Mubadalah.id – “Perempuan Merdekalah”!, Begitulah kira-kira yang terlintas di benakku saat ini sekaligus menjadi refleksi di hari kemerdekaan Indonesia yang ke 77.
Indonesia telah merdeka dari para penjajah namun apakah kemerdekaan ini telah dirasakan oleh seluruh rakyat atau dalam lingkup lebih kecil lagi, apakah kemerdekaan telah dirasakan oleh para perempuan?
Mungkin euforia kemerdekaan dapat dirasakan oleh banyak orang dengan melihat upacara-upacara yang meriah di segala sudut. Tapi, bisakah secara spesifik lagi perempuan merasa merdeka atas dirinya sendiri?
Tidak terkungkung dan terkurung atas konstruksi masyarakat yang kerap menyudutkan perempuan. Konstruksi masyarakat yang bahkan bisa sampai mengintimidasi perempuan. Perempuan ya perempuan hanya berurusan dengan “kasur, dapur, dan sumur” tidak lebih dan tidak kurang.
Kondisi seperti ini tentu tidak selaras dengan Firman Allah dalam QS. Al-Hujurat [49]:13
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ
Artinya : Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha teliti.
Pesan yang begitu revolusioner yang ingin Islam sampaikan bagi segenap umat manusia. Menitik beratkan kepada keadilan bagi laki-laki dan perempuan. Laki-laki dan perempuan sama di mata Tuhan, namun yang membedakan di antara keduanya hanyalah takwa. Takwa kepada Tuhan yang telah menciptakannya.
Penciptaan Manusia Laki-laki dan Perempuan itu Sama
Penciptaan manusia baik laki-laki dan perempuan berasal dari proses yang sama. lalu apa yang bisa mau menyombongkannya ? Padahal dengan jelas Tuhan memerintahkan hambanya agar tidak jumawa dengan diri sendiri. Atau bahasa yang sering penulis gunakan ialah “Hanya Tuhan yang berhak sombong. Kalau masih menghirup udara yang sama kita masih hamba yang butuh tempat untuk bergantung”.
Begitulah kira-kira pesan singkat yang tertulis dari ayat tersebut.
Ayat lain pula yang turut menjelaskan terdapat dalam QS Al-Ahzab [33]: 35
اِنَّ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمٰتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ وَالْقٰنِتِيْنَ وَالْقٰنِتٰتِ وَالصّٰدِقِيْنَ وَالصّٰدِقٰتِ وَالصّٰبِرِيْنَ وَالصّٰبِرٰتِ وَالْخٰشِعِيْنَ وَالْخٰشِعٰتِ وَالْمُتَصَدِّقِيْنَ وَالْمُتَصَدِّقٰتِ وَالصَّاۤىِٕمِيْنَ وَالصّٰۤىِٕمٰتِ وَالْحٰفِظِيْنَ فُرُوْجَهُمْ وَالْحٰفِظٰتِ وَالذّٰكِرِيْنَ اللّٰهَ كَثِيْرًا وَّالذّٰكِرٰتِ اَعَدَّ اللّٰهُ لَهُمْ مَّغْفِرَةً وَّاَجْرًا عَظِيْمًا
Artinya : Sesungguhnya muslim dan muslimat, mukmin dan mukminat, laki-laki dan perempuan yang taat, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan penyabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kemaluannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, untuk mereka Allah telah menyiapkan ampunan dan pahala yang besar.
Terpampang jelas bagaimana keadilan yang Islam sampaikna kepada hamba-hambanya. Hamba-hamba yang senantiasa saling menghormati dan menghargai. Baik laki-laki ataupun perempuan. Meminjam istilah Fazlurrahman, ide moral dari al-Qur’an sampai kepada umatnya.
Sayangnya, kondisi saat ini belum terlihat dengan nyata praktik dan perilaku yang tertulis oleh kedua ayat di atas. Keinginan Islam untuk membawa pesan keadilan pupus, hilang, dan tak berbekas sama sekali. Hanya sekedar tahu tentang ayat tersebut namun pada praktiknya tetap saja perempuan masih saja termarginalkan.
Perempuan yang termarginalkan tentu masih jauh dari arti merdeka itu sendiri. Mungkin bagi sebagian perempuan yang telah mengenyam pendidikan bisa berbicara tentang keadilan dan dapat menerimanya di kalangannya sesama pelajar. Namun ketika sudah kembali ke rumah yang notabenenya masih terpenjara oleh konstruksi sosial yang patrialkhal, begitu berat untuk meneriakkan kemerdekaan perempuan.
Ini pula lah menjadi tugas kita bersama untuk dapat bersentuhan masyarakat jauh lebih dalam untuk memperkenalkan nilai-nilai keadilan yang semestinya dapat mempraktikkannya, bukan hanya sekedar tercantum dalam teks saja. Oleh karenanya, mari kita bersama-sama sadar untuk terus memperjuangkan pesan-pesan keadilan tersebut agar perempuan dapat merdeka. Perempuan merdekalah!. []