• Login
  • Register
Minggu, 8 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Ketika Eksistensi Sekolah Islam Justru Mendorong Eksklusifitas dalam Beragama

Bayangkan saja, seorang pelajar sekolah Islam menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk tumbuh bersama kawan-kawan yang seragam

Rezha Rizqy Novitasary Rezha Rizqy Novitasary
15/07/2023
in Publik, Rekomendasi
0
Sekolah Islam

Sekolah Islam

883
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Sebelum mengajar di sekolah saat ini, saya pernah punya pengalaman mengajar di dua sekolah Islam. Kedua sekolah itu menganut aliran atau mahzab yang berbeda. Namun, keduanya memiliki kesamaan, mayoritas pengajar dan peserta didiknya berasal dari golongan yang sama.

Memang, terselip sedikit sekali golongan lain dalam sekolah tersebut. Golongan kecil itu tentu saja tidak eksis dan lebih memilih tidak menonjolkan dirinya. Bahkan ada yang memilih menutupi identitas aslinya. Contohnya saya sendiri. Kebetulan saat itu saya adalah golongan kecil di antara samudera golongan lain yang ada di sekolah tersebut.

Demikian juga siswa-siswanya, hampir semua siswa berasal golongan yang sama. Mungkin hanya ada satu atau dua orang siswa sekelas yang berbeda golongan. Mereka memilih menutupi identitasnya. Kadang saat anak-anak bercanda di kelas, mereka terkesan menertawakan golongan lain yang tak sesuai dengan paham yang mereka anut.

Misalnya mereka membicarakan cara beribadah, tokoh ulamanya, bahkan organisasi non politik yang dimiliki golongan lain sebagai bahan candaan. Tentu saja golongan yang saya anut tak lepas dari guyonan mereka di kelas.

Sekolah-sekolah Islam itu saya akui memang bagus. Hampir semua sekolah Islam yang besar dan favorit berhasil membekali anak didiknya dengan akhlakul karimah dan teladan yang baik. Saya benar-benar menjumpai siswa sekelas kompak tak ada yang mau mencontek atau berbuat kecurangan dalam bentuk apapun saat ujian. Bahkan meskipun pengawasnya meninggalkan ruangan.

Baca Juga:

Kontekstualisasi Ajaran Islam terhadap Hari Raya Waisak

Pesan Toleransi dari Perjalanan Suci Para Biksu Thudong di Cirebon

Temu Keberagaman 2025: Harmoni dalam Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan

Inti Keberagamaan dalam Islam

Membangun Kedekatan Guru dan Murid

Kedekatan yang terbangun antara guru dan muridnya tampak lebih terbangun daripada di sekolah umum. Hubungan antara wali murid dengan para guru juga terbilang lumayan bagus. Tentunya yang sangat perlu kita apresiasi adalah pembiasaan sallat berjamaah dan rangkaian ibadah lain.

Hal itu lebih mudah dilakukan di sekolah-sekolah Islam seperti itu. Sebab dari awal, kualitas muridnya juga sudah jelas. Jelas-jelas berasal dari golongan yang sama dan memiliki kadar ketakwaan yang hampir mirip. Berada di lingkungan yang hampir seragam dengan tujuan yang sama juga memudahkan mereka untuk memiliki kontrol diri yang baik. Bersama orang—orang yang punya semangat yang sama dalam menjalankan perintah agama jadi pemantik yang tak tergantikan.

Tentu lain halnya dengan sekolah-sekolah negeri atau sekolah umum. Ada banyak ragam karakter, latar belakang, dan pandangan hidup yang ada di dalamnya. Hal itu telah terpatri sejak sebelum murid-murid masuk ke sekolah tersebut. Kadar ketakwaannya juga tampak jelas perbedaannya. Sehingga tentu saja murid-murid di sekolah umum tampak tak seagamis murid-murid di sekolah-sekolah Islam.

Tidak Terbiasa dengan Keberagaman

Namun, ada satu hal penting yang terlewat dari sistem pendidikan sekolah Islam. Bayangkan saja, seorang pelajar sekolah Islam menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk tumbuh bersama kawan-kawan yang seragam. Selama waktu itu, mereka tumbuh dalam lingkungan yang diisi kawan yang berasal dari golongan yang sama, memiliki cara beribadah yang sama, paham yang sama, serta kadar ketakwaannya yang juga hampir sama.

Apalagi jika selama itu mereka tak sempat berbaur dengan anak-anak di luar sekolah, serta tak sempat belajar jika ada yang berbeda dengan sudut pandang dirinya dan kelompoknya. Mungkin orang tuanya atau guru-gurunya tak membuka ruang diskusi tentang hal itu. Mereka hanya tahu bahwa Islam yang terbaik adalah yang seperti golongannya, yang diajarkan oleh para ustad/ustadzahnya, yang sesuai bimbingan tokoh ulamanya.

Mereka tak terbiasa menerima ada pemeluk Islam lain yang berasal dari golongan yang berbeda dengan dirinya. Sudut pandangnya berbeda, cara ibadahnya pun juga akan sedikit berbeda. Mereka akan merasa tak terima. Menurut pandangan mereka Islam tak seperti itu. Mereka merasa terancam sebab ada yang berbeda cara berpikirnya. Ya, mereka jadi tak terbiasa dengan perbedaan.

Padahal perbedaan adalah sebuah keniscayaan. Jika sudah begini, gimana jadinya? Ya, tentu saja para alumni sekolah Islam itu hanya mau berkumpul dengan kawan yang sepemahaman dengan mereka. Mereka ingin tetap mempertahankan eksistensi sudut pandangnya dengan membatasi pergaulannya.

Waspada Fanatisme Beragama

Mereka tak ingin ada orang lain yang menyenggol sedikit saja prinsip yang tertanam begitu kuat di dalam dirinya. Mereka tak perlu repot-repot bertanya-tanya atau menjawab pertanyaan kawan dari golongan lain.

Ketika kuliah nanti beberapa anak akan memilih melanjutkan kuliah di kampus atau ma’had yang identik dengan golongannya. Ada pula yang memilih untuk kuliah di kampus umum. Namun, biasanya mereka akan memilih bergabung dengan organisasi yang menampung golongan yang berpandangan sama. Sehingga lagi-lagi mereka akan gagal mengenali perbedaan sudut pandang dari golongan lain.

Maka, dengan demikian pengagungan terhadap paham yang mereka anut akan kian besar. Bahkan pada titik yang sangat mengkhawatirkan, hal itu dapat berujung pada fanatisme beragama. Pada titik itulah, mereka pikir hanya golongan mereka lah yang paling benar. Semua sudut pandang yang datang selain dari golongan mereka adalah salah.

Bisa saja, para alumni sekolah Islam tersebut ketika mereka dewasa nanti akan jadi fanatik dalam beragama. Parahnya lagi jika mereka juga hobi menjelekkan golongan lain yang berseberangan adalah pandangan kelompoknya. Jika hal itu terus terjadi, efek domino yang muncul akan semakin parah. Akan semakin banyak orang yang merasa hanya dirinya dan golongannyalah satu-satunya yang paling benar. []

Tags: eksklusifitas beragamafanatikkeberagamansekolah islamtoleransi
Rezha Rizqy Novitasary

Rezha Rizqy Novitasary

Guru Biologi SMA, tertarik dengan isu perempuan dan kesetaraan gender. Rezha merupakan peserta Kepenulisan Puan Menulis Vol. 1.

Terkait Posts

Jam Masuk Sekolah

Jam Masuk Sekolah Lebih Pagi Bukan Kedisiplinan, Melainkan Bencana Pendidikan

7 Juni 2025
Iduladha

Iduladha: Lebih dari Sekadar Berbagi Daging Kurban

7 Juni 2025
Masyarakat Adat

Masyarakat Adat dan Ketahanan Ekologi

7 Juni 2025
Toleransi di Bali

Dari Sapi Hingga Toleransi : Sebuah Interaksi Warga Muslim Saat Iduladha di Bali

7 Juni 2025
Siti Hajar

Spirit Siti Hajar dalam Merawat Kehidupan: Membaca Perjuangan Perempuan Lewat Kacamata Dr. Nur Rofiah

7 Juni 2025
Relasi Kuasa

Fenomena Walid; Membaca Relasi Kuasa dalam Kasus Kekerasan Seksual

7 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Jam Masuk Sekolah

    Jam Masuk Sekolah Lebih Pagi Bukan Kedisiplinan, Melainkan Bencana Pendidikan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Masyarakat Adat dan Ketahanan Ekologi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fenomena Walid; Membaca Relasi Kuasa dalam Kasus Kekerasan Seksual

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Spirit Siti Hajar dalam Merawat Kehidupan: Membaca Perjuangan Perempuan Lewat Kacamata Dr. Nur Rofiah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • 7 Langkah yang Dapat Dilakukan Ketika Anda Menjadi Korban KDRT
  • Jam Masuk Sekolah Lebih Pagi Bukan Kedisiplinan, Melainkan Bencana Pendidikan
  • Iduladha: Lebih dari Sekadar Berbagi Daging Kurban
  • Masyarakat Adat dan Ketahanan Ekologi
  • 3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID