Mubadalah.id – Moderasi beragama sebagai konsep penting dalam kelangsungan kehidupan beragama mendapat prioritas di tataran negara. Negara memasukkannya sebagai nilai-nilai yang perlu kita sebarluaskan dengan menempatkannya sebagai salah satu program prioritas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 Kementerian Agama Republik Indonesia.
Roadmap yang Tim Kelompok Kerja (Pokja) moderasi beragama susun menyebutkan bahwa tahun 2024 adalah tahun pencapaian. Yakni tercapainya indeks kerukunan beragama, tercapainya moderasi beragama sebagai perspektif utama serta pencapaiaan lainnya terkait kegamaan. Hal ini merupakan pencapaian setelah 4 tahun sebelumnya (2020-2023) fokus pada pembangunan, penyebarluasan, dan penguatan moderasi beragama ke semua lapisan.
Dari sini, pertanyaan muncul. “Lantas mau apalagi setelah tercapainya tujuan moderasi beragama di Tahun 2024?”. “Mau kita bawa ke mana moderasi beragama selanjutnya?”.
Dalam tataran argumentatif, alasan kuat selamanya dibutuhkan adalah adanya keniscayaan bahwa keragaman dalam beragama mustahil kita hilangkan. Perlu adanya kontrol konsep besar untuk mengantisipasi terjadinya pemahaman terlalu kanan maupun terlalu kiri dari adanya keberagaman tersebut. Hal ini secara sistematis telah terinci oleh Menteri Agama periode 2014-2019, Lukman Hakim Saifuddin dalam buku terbarunya “Moderasi Beragama: Tanggapan atas Masalah, Kesalahpahaman, Tuduhan dan Tantangan yang Dihadapinya”.
Argumen tersebut menjadi dasar yang akan melahirkan argumen lain yang bersifat menguatkan. Dalam tulisan ini, mari kita elaborasi dasar argumentatif yang sudah ada dalam upaya menjawab pertanyaan, “Mau kita ibawa ke mana moderasi beragama selanjutnya?” dalam tataran teoritis.
Teori Gerak Sejarah Spiral
Dalam teori gerak sejarah kita kenal adanya teori spiral sebagaimana yang dianut oleh Giovanni Battista Vico. Teori ini menyebutkan bahwa setiap peristiwa akan mengalami pengulangan yang mengarah pada kesempurnaan dalam tiap-tiap pengulangan tersebut. Hal ini menjadi satu dari jawaban mengapa moderasi beragama bagian dari program yang never ending process.
Peristiwa-peristiwa seperti perdebatan merayakan valentine, mengucapkan selamat natal dan perdebatan lain setipe dengan itu akan terus terjadi secara berulang. Setiap tahun, dapat kita pastikan isu-isu tersebut selalu muncul ke permukaan. Tentu dengan pembahasan yang lebih berkembang yang biasanya sesuai dengan momen yang melingkupi saat itu. Fenomena ini melahirkan produksi pengetahuan yang semakin kompleks dan dinamis sebagaimana penjelasan teori sejarah spiral.
Peristiwa lain yang lebih menantang adalah terkait liberalisme peradigma keagamaan yang liar atau terkait ekstrimisme. Seperti lahirnya sekte-sekte baru sempalan yang menyimpang. Lalu peristiwa kekerasan atas nama agama seperti aksi pengeboman. Keberadaannya peristiwa-peristiwa serupa itu tidak pernah negara harapkan, sehingga perlu adanya strategi pengendalian sehingga terbentuk paradigma keberagamaan yang moderat.
Teori Ice Berg
Jawaban kedua mengapa moderasi beragama akan selamanya ada, tidak terbatas waktu dan never ending proses adalah teori gunung es (ice berg). Dalam salah satu kegiatan orientasi pelopor yang saya ikuti baru-baru ini. Salah satu tutor menjelaskan bagaimana teori ice berg menjawab keresahan akan masa depan moderasi beragama.
Teori ice berg yang Tim Pokja kembangkan, menyebutkan 5 bagian yang perlu kita cermati dalam melihat sebuah fenomena. Khusunya fenomena keagamaan. Lima bagian tersebut secara hierarki adalah apa yang terjadi, pola dan tren, struktur penyebab, mental model dan sumber.
Setiap fenomena keagamaan merupakan sebuah peristiwa yang kita ibaratkan sebagai permukaan gunung es. Struktur gunung es terdiri dari permukaan, dan dasar yang mungkin akan menipis saat musim kemarau. Namun tidak akan pernah benar-benar lenyap keseluruhan. Permukaan gunung es akan muncul secara periodik yaitu musim dingin. Begitu juga dengan fenomena keagamaan yang muncul di tiap momen tertentu, tidak terus ada. Namun jika suatu saat muncul, pemahaman moderasi beragama yang sudah mapan dapat menjadi jawaban.
Dalam melihat fenomena keagamaan, selama ini kita hanya berhenti pada melihatnya sebagai sebuah peristiwa yang dalam struktur gunung es terletak masih dalam permukaan. Moderasi beragama merupakan kerja-kerja dalam upaya membongkar struktur dasar gunung es untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul di permukaan.
Maka benar jika konsep ini merupakan kerja panjang yang tidak pernah berakhir. Sebagaimana never ending isu-isu keberagamaan itulah, akan juga berlaku never ending moderasi beragama. []