Senin, 1 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Transisi Energi

    Gerakan 16 HAKTP: Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Menguatkan Transisi Energi Berkeadilan

    Fahmina

    Marzuki Rais: Fahmina Tumbuh dari Kontrakan, Kuat di Pendidikan, Meluas Lewat Jejaring Asia

    Fahmina

    Marzuki Rais Beberkan Tantangan Advokasi dan Misi Keberagaman Fahmina

    Inklusif

    Peringati Seperempat Abad, Fahmina Kuatkan Gerakan Pendidikan Inklusif

    Demokrasi

    Kelas Diskusi Islam & Demokrasi Fahmina Soroti Rapuhnya Demokrasi dan Pengalaman Diskriminasi Kelompok Minoritas

    Kekerasan Seksual

    Kelas Diskusi Islam dan Gender Fahmina Ungkap Masalah Laten Kekerasan Seksual dan Perkawinan Anak

    Fahmina yang

    Fahmina Luncurkan Buku “Bergerak untuk Peradaban Berkeadilan” di Harlah ke-25

    25 Tahun Fahmina

    Fahmina Akan Gelar Peringatan 25 Tahun, Ini Rangkaian Acaranya

    P2GP

    P2GP Harus Diakhiri: KUPI Minta Negara Serius Libatkan Ulama Perempuan dalam Setiap Kebijakan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Ayat-ayat Perceraian

    Laki-laki dalam Asbab Nuzul Ayat-ayat Perceraian

    Adhal

    Adhal dalam Rumah Tangga: Kontrol Ekonomi dan Membatasi Hak Istri

    Jurnalisme Empati  

    Disabilitas, Bencana Alam, dan Jurnalisme Empati  

    Adhal

    Adhal: Kekerasan Terhadap Perempuan yang Dilarang Al-Qur’an

    Unity in Diversity

    Unity in Diversity: Pengalaman Belajar Keberagaman di UIII

    Seks

    Hubungan Seks Suka Sama Suka, Zina atau Bukan?

    trafficking

    Al-Qur’an Melindungi Para Korban Trafficking

    Literasi Digital Inklusif

    Pentingnya Literasi Digital Inklusif: Cegah Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO)

    trafficking yang

    Kisah Mu’adzah: Pengingat Bahaya Trafficking

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Transisi Energi

    Gerakan 16 HAKTP: Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Menguatkan Transisi Energi Berkeadilan

    Fahmina

    Marzuki Rais: Fahmina Tumbuh dari Kontrakan, Kuat di Pendidikan, Meluas Lewat Jejaring Asia

    Fahmina

    Marzuki Rais Beberkan Tantangan Advokasi dan Misi Keberagaman Fahmina

    Inklusif

    Peringati Seperempat Abad, Fahmina Kuatkan Gerakan Pendidikan Inklusif

    Demokrasi

    Kelas Diskusi Islam & Demokrasi Fahmina Soroti Rapuhnya Demokrasi dan Pengalaman Diskriminasi Kelompok Minoritas

    Kekerasan Seksual

    Kelas Diskusi Islam dan Gender Fahmina Ungkap Masalah Laten Kekerasan Seksual dan Perkawinan Anak

    Fahmina yang

    Fahmina Luncurkan Buku “Bergerak untuk Peradaban Berkeadilan” di Harlah ke-25

    25 Tahun Fahmina

    Fahmina Akan Gelar Peringatan 25 Tahun, Ini Rangkaian Acaranya

    P2GP

    P2GP Harus Diakhiri: KUPI Minta Negara Serius Libatkan Ulama Perempuan dalam Setiap Kebijakan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Ayat-ayat Perceraian

    Laki-laki dalam Asbab Nuzul Ayat-ayat Perceraian

    Adhal

    Adhal dalam Rumah Tangga: Kontrol Ekonomi dan Membatasi Hak Istri

    Jurnalisme Empati  

    Disabilitas, Bencana Alam, dan Jurnalisme Empati  

    Adhal

    Adhal: Kekerasan Terhadap Perempuan yang Dilarang Al-Qur’an

    Unity in Diversity

    Unity in Diversity: Pengalaman Belajar Keberagaman di UIII

    Seks

    Hubungan Seks Suka Sama Suka, Zina atau Bukan?

    trafficking

    Al-Qur’an Melindungi Para Korban Trafficking

    Literasi Digital Inklusif

    Pentingnya Literasi Digital Inklusif: Cegah Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO)

    trafficking yang

    Kisah Mu’adzah: Pengingat Bahaya Trafficking

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom

Childfree adalah Bentuk Kemerdekaan Bagi Perempuan

Childfree bukan trend, ataupun gerakan. Childfree adalah keputusan personal. Boleh ditiru boleh juga diabaikan. Semua kembali kepada individu. Dan memiliki keturunan bukan hanya satu-satunya tujuan pernikahan

Rofi Indar Parawansah Rofi Indar Parawansah
23 Agustus 2021
in Personal, Rekomendasi
0
Childfree

Childfree

744
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Beberapa hari terakhir banyak sekali yang “memperbincangkan” masalah Childfree. Yang kalau kita search di google arti childfree itu sendiri maka akan langsung muncul yang menurut wikipedia, bahwa Childfree adalah sebuah keputusan atau pilihan hidup untuk tidak memiliki anak, baik itu anak kandung, anak tiri, ataupun anak angkat. Penggunaan istilah Childfree untuk menyebut orang-orang yang memilih untuk tidak memiliki anak ini mulai muncul di akhir abad 20. Karena itu, banyak orang yang berasumsi bahwa Childfree artinya tidak ingin memiliki anak sama sekali.

Hal ini sebetulnya bukanlah hal baru, hanya saja semakin hangat karena kata childfree keluar dari seorang Gita Savitri, influencer yang cukup vokal menyuarakan hal-hal yang berkaitan dengan isu perempuan. Sebagai subjek kehidupan, perempuan berhak mengambil keputusan atas semua yang ada pada dirinya. Kita tahu bahwa hamil, melahirkan dan menyusi merupakan kodrat perempuan. Hal yang tidak bisa ditukar dengan kaum laki-laki, bersifat terberi.

Kodrat inilah yang dianggap sebagai kewajiban dan ciri keperempuanan. Maka, apabila seorang perempuan tidak memenuhi kodratnya ia akan dianggap sebuah produk gagal yang tidak berharga. Begitulah budaya patriarki menempatkan perempuan dalam kehidupan.

Sayangnya, perempuan zaman sekarang sudah beberapa langkah lebih maju. Kesadaran akan banyaknya peran yang bisa dimainkan oleh perempuan melahirkan sebuah keinginan untuk memegang kendali atas dirinya sendiri. Bahwa peran perempuan bukan hanya mengurus ruang domestik dan menjadi mesin pencetak keturunan, ada banyak ruang publik yang menanti dan harus kita isi.

Gita Savitri bukanlah satu-satunya perempuan yang memilih childfree. Bisa jadi ada banyak perempuan yang sebetulnya enggan untuk memiliki keturunan. Hanya saja tidak berani bersuara. Kita tidak bisa langsung menjustifikasi bahwa yang memilih childfree berarti menentang kodratnya sebagai perempuan, mempermainkan salah satu tujuan dari pernikahan hingga menuduh melawan kehendak Tuhan.

Menurutku pilihan Gita untuk childfree ini realistis. Pertama, Gita dan suami tinggal di luar negeri dengan segudang kesibukan yang mereka jalankan. Memiliki anak tentu hanya akan membuat semua yang mereka rencanakan berantakan. Toh, walaupun hanya berdua mereka selalu terlihat bahagia, dengan saling mendukung satu sama lain.

Memiliki anak perlu kesiapan dari keduanya, pengalaman biologis laki-laki tentu berbeda dengan perempuan. Jika laki-laki cukup sekali melakukan pembuahan, maka perempuan harus mengalami sembilan bulan masa kehamilan. Dilanjutkan dengan proses persalinan yang sangat menyakitkan. Lalu mengASIhi hingga usia 2 tahun idealnya.

Lho, katanya sudah lebih maju? ASI bisa difreez atau ganti formula, anak bisa di asuh oleh orang lain.

Betul, hanya saja tetap semuanya tidak bisa berjalan dengan semudah itu. Justru, karena mereka yang memutuskan untuk childfree lebih tahu bahwa ada beberapa hal yang membuatnya merasa tidak mampu dan tidak mau untuk melibatkan anak dalam kehidupan yang dijalaninya saat ini.

Alasan kedua, memiliki anak dengan situasi pandemi seperti sekarang bukan hal mudah. Ditambah belum ada kepastian kapan semuanya akan kembali normal.

Ketiga, setelah dewasa kita semua akan semakin sadar bahwa memiliki keturunan bukanlah hal yang mudah. Perlu kesiapan mental, finansial dan lingkungan yang mendukung. Membesarkan seorang anak bukan hanya dengan mencukupi semua kebutuhannya, tapi memastikan keberlangsungan hidupnya seumur hidup.

Ketiga opini di atas terdengar pesimistis dan egois. Dan itu memang benar.

Bagaimana bisa tidak merasa pesimis, ketika banyak anak terlantar dan menjadi korban kekerasan karena “hadir” tidak diinginkan oleh kedua orangtuanya. Atau, dia memang hadir atas dasar keinginan, hanya saja langsung dibentuk untuk memenuhi ambisi keduanya. Belum lagi jika anak dijadikan sebuah investasi, jaminan hari tua nanti. Banyak lho, diantara orang yang kontra dengan childfree ini karena khawatir tidak ada yang menjaminnya saat tua nanti.

Tidak ada salahnya menjadi egois, dengan melawan arus. Di saat pasangan lain berlomba-lomba melahirkan keturunan, Gita dan suami justru ingin fokus pada diri mereka dan cita-citanya. Bukankah kita sering sekali berkata bahwa letak kebahagian seseorang tidak bisa disamaratakan. Setiap pasangan punya goals nya masing-masing. Ada yang ingin memiliki keluarga yang bahagia, dengan jumlah anak yang lebih dari dua. Ada juga yang merasa cukup dengan hanya tinggal berdua bersama pasangan.

Childfree bukan trend, ataupun gerakan. Childfree adalah keputusan personal. Boleh ditiru boleh juga diabaikan. Semua kembali kepada individu. Dan memiliki keturunan bukan hanya satu-satunya tujuan pernikahan.

Ketika seorang perempuan berani mengatakan bahwa ia tidak ingin memiliki keturunan. Ia bukan sedang menistakan pemberian Tuhan. Melainkan menyuarakan keinginan atas pilihan yang ingin dia jalankan. Dan menurut saya, itu adalah salah satu bentuk kemerdekaan perempuan. Karena tidak semua perempuan berani speak up apa yang dia inginkan. Bisa jadi ada beberapa perempuan di luar sana yang dibungkam dan dipaksa untuk selalu bereproduksi dengan dihantui dalil yang mengatas namakan perintah agama dan patriarki. []

Tags: anakChildfreeGenderGita savitrikeadilankeluargaKesetaraanorang tuapatriarki
Rofi Indar Parawansah

Rofi Indar Parawansah

Perempuan belajar menulis

Terkait Posts

Ayat-ayat Perceraian
Keluarga

Laki-laki dalam Asbab Nuzul Ayat-ayat Perceraian

1 Desember 2025
Ayah dan Anak
Keluarga

Ibu, Ayah dan Anak pada Zaman yang Terus Berubah

29 November 2025
Kekerasan Terhadap Perempuan masih
Publik

Dari Keluarga hingga Negara: Kekerasan terhadap Perempuan Masih PR Bersama

27 November 2025
Film Pangku
Film

Film Pangku: Tak Sebandingnya Hak Perempuan dengan Beban yang Ditanggung

26 November 2025
Juru Bicara Disabilitas
Publik

Pentingnya Juru Bicara Disabilitas Berperspektif Gender

25 November 2025
Sunat Perempuan
Aktual

Membumikan Ijtihad: Langkah KUPI Menghapus Sunat Perempuan dari Ruang Keluarga hingga Negara

20 November 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Adhal

    Adhal: Kekerasan Terhadap Perempuan yang Dilarang Al-Qur’an

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Unity in Diversity: Pengalaman Belajar Keberagaman di UIII

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Gerakan 16 HAKTP: Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Menguatkan Transisi Energi Berkeadilan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Hubungan Seks Suka Sama Suka, Zina atau Bukan?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Laki-laki dalam Asbab Nuzul Ayat-ayat Perceraian
  • Adhal dalam Rumah Tangga: Kontrol Ekonomi dan Membatasi Hak Istri
  • Disabilitas, Bencana Alam, dan Jurnalisme Empati  
  • Adhal: Kekerasan Terhadap Perempuan yang Dilarang Al-Qur’an
  • Gerakan 16 HAKTP: Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Menguatkan Transisi Energi Berkeadilan

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID