Kamis, 4 September 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Ulama Perempuan KUPI

    Doa, Seruan Moral, dan Harapan Ulama Perempuan KUPI untuk Indonesia

    Ulama Perempuan KUPI yang

    Nyai Badriyah Fayumi: Maklumat Ulama Perempuan KUPI untuk Menyelamatkan Indonesia

    Ekoteologi

    Forum Rektor Bersama Gusdurian Dorong Ekoteologi Kampus

    Tuntutan 17+8

    Kamala Chandrakirana: Demokrasi Indonesia Hadapi “Krisis dalam Krisis”

    Keselamatan Bangsa

    Jaringan KUPI Akan Gelar Doa Bersama dan Maklumat Ulama Perempuan Indonesia

    Deligitimasi Otoritas

    Agama, Rakyat, dan Proses Delegitimasi Otoritas

    Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: Gus Dur Selalu Letakkan Kemanusiaan di Atas Politik

    Mahfud MD

    Mahfud MD Ungkap Masalah Utama Bangsa, Beberkan Cara Gus Dur Tangani Krisis dan Demo

    Bersaudara dengan Alam

    GUSDURian Ajak Manusia Kembali Bersaudara dengan Alam

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Demo

    Apakah Demo Itu Selalu Anarkis?

    Kepercayaan Rakyat

    Mengembalikan Kepercayaan Rakyat: Pelajaran dari Kesederhanaan Umar bin Khattab

    Mereset Hidup

    Usaha Mereset Hidup menurut Fahruddin Faiz

    Tuntutan 17+8

    Mari Kita Baca Bersama Tuntutan 17+8

    Demo dan Kemerdekaan

    Demo dan Kemerdekaan: Luka di Balik 80 Tahun Kemerdekaan

    Affan Kurniawan

    Affan Kurniawan dan Ketidakadilan yang Kasat Mata

    Gusdurian

    Gusdurian di Mata Seorang Warga Muhammadiyah

    Tragedi Ojek Online

    Sudah Ditindas, Masih Dilindas Pula: Tragedi Ojek Online sebagai Cerminan Kegagalan Negara dalam Mewujudkan Keadilan Sosial

    The Power Of Emak-emak

    The Power of Emak-emak Demokrasi: Hidup Perempuan yang Melawan!

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Indonesia Rumah Bersama

    Gus Dur Mengajarkan Indonesia Rumah Bersama

    Teori Peradaban Ibnu Khaldun

    Membaca Indonesia melalui Lensa al-‘Umrān: Teori Peradaban Ibnu Khaldun dan Relevansinya Hari Ini

    Janin dari

    Tahapan Pertumbuhan Janin: Dari Mudghah hingga Khalqan Akhar

    Pertumbuhan

    Memahami Proses Pertumbuhan Janin dalam Al-Qur’an

    Perubahan Ibu hamil

    4 Perubahan Fisik dan Psikis yang Dialami Ibu Hamil

    Maulid Nabi

    Maulid Nabi dan Solidaritas Perempuan Lintas Dimensi

    Kekurangan Gizi

    6 Risiko Kekurangan Gizi Pada Masa Kehamilan

    Gizi bayi

    Ketika Kekurangan Gizi pada Ibu Hamil dapat Mengancam Kehidupan Ibu dan Bayi

    gizi

    Empat Sehat Lima Sempurna: Kunci Asupan Gizi Ibu Hamil

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Ulama Perempuan KUPI

    Doa, Seruan Moral, dan Harapan Ulama Perempuan KUPI untuk Indonesia

    Ulama Perempuan KUPI yang

    Nyai Badriyah Fayumi: Maklumat Ulama Perempuan KUPI untuk Menyelamatkan Indonesia

    Ekoteologi

    Forum Rektor Bersama Gusdurian Dorong Ekoteologi Kampus

    Tuntutan 17+8

    Kamala Chandrakirana: Demokrasi Indonesia Hadapi “Krisis dalam Krisis”

    Keselamatan Bangsa

    Jaringan KUPI Akan Gelar Doa Bersama dan Maklumat Ulama Perempuan Indonesia

    Deligitimasi Otoritas

    Agama, Rakyat, dan Proses Delegitimasi Otoritas

    Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: Gus Dur Selalu Letakkan Kemanusiaan di Atas Politik

    Mahfud MD

    Mahfud MD Ungkap Masalah Utama Bangsa, Beberkan Cara Gus Dur Tangani Krisis dan Demo

    Bersaudara dengan Alam

    GUSDURian Ajak Manusia Kembali Bersaudara dengan Alam

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Demo

    Apakah Demo Itu Selalu Anarkis?

    Kepercayaan Rakyat

    Mengembalikan Kepercayaan Rakyat: Pelajaran dari Kesederhanaan Umar bin Khattab

    Mereset Hidup

    Usaha Mereset Hidup menurut Fahruddin Faiz

    Tuntutan 17+8

    Mari Kita Baca Bersama Tuntutan 17+8

    Demo dan Kemerdekaan

    Demo dan Kemerdekaan: Luka di Balik 80 Tahun Kemerdekaan

    Affan Kurniawan

    Affan Kurniawan dan Ketidakadilan yang Kasat Mata

    Gusdurian

    Gusdurian di Mata Seorang Warga Muhammadiyah

    Tragedi Ojek Online

    Sudah Ditindas, Masih Dilindas Pula: Tragedi Ojek Online sebagai Cerminan Kegagalan Negara dalam Mewujudkan Keadilan Sosial

    The Power Of Emak-emak

    The Power of Emak-emak Demokrasi: Hidup Perempuan yang Melawan!

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Indonesia Rumah Bersama

    Gus Dur Mengajarkan Indonesia Rumah Bersama

    Teori Peradaban Ibnu Khaldun

    Membaca Indonesia melalui Lensa al-‘Umrān: Teori Peradaban Ibnu Khaldun dan Relevansinya Hari Ini

    Janin dari

    Tahapan Pertumbuhan Janin: Dari Mudghah hingga Khalqan Akhar

    Pertumbuhan

    Memahami Proses Pertumbuhan Janin dalam Al-Qur’an

    Perubahan Ibu hamil

    4 Perubahan Fisik dan Psikis yang Dialami Ibu Hamil

    Maulid Nabi

    Maulid Nabi dan Solidaritas Perempuan Lintas Dimensi

    Kekurangan Gizi

    6 Risiko Kekurangan Gizi Pada Masa Kehamilan

    Gizi bayi

    Ketika Kekurangan Gizi pada Ibu Hamil dapat Mengancam Kehidupan Ibu dan Bayi

    gizi

    Empat Sehat Lima Sempurna: Kunci Asupan Gizi Ibu Hamil

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Featured

Membincang Misi Sosial Profetik Nabi Muhammad SAW

Misi sosial profetik Nabi Muhammad SAW menjadi strategi dakwah yang seharusnya menjadi pegangan bagi para da’i dan setiap umat Islam pada umumnya dalam kehidupan masyarakat

Muhammad Nasruddin Muhammad Nasruddin
24 Agustus 2024
in Featured, Hikmah
0
Misi Sosial Profetik

Misi Sosial Profetik

905
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Di bulan Maulid Nabi ini, penting bagi kita untuk mengenang serta mengenal sepak terjang perjuangan Nabi Muhammad SAW. Mungkin setiap komunitas Muslim memiliki cara masing-masing untuk memperingati Maulid Nabi. Namun yang tidak boleh kita lupakan adalah esensi dari Maulid Nabi itu sendiri. Yakni meneladani kisah-kisah mulia dari perjuangan Nabi Muhammad SAW, termasuk misi sosial profetik Beliau.

Allah mengutus Nabi Muhammad SAW bukan sekadar menyampaikan risalah Islam. Nabi Muhammad SAW juga mengemban misi yang mulia. Sebuah tanggung jawab sosial yang kemudian saya menyebutnya sebagai misi sosial profetik.

Masyhur dalam berbagai sirah Nabawi bahwa akhlak mulia Nabi Muhammad SAW tidak hanya Beliau tunjukkan kepada Umat Islam saja, Bahkan kepada kelompok nonmuslim, sekalipun musuhnya, Nabi Muhammad saw masih menyimpan sifat mulia kepadanya. Apalagi jika mereka berada dalam posisi yang tertindas. Hal tersebut menunjukkan betapa Nabi Muhammad SAW menjunjung tinggi rasa kemanusiaan sebagai bagian dari misi sosial profetiknya.

Sekilas Tentang Ilmu Sosial Profetik

Istilah profetik mulai popular setelah diperkenalkan oleh Kuntowijoyo. Sosok sastrawan dan sejarawan ini mencetuskan gagasan Ilmu Sosial Profetik (ISP) sebagai sebuah paradigma dalam disiplin ilmu sosial. Menurut Kuntowijoyo, substansi dari universalitas ajaran agama bisa menjadi ilmiah sekaligus menjadi pisau analisis dan paradigma keilmuan jika dimulai dengan objektivikasi bersama ilmu-ilmu modern lainnya.

Gagasan tersebut muncul sebagai respons adanya perdebatan antara kelompok Islam konservatif dan Islam transformatif terhadap pemaknaan wahyu. Kuntowijoyo menilai bahwa Islam tidak hanya sekadar menjadi dogma, namun juga sebagai sistem dan gerakan sosial budaya untuk mewujudkan tranformasi masyarakat yang lebih baik dan berkeadaban.

Terminologi profetik ini sendiri berasal dari kata “prophetic” yang bermakna kenabian. Berdasarkan analisis dari Kuntowijoyo, misi kenabian tidak hanya untuk menyebarkan Islam. Namun bagaimana Islam itu sendiri menjadi pendorong terwujudnya perubahan sosial.  Ciri utama kenabian menurut Kuntowijoyo adalah adanya efek sosial terhadap masyarakat dan kebudayaan yang berkembang di dalamnya. Dan itu semua didukung oleh teks-teks keagamaan.

Gagasan Kuntowijoyo ini muncul setelah pembacaannya terhadap Q.S Ali ‘Imron ayat 110.

كُنْتُمْ خَيْرَ اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ ۗ ( آل عمران: ١١٠ )

“Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah….” (Q.S. Ali-‘Imron:110).

Berangkat dari ayat ini kemudian muncul tiga pilar dari Ilmu Sosial profetik yaitu humanisasi (amar ma’ruf), liberasi (nahi munkar), dan transendensi (tu’minuuna billah). Sebagai sebuah paradigma, ISP kemudian terintegrasi-interkoneksikan dengan ilmu sosial lainnya. Ketiga pilar dalam ISP ini pun juga menjadi dasar dari misi sosial profetik Nabi Muhammad SAW.

Tiga Pilar ISP: Sebuah Misi Sosial Profetik Nabi Muhammad saw

Pilar pertama yakni humanisasi, sebuah upaya untuk memanusiakan manusia. Dalam kehidupan sehari-hari humanisasi (amar ma’ruf) dapat bermakna menghilangkan sifat kebendaan, ketergantungan, kekerasan, serta kebencian dari manusia. Hal ini karena dalam masyarakat industrialis kerap kali manusia hanya dipandang sebagai suatu hal yang abstrak dan jauh dari nilai kemanusiaan.

Kedua, liberasi (nahi Munkar). Pilar ini dapat berarti sebuah upaya yang berorientasi pada pembebasan. Serta upaya memerdekakan manusia dari struktur sosial yang kurang menguntungkan pihak rentan. Dalam hal ini posisi kelompok rentan (mustadl’af) dalam struktur sosial masyarakat perlu kita perhatikan.

Ketiga, transendensi. Humanisasi dan liberasi hendaknya selalu berlandaskan pada dasar-dasar ketuhanan (teologis). Pemahaman seperti inilah yang kemudian menjadi pembeda antara paradigma ISP dengan paradigma humanisme atau liberalisme dari Barat. Spirit menuju transendensi bertujuan untuk mensucikan tata laku manusia yang kemudian termanifestasikan melalui humanisasi dan liberasi

Melihat Tafsir Ali ‘Imran ayat 110

“Mengapa pilar ISP yang pertama adalah humanisasi? Bukan transendensi yang notebene-nya adalah menyeru keimanan kepada Tuhan?”

Kira-kira begitu pertanyaaan yang muncul saat sidang skripsi kemarin. Saya sebelumnya agak bingung dengan pertanyaan ini. Karena dari beberapa referensi yang saya baca terkait ISP, saya belum menemukan penjelasan demikian. Kuntowijoyo hanya memaknai Q.S Ali-Imron ayat 110 dengan kaca mata makna sosial.

Itu saja dipengaruhi oleh gagasan Muhammad Iqbal dan Roger Geraudi, seorang filsuf barat. Mereka melihat bahwa perjumpaan dengan Tuhan adalah awal pencerahan untuk menyelesaikan permasalahan sosial.

Namun ketika penguji saya menyuruh untuk mencari tafsir dari Q.S Ali-Imron ayat 110, pemahaman saya mulai tercerahkan. Humanisasi atau amar ma’ruf merupakan kunci utama bagi umat Islam. Mengutip dari Tafsir Al-Munir karya Wabah Az-Zuhaili, Beliau menyebutkan bahwa amar ma’ruf dan nahi munkar disebut lebih awal dalam ayat tersebut.

Hal demikian karena dua perintah itu adalah cerminan keutamaan bagi umat Islam. Amar ma’ruf nahi munkar yang kemudian berlandas pada keimanan akan menjadikan umat islam sebagai umat terbaik (khoiru ummah).

Senada dengan hal tersebut, Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbahnya menyebut bahwa umat Islam akan memperoleh predikat khoiru ummah jika mereka senantiasa melakukan sesuatu yang membawa kebermanfaatan bagi banyak orang. Dengan demikian pilar humanisasi, liberasi, dan transendensi adalah sebuah urutan yang tidak boleh diacak dalam konteks sosial masyarakat.

Maksudnya begini, sebagai seorang pendakwah khususnya ketika melakukan misi dakwah di lingkungan baru hendaknya mendahulukan berbuat baik kepada masyarakat. Bukan malah teriak-teriak ini haram, bid’ah, takhayul, khurafat dan anggapan-anggapan lainnya.

Hal tersebut bukannya mendapat simpati masyarakat malah akan mengundang kebencian dan kemarahan mereka. Baru ketika masyarakat telah bersimpati, merasa mereka terbantu dengan kehadiran kita, nilai-nilai keimanan dan keislaman pun akan mudah mereka pahami dengan sendirinya.

Meneladani Misi Sosial Profetik Nabi Muhammad SAW

Hal tersebut juga Nabi Muhammad SAW lakukan ketika awal perkembangan Islam. Sejak kecil, Nabi Muhammad SAW telah masyarakat Quraisy kenal sebagai sosok yang terpuji dalam tindakan, halus dalam tuturan, dan mulia dalam akhlak. Beliau tidak serta merta mengharamkan khamr dan perbuatan buruk lainnya. Melainkan hal tersebut Beliau lakukan secara bertahap ketika masyarakat sedikit demi sedikit mulai mengenal Islam.

Selain itu, Beliau SAW termasuk sosok yang paling bersimpati kepada kelompok rentan seperti perempuan, hamba sahaya, dan para fuqara supaya mendapat hak-hak yang setara dalam struktur sosial masyarakat.

Dengan demikian, misi sosial profetik Nabi Muhammad SAW menjadi strategi dakwah yang seharusnya menjadi pegangan bagi para da’i dan setiap umat Islam pada umumnya dalam kehidupan masyarakat.

Merayakan maulid Nabi tidak hanya sekadar berbahagia dengan kehadiran Beliau, namun bagaimana kita dapat mengambil hikmah dan teladan sekaligus melanjutkan perjuangan Beliau. Karena Nabi SAW telah mencontohkan saatnya kita melanjutkan.

Allahumma Shalli ‘Ala Sayyidina Muhammad……

Tags: Ilmu Sosial ProfetikKuntowijoyoMaulid Nabimisi sosial profetikNabi Muhammad SAW
Muhammad Nasruddin

Muhammad Nasruddin

Alumni Akademi Mubadalah Muda '23. Dapat disapa melalui akun Instagram @muhnasruddin_

Terkait Posts

Nabi Muhammad Saw dalam Mendidik
Hikmah

Meneladani Nabi Muhammad Saw dalam Mendidik Anak Perempuan

19 Juli 2025
Hak-haknya Perempuan
Hikmah

Asma’ binti Yazid: Perempuan yang Mempertanyakan Hak-haknya di Hadapan Nabi

15 Juli 2025
Oligarki
Hikmah

Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi

4 Juli 2025
Hijrah Nabi Muhammad Saw
Publik

Asma’ binti Abu Bakar Ra : Perempuan Tangguh di Balik Kesuksesan Hijrah Nabi Muhammad SAW

27 Juni 2025
Negosiasi
Uncategorized

Saat Menyelesaikan Masalah dengan Sang Istri, Nabi Muhammad Saw Memilih Negosiasi

20 Juni 2025
Pahala Bagi yang Mengasuh Anak Perempuan
Hikmah

Nabi Saw Janjikan Pahala Bagi Orang Tua yang Mengasuh Anak Perempuan

27 Maret 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: Gus Dur Selalu Letakkan Kemanusiaan di Atas Politik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kamala Chandrakirana: Demokrasi Indonesia Hadapi “Krisis dalam Krisis”

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mari Kita Baca Bersama Tuntutan 17+8

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Forum Rektor Bersama Gusdurian Dorong Ekoteologi Kampus

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Makna Kemerdekaan di Mata Rakyat: Antara Euforia Agustus dan Realitas Pahit

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Apakah Demo Itu Selalu Anarkis?
  • Gus Dur Mengajarkan Indonesia Rumah Bersama
  • Doa, Seruan Moral, dan Harapan Ulama Perempuan KUPI untuk Indonesia
  • Mengembalikan Kepercayaan Rakyat: Pelajaran dari Kesederhanaan Umar bin Khattab
  • Nyai Badriyah Fayumi: Maklumat Ulama Perempuan KUPI untuk Menyelamatkan Indonesia

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID