Mubadalah.id – Saya bersyukur, siang tadi mendapatkan banyak wawasan yang menggembirakan di forum “Etalase Pemikiran Perempuan”. Saya kebagian di Panel 1 dengan tema ‘Perempuan, Budaya dan Pendidikan Alternatif’, membagi cerita tentang pendidikan keagamaan alternatif, yaitu model pendidikan interreligius yang dikembangkan oleh perkumpulan Pappirus.
Ada pertanyaan menarik dan mengejutkan karena saya pribadi belum merefleksikan hal ini. Saya berterimakasih bahwa forum ini membuat saya berfikir lebih luas. Pertanyaannya kurang lebih begini ; bagaimana pendidikan keagamaan yang menekankan adanya titik temu dalam perbedaan ini, berbicara tentang pilihan estetika?
Dalam kehidupan sehari-hari menyangkut perbedaan budaya dan agama, di dalamnya tentu ada perbedaan persepsi, kepekaan dan pilihan atas estetika. Ini adalah hal yang tampaknya bukan hanya saya yang kurang memperhatikan, tapi kemungkinan banyak orang sering mengabaikan.
Katakanlah saya ambil contoh dari tradisi agama saya soal suara azan, yang bagi orang dari tradisi lain mungkin terdengar seperti ‘nyanyian’, yang bagi masyarakat muslim biasa saja atau mudah diterima apa pun vokal dan nada yang digunakan, namun hal itu tidak mudah dinikmati (atau bahkan mungkin karena bernada sumbang dan frekuensi sangat keras sehingga ‘mengganggu’) bagi telinga orang yang tidak berkepentingan dengan tradisi agama ini. Ke -indah-an/ tidak indah suara di udara terbuka milik umum ini perlu disadari sebagai hal yang penting untuk didialogkan.
Di lain kesempatan beberapa tahun lalu saya mengantar anak-anak kampung mengunjungi Candi Borobudur di pagi berangkat lepas subuh. Karena saya berpakaian brukut; baju panjang plus kerudung, saya merasa sudah cukup sopan untuk memasuki area tempat suci itu.
Ternyata saya masih dicegat petugas, “Mba, untuk yang dewasa harus pakai kain ini”. Oh ternyata baju saya yang panjang belum cukup. Saya pun mengambil kain yang disediakan dan membebatkan kian seperti pakai jarik sambil mikir perbedaan persepsi tentang pakaian yang sopan ini. Dalam konteks interreligius, estetika tidak bisa bebas nilai karena keberadaanya terkait dengan segi-segi kehidupan manusia lain.
Menurut saya rasa keindahan itu ada sisi-sisi yang bersifat bentukan lingkungan budaya, geografis dan ragam sarana yang digunakan yang membentuk kebiasaan sehingga menghasilkan perbedaan, tetapi ada sisi-sisi yang universal berupa ketersentuhan hati-nurani-intelektual oleh suasana yang menciptakan gairah karena hadirnya makna dalam suatu konteks hidup personal atau kelompok.
Di sinilah saya menjawab pertanyaan dengan menghadirkan pemikiran Mahatma Gandhi. Kebetulan tokoh pergerakan kemerdekaan India seorang spiritual yang mengambil inspirasi dari berbagai sumber ajaran agama.
Di antara pemikiran Gandhi yang dikenal luas adalah tentang tujuh dosa sosial (Kekayaan tanpa kerja, kesenangan tanpa hati nurani, pendidikan tanpa karakter, perdagangan tanpa moralitas, ilmu pengetahuan tanpa kemanusiaan, agama tanpa sikap mau berkorban dan politik tanpa prinsip).
Saya mengutip dosa sosial ‘kesenangan tanpa hati nurani’ dalam menjawab soal pilihan estetika ini. Bahwa dalam ruang hidup yang penuh perbedaan agama, budaya, cara hidup, …semua orang atau kelompok tidak dapat memaksakan pilihan estetikanya pada semua orang; bahwa persepsi, kepekaan dan pilihan estetika selalu perlu didialogkan dengan tolok ukurnya adalah kedamaian bagi semua pihak.
Bila ada pemaksaan nilai keindahan (termasuk nilai kebaikan dan kebenaran) pada semua orang, maka yang terjadi adalah kekerasan yang bertentangan dengan hati nurani . Estetika sebagai bagian dan hasil dari suatu persitiwa kemanusiaan, bila dimunculkan dengan tanpa hati nurani maka hal itu bagian dari dosa sosial karena memiliki dampak merusak hubungan-hubungan.
Namun bila pilihan estetika yang dihadirkan tanpa memaksa semua orang menikmati , tanpa kekerasan simbolik pada publik, maka kehadirannya mendamaikan, adalah sumber kebahagiaan yang meluhurkan martabat kemanusiaan dan mendorong lahirnya kreativitas yang lain. []