantung Luka Kemanusiaan

    Daisaku Ikeda

    Dialog Kemanusiaan Gus Dur & Daisaku Ikeda, Inaya Wahid Tekankan Relasi Lintas Batas

    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Fasilitas Ramah Disabilitas

    Teguhkan Komitmen Inklusif, Yayasan Fahmina Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

    UIN SSC Kampus Inklusif

    UIN SSC Menuju Kampus Inklusif: Dari Infrastruktur hingga Layanan Digital Ramah Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Berdoa

    Berdoa dalam Perbedaan: Ketika Iman Menjadi Jembatan, Bukan Tembok

    Lirboyo

    Lirboyo dan Luka Kolektif atas Hilangnya Kesantunan Publik

    Difabel Muslim

    Pedoman Qur’an Isyarat; Pemenuhan Hak Belajar Difabel Muslim

    Hak Milik dalam Relasi Marital

    Hak Milik dalam Relasi Marital, Bagaimana?

    Media Alternatif

    Media Alternatif sebagai Brave Space dalam Mainstreaming Isu Disabilitas

    Disabilitas intelektual

    Melatih Empati pada Teman Disabilitas Intelektual

    Alam

    Menjaga Alam, Menyelamatkan Ekosistem

    Diplomasi Iklim

    Ekofeminisme dalam Diplomasi Iklim

    Korban Kekerasan Seksual

    Membela Korban Kekerasan Seksual Bukan Berarti Membenci Pelaku

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Fitrah Anak

    Memahami Fitrah Anak

    Pengasuhan Anak

    5 Pilar Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak adalah Amanah Bersama, Bukan Tanggung Jawab Ibu Semata

    mu’asyarah bil ma’ruf

    Mu’asyarah bil Ma’ruf: Fondasi dalam Rumah Tangga

    Kemaslahatan dalam

    3 Prinsip Dasar Kemaslahatan dalam Perspektif Mubadalah

    Kemaslahatan Publik

    Kemaslahatan Publik yang Mewujudkan Nilai-nilai Mubadalah

    Politik

    Politik itu Membawa Kemaslahatan, Bukan Kerusakan

    Kepemimpinan

    Kepemimpinan Itu yang Mempermudah, Bukan yang Memersulit

    Kepemimpinan

    Kepemimpinan dalam Perspektif Mubadalah

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Trans7

    Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

    Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Belajar dari Gus Dur dan Daisaku Ikeda, Persahabatan adalah Awal Perdamaian

    Jurnalis Santri

    Sambut Hari Santri Nasional 2025, Majlis Ta’lim Alhidayah Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar untuk Para Santri

    Thufan al-Aqsha

    Dua Tahun Thufan al-Aqsha: Gema Perlawanan dari Jantung Luka Kemanusiaan

    Daisaku Ikeda

    Dialog Kemanusiaan Gus Dur & Daisaku Ikeda, Inaya Wahid Tekankan Relasi Lintas Batas

    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Fasilitas Ramah Disabilitas

    Teguhkan Komitmen Inklusif, Yayasan Fahmina Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

    UIN SSC Kampus Inklusif

    UIN SSC Menuju Kampus Inklusif: Dari Infrastruktur hingga Layanan Digital Ramah Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Berdoa

    Berdoa dalam Perbedaan: Ketika Iman Menjadi Jembatan, Bukan Tembok

    Lirboyo

    Lirboyo dan Luka Kolektif atas Hilangnya Kesantunan Publik

    Difabel Muslim

    Pedoman Qur’an Isyarat; Pemenuhan Hak Belajar Difabel Muslim

    Hak Milik dalam Relasi Marital

    Hak Milik dalam Relasi Marital, Bagaimana?

    Media Alternatif

    Media Alternatif sebagai Brave Space dalam Mainstreaming Isu Disabilitas

    Disabilitas intelektual

    Melatih Empati pada Teman Disabilitas Intelektual

    Alam

    Menjaga Alam, Menyelamatkan Ekosistem

    Diplomasi Iklim

    Ekofeminisme dalam Diplomasi Iklim

    Korban Kekerasan Seksual

    Membela Korban Kekerasan Seksual Bukan Berarti Membenci Pelaku

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Fitrah Anak

    Memahami Fitrah Anak

    Pengasuhan Anak

    5 Pilar Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak adalah Amanah Bersama, Bukan Tanggung Jawab Ibu Semata

    mu’asyarah bil ma’ruf

    Mu’asyarah bil Ma’ruf: Fondasi dalam Rumah Tangga

    Kemaslahatan dalam

    3 Prinsip Dasar Kemaslahatan dalam Perspektif Mubadalah

    Kemaslahatan Publik

    Kemaslahatan Publik yang Mewujudkan Nilai-nilai Mubadalah

    Politik

    Politik itu Membawa Kemaslahatan, Bukan Kerusakan

    Kepemimpinan

    Kepemimpinan Itu yang Mempermudah, Bukan yang Memersulit

    Kepemimpinan

    Kepemimpinan dalam Perspektif Mubadalah

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom

Childfree adalah Bentuk Kemerdekaan Bagi Perempuan

Childfree bukan trend, ataupun gerakan. Childfree adalah keputusan personal. Boleh ditiru boleh juga diabaikan. Semua kembali kepada individu. Dan memiliki keturunan bukan hanya satu-satunya tujuan pernikahan

Rofi Indar Parawansah Rofi Indar Parawansah
23 Agustus 2021
in Personal, Rekomendasi
0
Childfree

Childfree

741
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Beberapa hari terakhir banyak sekali yang “memperbincangkan” masalah Childfree. Yang kalau kita search di google arti childfree itu sendiri maka akan langsung muncul yang menurut wikipedia, bahwa Childfree adalah sebuah keputusan atau pilihan hidup untuk tidak memiliki anak, baik itu anak kandung, anak tiri, ataupun anak angkat. Penggunaan istilah Childfree untuk menyebut orang-orang yang memilih untuk tidak memiliki anak ini mulai muncul di akhir abad 20. Karena itu, banyak orang yang berasumsi bahwa Childfree artinya tidak ingin memiliki anak sama sekali.

Hal ini sebetulnya bukanlah hal baru, hanya saja semakin hangat karena kata childfree keluar dari seorang Gita Savitri, influencer yang cukup vokal menyuarakan hal-hal yang berkaitan dengan isu perempuan. Sebagai subjek kehidupan, perempuan berhak mengambil keputusan atas semua yang ada pada dirinya. Kita tahu bahwa hamil, melahirkan dan menyusi merupakan kodrat perempuan. Hal yang tidak bisa ditukar dengan kaum laki-laki, bersifat terberi.

Kodrat inilah yang dianggap sebagai kewajiban dan ciri keperempuanan. Maka, apabila seorang perempuan tidak memenuhi kodratnya ia akan dianggap sebuah produk gagal yang tidak berharga. Begitulah budaya patriarki menempatkan perempuan dalam kehidupan.

Sayangnya, perempuan zaman sekarang sudah beberapa langkah lebih maju. Kesadaran akan banyaknya peran yang bisa dimainkan oleh perempuan melahirkan sebuah keinginan untuk memegang kendali atas dirinya sendiri. Bahwa peran perempuan bukan hanya mengurus ruang domestik dan menjadi mesin pencetak keturunan, ada banyak ruang publik yang menanti dan harus kita isi.

Gita Savitri bukanlah satu-satunya perempuan yang memilih childfree. Bisa jadi ada banyak perempuan yang sebetulnya enggan untuk memiliki keturunan. Hanya saja tidak berani bersuara. Kita tidak bisa langsung menjustifikasi bahwa yang memilih childfree berarti menentang kodratnya sebagai perempuan, mempermainkan salah satu tujuan dari pernikahan hingga menuduh melawan kehendak Tuhan.

Menurutku pilihan Gita untuk childfree ini realistis. Pertama, Gita dan suami tinggal di luar negeri dengan segudang kesibukan yang mereka jalankan. Memiliki anak tentu hanya akan membuat semua yang mereka rencanakan berantakan. Toh, walaupun hanya berdua mereka selalu terlihat bahagia, dengan saling mendukung satu sama lain.

Memiliki anak perlu kesiapan dari keduanya, pengalaman biologis laki-laki tentu berbeda dengan perempuan. Jika laki-laki cukup sekali melakukan pembuahan, maka perempuan harus mengalami sembilan bulan masa kehamilan. Dilanjutkan dengan proses persalinan yang sangat menyakitkan. Lalu mengASIhi hingga usia 2 tahun idealnya.

Lho, katanya sudah lebih maju? ASI bisa difreez atau ganti formula, anak bisa di asuh oleh orang lain.

Betul, hanya saja tetap semuanya tidak bisa berjalan dengan semudah itu. Justru, karena mereka yang memutuskan untuk childfree lebih tahu bahwa ada beberapa hal yang membuatnya merasa tidak mampu dan tidak mau untuk melibatkan anak dalam kehidupan yang dijalaninya saat ini.

Alasan kedua, memiliki anak dengan situasi pandemi seperti sekarang bukan hal mudah. Ditambah belum ada kepastian kapan semuanya akan kembali normal.

Ketiga, setelah dewasa kita semua akan semakin sadar bahwa memiliki keturunan bukanlah hal yang mudah. Perlu kesiapan mental, finansial dan lingkungan yang mendukung. Membesarkan seorang anak bukan hanya dengan mencukupi semua kebutuhannya, tapi memastikan keberlangsungan hidupnya seumur hidup.

Ketiga opini di atas terdengar pesimistis dan egois. Dan itu memang benar.

Bagaimana bisa tidak merasa pesimis, ketika banyak anak terlantar dan menjadi korban kekerasan karena “hadir” tidak diinginkan oleh kedua orangtuanya. Atau, dia memang hadir atas dasar keinginan, hanya saja langsung dibentuk untuk memenuhi ambisi keduanya. Belum lagi jika anak dijadikan sebuah investasi, jaminan hari tua nanti. Banyak lho, diantara orang yang kontra dengan childfree ini karena khawatir tidak ada yang menjaminnya saat tua nanti.

Tidak ada salahnya menjadi egois, dengan melawan arus. Di saat pasangan lain berlomba-lomba melahirkan keturunan, Gita dan suami justru ingin fokus pada diri mereka dan cita-citanya. Bukankah kita sering sekali berkata bahwa letak kebahagian seseorang tidak bisa disamaratakan. Setiap pasangan punya goals nya masing-masing. Ada yang ingin memiliki keluarga yang bahagia, dengan jumlah anak yang lebih dari dua. Ada juga yang merasa cukup dengan hanya tinggal berdua bersama pasangan.

Childfree bukan trend, ataupun gerakan. Childfree adalah keputusan personal. Boleh ditiru boleh juga diabaikan. Semua kembali kepada individu. Dan memiliki keturunan bukan hanya satu-satunya tujuan pernikahan.

Ketika seorang perempuan berani mengatakan bahwa ia tidak ingin memiliki keturunan. Ia bukan sedang menistakan pemberian Tuhan. Melainkan menyuarakan keinginan atas pilihan yang ingin dia jalankan. Dan menurut saya, itu adalah salah satu bentuk kemerdekaan perempuan. Karena tidak semua perempuan berani speak up apa yang dia inginkan. Bisa jadi ada beberapa perempuan di luar sana yang dibungkam dan dipaksa untuk selalu bereproduksi dengan dihantui dalil yang mengatas namakan perintah agama dan patriarki. []

Tags: anakChildfreeGenderGita savitrikeadilankeluargaKesetaraanorang tuapatriarki
Rofi Indar Parawansah

Rofi Indar Parawansah

Perempuan belajar menulis

Terkait Posts

Fitrah Anak
Hikmah

Memahami Fitrah Anak

16 Oktober 2025
Pengasuhan Anak
Hikmah

5 Pilar Pengasuhan Anak

16 Oktober 2025
Pengasuhan Anak
Hikmah

Pengasuhan Anak adalah Amanah Bersama, Bukan Tanggung Jawab Ibu Semata

16 Oktober 2025
Hak Milik dalam Relasi Marital
Keluarga

Hak Milik dalam Relasi Marital, Bagaimana?

15 Oktober 2025
Keluarga sebagai Pertama dan Utama
Hikmah

Menjadikan Keluarga sebagai Sekolah Pertama dan Utama

14 Oktober 2025
Korban Kekerasan Seksual
Publik

Membela Korban Kekerasan Seksual Bukan Berarti Membenci Pelaku

14 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Lirboyo

    Lirboyo dan Luka Kolektif atas Hilangnya Kesantunan Publik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pedoman Qur’an Isyarat; Pemenuhan Hak Belajar Difabel Muslim

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mu’asyarah bil Ma’ruf: Fondasi dalam Rumah Tangga

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rima Hassan: Potret Partisipasi Perempuan Aktivis Kamanusiaan Palestina dari Parlemen Eropa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pengasuhan Anak adalah Amanah Bersama, Bukan Tanggung Jawab Ibu Semata

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Memahami Fitrah Anak
  • Berdoa dalam Perbedaan: Ketika Iman Menjadi Jembatan, Bukan Tembok
  • 5 Pilar Pengasuhan Anak
  • Rima Hassan: Potret Partisipasi Perempuan Aktivis Kamanusiaan Palestina dari Parlemen Eropa
  • Pengasuhan Anak adalah Amanah Bersama, Bukan Tanggung Jawab Ibu Semata

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID