Mubadalah.id – Sebagai pewaris nabi, tugas utama ulama perempuan bersama ulama laki-laki ialah melanjutkan misi-misi profetik, menyebarkan ilmu pengetahuan, dan membebaskan manusia dari sistem penghambaan kepada selain Allah Swt.
Termasuk melakukan amar makruf dan nahi mungkar, memanusiakan semua manusia, dan menyempurnakan akhlak mulia demi mewujudkan visi kerahmatan semesta (rahmatan Iil ‘alamin).
Pertanyaan kita hari ini ialah apakah hal paling utama yang harus dilakukan oleh ulama perempuan?. Terhadap pertanyaan ini, saya lebih dahulu ingin menyampaikan beberapa hal yang menjadi kegelisahan saya.
Sumber-sumber pengetahuan keagamaan kaum muslim secara mainstream sampai hari ini masih merupakan produk pemikiran/ijtihad kaum muslim abad pertengahan dalam nuansa Arabia. Termasuk sistem politik, sosial, ekonomi, dan budaya patriarkismenya.
Sebuah sistem sosial yang memberikan otoritas kepada laki-laki untuk mengatur kehidupan bersama.
Konservatisme dan pengulang-ulangan suatu pemikiran atau pemahaman keagamaan yang dilakukan dalam waktu yang panjang dan tanpa kritik.
Serta ditransfer melalui metode doktrinal, pada gilirannya akan melahirkan keyakinan bahwa produk pikiran yang diwariskan tersebut ialah kebenaran agama atau keyakinan itu sendiri beserta seluruh makna sakralitas dan universalitasnya.
Maka, yang terjadi ialah universalisasi atas norma partikular dan partikularisasi norma universal.
Keadaan ini sesungguhnya berpotensi menimbulkan problem serius dalam dinamika kebudayaan dan peradaban. Cara pandang konservatisme yang berlarut-larut ini berpotensi berkembang menjadi ekstrimisme.
Rasionalitas tidak berkembang progresif jika tidak boleh dikatakan mengalami stagnasi atau mandeg.
Aktivitas intelektual atau penggunaan akal tersebut bahkan sering kali mendapatkan stigma sebagai cara berpikir kaum liberal, sebuah istilah yang mengandung makna peyorasi.
Terlampau sering mereka kutip pernyataan bahwa “orang yang menggunakan akal adalah kesesatan yang akan mengantarkannya ke neraka”.
Tiga Tugas Ulama Perempuan
Dengan beberapa masalah krusial dan tantangan tersebut, pada akhirnya sangat berharap:
Pertama, para ulama perempuan dan laki-laki mengembangkan pemahaman atas sumber-sumber Islam atau teks-teks keagamaan itu melalui pendekatan yang lebih terbuka (inklusif), kritis, rasional, substantif, dan kontekstual.
Para ulama perempuan dan laki-laki bekerja keras (berijtihad) untuk menghasilkan sumber-sumber pengetahuan keislaman dan fatwa-fatwa yang berkeadilan dan nondiskriminatif.
Kedua, sudah saatnya para ulama perempuan dan ulama lakilaki bergerak melangkah melakukan rekonstruksi dari pendekatan model tafsir ke model takwil (hermeneutik), dari konservatisme ke progresivisme.
Bahkan dari seputar memaknai teks (fahm al-khitab) ke menemukan cita-cita teks (fahm al-murad min al-khitab/cita-cita hukum Tuhan). Atau dalam konteks hari ini populer kita sebut “maqashid asy-syariah”.
Cita-cita itu ialah tegaknya keadilan dan prinsip-prinsip kemanusiaan. Ini adalah tugas bersama ulama, intelektual, cendekia, dan para sarjana, baik laki-laki maupun perempuan.
Ketiga, ulama perempuan harus terlibat aktif dalam penyebaran nalar Islam wasathi. Yakni, sebuah cara pandang moderat, toleran, menghargai keragaman, dan anti kekerasan dalam segala bentuknya.
Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, bahkan bagian besar, ulama perempuan memiliki hak dan kewajiban untuk mewujudkan cita-cita berbangsa dan bernegara.
Hal ini sebagaimana dalam konstitusi Negara Republik Indonesia pada kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, dan negara. Serta terlibat aktif dalam perumusan kebijakan-kebijakan negara. []