• Login
  • Register
Selasa, 20 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Tokoh

Putri Ong Tien dan Perkembangan Budaya di Cirebon

Ketertarikan masyarakat Cirebon akan barang-barang dari negeri Tiongkok, semakin menguat ketika tahu bahwa yang membawanya adalah Putri Tiongkok yang menikah dengan Sunan Gunung Jati

Moh. Rivaldi Abdul Moh. Rivaldi Abdul
18/09/2023
in Figur
0
Perkembangan Budaya

Perkembangan Budaya

1.8k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – “Ada pengaruh corak Tiongkok dalam perkembangan budaya di Cirebon.” Prasangka itu seketika muncul dalam pengalaman pertama saya ke Cirebon pada bulan Juli kemarin. Melihat kompleks makam Sunan Gunung Jati. Keraton Kasepuhan dengan berbagai koleksi benda sejarah di dalamnya. Motif Batik Mega Mendung. Dan, berbagai peninggalan budaya lainnya. Saya banyak menemukan unsur Tiongkok, baik yang nampak jelas maupun samar, yang memperindah wajah budaya Cirebon.

Saya jadi ingin mempertanyakan, mengapa budaya Tionghoa dapat mewarnai ekspresi kebudayaan orang Cirebon? Dan, dalam pertanyaan itu, pikiran saya langsung tertuju pada satu sosok perempuan. Sosok yang mungkin tidak begitu banyak orang mengenalnya. Namun, dalam hal ini, dia memiliki pengaruh yang amat berarti. Dia adalah Putri Ong Tien.

Sosok Penting dalam Perkembangan Budaya Cirebon

Kalau kita ziarah ke makam Sunan Gunung Jati yang berada di Desa Astana, Kec. Cirebon Utara, Kab. Cirebon, di sana kita akan melihat ada banyak mangkuk porselen yang menghiasi dinding bangunan. Selain itu, kita juga akan menemukan banyak mangkuk kuningan dan guci. Yang mana ke semuanya itu jelas memperlihatkan unsur seni budaya Tiongkok, yang mengisi ruang-ruang kompleks makam salah satu sosok Wali Songo ini.

Seakan berbagai benda yang kaya akan corak seni Tiongkok itu, menemani Putri Ong Tien yang dimakamkan di situ. Meski jauh dari tanah kelahiran, namun dirinya beristirahat di dekat benda-benda yang mengingatkan akan kampung halamannya.

Jadi, seakan para peziarah diajak untuk terus mengingat, bahwa di kompleks makam itu beristirahat seorang Putri Cina yang sangat berarti bagi Sunan Gunung Jati, dan juga berjasa dalam perkembangan keindahan budaya Cirebon.

Baca Juga:

Adil Memaknai Ingsun Titip Tajug lan Fakir Miskin

Muslim di Klenteng: Membaca Ekspresi Islam Tionghoa di Indonesia

Tradisi Ziarah dan Maraknya Makam Palsu

Eksistensi Perempuan dalam Jajaran Kabinet Merah Putih

Lokasi makam Putri Ong Tien sendiri berada di tingkat kesembilan. Jadi, di pusat makam yang berada satu lokasi dengan makam Sunan Gunung Jati. Tingkat kesembilan ini tidak bisa peziarah umum masuki. Para peziarah hanya bisa sampai di tingkat ketiga, atau depan gerbang pasujudan. Ya, saya yang hanya peziarah umum juga tidak melihat secara langsung makam Putri Ong Tien.

Lokasi makam Putri Ong Tien, dan berbagai corak seni yang terinspirasi dari kampung halamannya, saya rasa cukup menegaskan bahwa dirinya bukan sosok yang biasa saja. Dia adalah istri Sunan Gunung Jati, yang termasuk sosok penting dalam perkembangan budaya masyarakat Cirebon.

Kedatangan Putri Ong Tien ke Cirebon

Agus Sunyoto dalam Atlas Wali Songo menjelaskan, kalau Ong Tien merupakan putri seorang kaisar Cina dari Dinasti Ming yang bernama Hong Gie. Jadi, dia adalah seorang anak raja yang jauh-jauh datang ke Cirebon. Kedatangan Putri Ong Tien ke Cirebon itu sendiri tidak lepas dari perjalanan dakwah Sunan Gunung Jati di negeri Tiongkok. Rasanya kisah ini sudah sangat familiar. Dan, layaknya kisah Wali Songo pada umumnya ada cerita kekeramatan di dalamnya.

Konon, sewaktu di Tiongkok, Raja Ming ingin menguji Sunan Gunung Jati yang katanya amat sakti, sebab mampu menyembuhkan berbagai sakit. Raja meminta sunan untuk menebak isi perut putrinya yang kala itu nampak buncit karena ada buntelan kain.

Ya, sunan yang tidak tahu kalau Ong Tien memasang buntelan kain di perutnya, sebab perintah ayahnya, pun menjawab bahwa putri raja itu hamil. Mendengarnya raja tertawa, tidak percaya desas-desus kesaktian sunan, dan mengusirnya dari negeri Tiongkok. Anehnya, setelah Sunan Gunung Jati pergi ternyata Putri Ong Tien menjadi hamil beneran.

Raja Ming kemudian memerintahkan pasukannya untuk mencari Sunan Gunung Jati. Namun, ternyata sunan sudah kembali ke Cirebon. Oleh karena untuk mengobati perutnya, maka Putri Ong Tien pun pergi menyusul Sunan Gunung Jati.

Menurut cerita, kedatangan Putri Ong Tien ke Cirebon sebenarnya bukan sekadar untuk mengobati sakitnya. Lebih dari itu, dia juga ingin menikah dengan Sunan Gunung Jati. Sebab, sejak di Tiongkok, kedua orang ini telah saling jatuh hati.

Menikah dengan Sunan Gunung Jati

Ong Tien sendiri mendapat restu dari ayahnya untuk menikah dengan Sunan Gunung Jati. Sehingga, Raja Ming memerintahkan Panglima Lie Guan Cang, Nahkoda Lie Guan Hien, dan pengawal lainnya untuk mengawal perjalanan sang putri ke Cirebon.

Sesampai di Cirebon, Sunan Gunung Jati menerima Putri Ong Tien, dan keduanya pun menikah. Ong Tien menjadi istri Sunan Gunung Jati dengan gelarnya Nyi Mas Rarasumanding. Dan, Putri Ong Tien beserta para pengawalnya yang ke Cirebon juga masuk Islam.

Oleh karena Ong Tien adalah putri seorang Raja Ming, dan Sunan Gunung Jati juga termasuk penguasa Cirebon, maka ini bukan sekadar pernikahan biasa. Melalui Putri Ong Tien hubungan antara Tiongkok dan Cirebon menjadi makin kuat.

Pernikahan keduanya terjadi pada tahun 1481 M. Beberapa buku sejarah Wali Songo, seperti Atlas Wali Songo karya Agus Sunyoto, menjelaskan bahwa dari pernikahan keduanya lahir seorang putra, namun meninggal sewaktu bayi. Dan, tidak lama setelah kematian putranya, tepatnya pada 1485 M, Putri Ong Tien meninggal dunia.

Meski kehidupan Ong Tien di Cirebon terbilang singkat. Namun, kehadirannya membawa dampak yang sangat berarti dalam perkembangan budaya Cirebon. Ong Tien mengenalkan keindahan ornamen Tiongkok kepada masyarakat Cirebon.

Putri Ong Tien dan Perkembangan Budaya Cirebon

Mukhoyyaroh dalam disertasinya yang berjudul Akulturasi Budaya Tionghoa dan Cirebon di Kesultanan Cirebon, mengungkapkan bahwa setidaknya ada tiga gelombang kontak sosial-budaya etnis Tionghoa dan masyarakat Cirebon. Yaitu, melalui kedatangan Cheng Ho dan para pasukannya pada abad 15 M, kedatangan Putri Tiongkok (Ong Tien) beserta barang bawaannya pada akhir abad 15 M, dan masuknya orang-orang Tionghoa yang merupakan pelarian dari Batavia pada abad 18 M.

Dari ketiga gelombang itu, menurut Mukhoyyaroh, kedatangan Putri Ong Tien termasuk faktor utama yang menguatkan pengaruh corak Tiongkok dalam perkembangan budaya Cirebon. Bahkan, menurutnya, seandainya Sunan Gunung Jati tidak menikah dengan orang Tionghoa, dalam arti Ong Tien tidak datang ke Cirebon, boleh jadi tidak ada pengaruh Tiongkok dalam budaya Cirebon.

Artinya, tanpa kedatangan Putri Ong Tien bukan tidak mungkin tidak ada porselen yang menghiasi Astana dan Masjid Sunan Gunung Jati, tidak ada motif khas Batik Mega Mendung yang indah, dan berbagai keindahan budaya Cirebon lainnya (yang memiliki unsur akulturatif dengan Tiongkok).

Putri Ong Tien datang ke Cirebon dengan membawa berbagai barang bawaan dari negerinya. Kalau kita ke Museum Keraton Kasepuhan, di sana kita bisa melihat berbagai koleksi mangkuk, guci, dan benda bersejarah lainnya yang berasal dari Ming abad 15 M. Itu adalah sebagian barang milik Putri Ong Tien.

Motif Khas Tiongkok

Barang yang Putri Ong Tien bawa dari negerinya itu memiliki motif khas Tiongkok yang indah. Orang-orang Cirebon, dari Sunan Gunung Jati sampai pada rakyat, menyukai ornamen pada barang yang Ong Tien bawa. Sehingga, dalam perkembangannya, ornamen Tiongkok itu pun mengisi berbagai kebudayaan dalam masyarakat Cirebon.

Ketertarikan masyarakat Cirebon akan barang-barang dari negeri Tiongkok, semakin menguat ketika tahu bahwa yang membawanya adalah seorang Putri Tiongkok yang menikah dengan Sunan Gunung Jati (wali sekaligus penguasa mereka). Artinya, pernikahan pasangan ini telah menguatkan hubungan antara Tiongkok dan Cirebon, yang kemudian itu berpengaruh terhadap perkembangan budaya setempat.

Perihal ini, kita juga perlu memperhitungkan bahwa Ong Tien adalah sosok istri yang sangat berarti bagi penguasa Cirebon, Sunan Gunung Jati. Sehingga, menjadi tidak mengherankan ketika kemudian pembangunan Astana Gunung Jati, Masjid Astana Gunung Jati, termasuk Kereta Kencana Singa Barong, Guha Sunyaragi, dan lainnya hadir jiwa Ong Tien (baca: unsur budaya Tiongkok) di dalamnya.

Sampai di sini, kiranya tidak berlebihan untuk kita mengatakan bahwa, banyak keindahan budaya Cirebon yang bisa kita nikmati hingga saat ini, itu tidak lepas dari kehadiran Putri Ong Tien yang membawa pengaruh akulturatif budaya Tiongkok di Cirebon. []

Tags: Akulturasi BudayaBudaya CirebonBudaya TionghoaHer StoryPenulisan Sejarah PerempuanPerkembangan BudayaPutri Ong TienSunan Gunung Jati
Moh. Rivaldi Abdul

Moh. Rivaldi Abdul

S1 PAI IAIN Sultan Amai Gorontalo pada tahun 2019. S2 Prodi Interdisciplinary Islamic Studies Konsentrasi Islam Nusantara di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sekarang, menempuh pendidikan Doktoral (S3) Prodi Studi Islam Konsentrasi Sejarah Kebudayaan Islam di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Terkait Posts

Nyai Nur Channah

Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

19 Mei 2025
Nyai A’izzah Amin Sholeh

Nyai A’izzah Amin Sholeh dan Tafsir Perempuan dalam Gerakan Sosial Islami

18 Mei 2025
Nyai Ratu Junti

Nyai Ratu Junti, Sufi Perempuan dari Indramayu

17 Mei 2025
Nyi HIndun

Mengenal Nyi Hindun, Potret Ketangguhan Perempuan Pesantren di Cirebon

16 Mei 2025
Ibu Nyai Hj. Djamilah Hamid Baidlowi

Ibu Nyai Hj. Djamilah Hamid Baidlowi: Singa Podium dari Bojonegoro

9 Mei 2025
Rasuna Said

Meneladani Rasuna Said di Tengah Krisis Makna Pendidikan

5 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kekerasan Seksual Sedarah

    Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia
  • Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama
  • KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version