Seorang perempuan bercerita bahwa ia sudah mempelajari Islam sejak kecil. Sekarang dia sudah menikah, suaminya masih belajar membaca al-Qur’an. Masih mengeja huruf a, ba, ta, tsa. Lalu apakah suaminya yang harus mengimamkan dia shalat? Hanya karena suaminya laki-laki? Padahal ia sudah belajar agama sejak ia kecil, tidak kah itu berarti?
Apakah keilmuannya sama sekali tidak berarti dibanding penis seorang laki-laki?
Alkisah, hidup juga seorang Menteri Agama di sebuah negara. Menteri itu memiliki anak laki-laki dan perempuan. Anak laki-lakinya meminta untuk bersekolah ke luar negeri. Tentu saja Menteri ini menuruti. Sementara anak perempuannya memilih untuk mengikuti kursus-kursus lokal saja.
Biaya yang dikeluarkan oleh kedua anak itu tentu saja berbeda. Biaya pendidikan kepada anak perempuannya tidak ada setengah dari biaya pendidikan anak laki-lakinya. Ketika si Menteri Agama ini akan membagi waris, ia galau.
Menurutnya sangat tidak adil jika anak laki-lakinya mendapatkan warisan 1 sementara anak perempuannya hanya setengah. Kegalauan itu lalu ia tumpahkan kepada sesepuh yang ia percayai. Menteri menjelaskan kegalauannya. Sesepuh itu lalu memberi nasihat bahwa harta warisan itu bisa dibagi dengan niat shadaqah atau hadiah. Agar bisa dibagi rata.
Menteri kecewa, ia bertanya dalam hatinya, mengapa tidak kita katakan saja bahwa mayoritas hukum pembagian waris yang tersebar itu sudah tidak relevan?
Disudut Desa nan jauh. Di sekitar pegunungan selatan pulau Jawa, terdapat kisah lain. Sebuah keluarga hidup dari keringat Ibu. Sang Ayah meninggalkan keluarga itu saat kedua anak perempuan mereka masih sangat kecil-kecil, tanpa surat cerai.
Si Ibu akhirnya memilih menjadi pekerja migran di Arab Saudi. Jaraknya berkilo-kilo meter dari dua buah hatinya. Ia menitipkan anak-anaknya pada Ibunya. Orang yang dipanggil Nenek oleh kedua buah hatinya.
Tidak ada pilihan lain, bekerja di Desa sangat tidak mencukupi untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak yang ditinggal ayah itu. Si Ibu bekerja sebagai pekerja migran sampai anak-anak dewasa. Mereka akhirnya berkuliah karena keringat Ibunya.
Saat berkuliah itulah si anak sulung memiliki inisiatif untuk mencari ayahnya. Ia mendapatkan beberapa informasi dari teman-teman ayahnya. Ternyata ayahnya memiliki keluarga lagi. Anak pertama ayahnya bahkan tidak jauh berbeda umurnya dengan dia. Tentu ia kecewa. Ia berusaha melupakan dan begitu membenci ayahnya. Mengapa begitu tega?
Si sulung kemudian selesai dari kuliah. Ia juga sudah menemukan tambatan hati. Mereka akhirnya setuju untuk menikah. Namun ternyata, ia harus menjadikan ayahnya sebagai wali. Padahal ayahnya sudah begitu jahat kepada mereka. Tidak sama sekali memberikan nafkah, bahkan menghilang bertahun-tahun.
Ibunya yang selama ini menafkahinya, yang rela memendam rindu bertahun-tahun, tidak pulang ketika hari Raya. Ternyata tidak layak menjadi Wali. Hanya karena Ibu itu perempuan. Sekali lagi, hanya karena dia perempuan.
Pengalaman-pengalaman itu nyata dan ada. Bukan hanya terkait wali, waris dan imam saja. Hampir dalam semua aspek. Sayangnya, Ulama-ulama yang membicarakan hukum-hukum itu didominasi laki-laki.
Sayangnya, perempuan tidak diberikan panggung untuk bercerita tentang pengalamannya dalam narasi agama. Sayangnya, pembacaan-pembacaan baru untuk keadilan itu selalu dipukul telak oleh mereka yang memiliki otoritas.
Padahal tentu saja, Islam itu rahmatan lil alamin. Bukan hanya rahmat untuk laki-laki saja, tapi juga perempuan. []