Mubadalah.id – Bukan satu dua orang saja yang pernah mendengar pernyataan bahwa perempuan adalah makhluk yang kurang akal dan kurang agama. Tidak tanggung-tanggung, pernyataan itu bahkan didasari dengan hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, seakan sudah menjadi final bahwa perempuan ditakdirkan untuk menjadi manusia yang kurang akal dan kurang agama. Namun, benarkah demikian?
Penulis buku “Perempuan (Bukan) Sumber Fitnah”, Kyai Faqihuddin Abdul Kodir membahas perihal musykil hadits perempuan kurang akal dan kurang agama pada sesi tadarus Minggu pagi secara virtual melalui zoom dan siaran langsung di kanal Youtube miliknya.
Di awal sesi, Kyai Faqih menyinggung sedikit tentang ummu-l-mukminin Khadijah. Sosok perempuan yang pertama mengenal Islam secara langsung dari Rasulullah bahkan merelakan hartanya digunakan untuk membesarkan agama Islam, apakah stigma kurang akal dan kurang agama akan dilekatkan kepada beliau? Jelas tidak, bahkan menurutku Khadijah dengan sangat jelas merepresentasikan sosok perempuan dengan akal dan agama yang penuh.
Kyai Faqih menjelaskan matan hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, yang dianggap sebagai landasan stigma perempuan kurang akal dan kurang agama. Matan hadits yang berbunyi “Maa ra-aytu min naaqishaati ‘aqlin wa diinin adzhaba lilubbi-r-rojuli-l-haazimi min ihdakunna yaa ma’syara-n-nisaak…” yang artinya “Aku tidak melihat sebagian perempuan yang (dianggap) kurang akal dan kurang agama, (namun) mampu menghilangkan keteguhan (akal) laki-laki yang kokoh…”. Mengutip dari pendapat Abu Syuqqoh yang mengatakan bahwa narasi hadits ini tidak membicarakan norma, melainkan sebuah bentuk komunikasi mujamalah.
Kyai Faqih lantas membuat pola mujamalah ini menjadi lebih jelas dengan ungkapan “Jika dengan kurang akal dan kurang agama saja, perempuan dapat mengalahkan akal laki-laki yang kokoh, bagaimana jika perempuan dengan akal dan agama yang utuh?” Ungkapan ini seakan menjadi sinyal yang jelas bahwa hadits ini tidak memberikan stigma buruk pada perempuan sebagai makhluk kurang akal dan kurang agama, melainkan sebagai sebuah bentuk pujian dalam bentuk kalimat mujamalah.
Nyai Luluk Farida, moderator tadarus Minggu pagi juga menambahi bahwa pada matan hadits, tersebut, kalimat ”Maa ra-aytu…” yang merupakan bentuk dari sebuah kata kerja lampau (fi’il madhi), sangat mungkin jika hadits ini merujuk pada keadaan perempuan di masa lampau. Akses pendidikan yang sangat terbatas di masa lampau jelas menjadikan perempuan kurang akal dan kurang agama saat itu. Namun hal itu tidak relevan dengan kenyataan hari ini, ketika perempuan mendapatkan kesetaraan pendidikan dengan laki-laki, hasilnya tidak sedikit perempuan yang menjadi lebih pintar dari laki-laki.
Pendapat Nyai Luluk selaras dengan hasil penelitian James Flynn, seorang profesor yang ahli dalam pengujian IQ dari Selandia Baru. Flynn mengatakan bahwa dalam 100 tahun terakhir, IQ perempuan meningkat lebih cepat dari laki-laki. Menurutnya hal ini adalah hasil dari modernitas, dimana perempuan mendapatkan kesetaraan pendidikan dengan laki-laki.
Setali tiga uang dengan keduanya, Kyai Faqih menambahkan dengan menjelaskan bahwa naqisoti ‘aqlin tidak berarti kurang akal, melainkan kurang berfikir. Dan kurang berfikir bukan karena tidak mampu berfikir, tetapi kurangnya pembiasaan, latihan dan pendidikan, yang di masa lampau memang belum banyak didapatkan oleh perempuan.
Islam menyapa baik laki-laki maupun perempuan sebagai manusia utuh yang mendapatkan mandat sebagai khalifah di muka bumi. Maka, kelelakian tidak menambah kemuliaan dan keperempuanan tidak mengurangi keutamaan, begitu juga sebaliknya. Akal laki-laki maupun perempuan tidak berkembang karena jenis kelamin, melainkan melalui pembiasaan, latihan dan pendidikan.
Tanpanya, bukan hanya perempuan yang berpotensi menjadi kurang akal dan kurang agama, karena hal serupa juga potensial terjadi pada laki-laki. Untuk itu, hadits-hadits yang berkenaan dengan akal dan perempuan harus dimaknai secara simbolik agar tidak bertentangan dengan fakta kehidupan, ilmu pengetahuan dan prinsip-prinsip Islam.
Di penghujung tadarus, Kyai Faqih berpesan agar tidak menggunakan hadits ini untuk mendiskriminasi perempuan dengan stigma kurang akal dan kurang agama, karena hal ini tidaklah syar’i dan Islami, bahkan mencederai visi besar Islam yakni rahmatan lil ‘alamin (menjadi rahmat bagi semesta) dan visi Rasulullah Muhammad Saw yakni akhlak karimah.
Menjadi tidak salah jika perempuan menolak stigma kurang akal dan kurang agama yang disematkan kepada mereka, karena sejatinya jenis kelamin yang sifatnya given bukanlah tolok ukur kemuliaan dan kenistaan seseorang. Melainkan keimanan, akhlak mulia, dan amal salih lah yang menjadi tolok ukur kemuliaan manusia. []