Mubadalah.id – Menggunakan cadar bagi sebagian muslimah merupakan langkah yang lebih dalam dari berhijab. Bercadar juga menjadi konsekuensi logis dari proses belajar agama Islam yang semakin dalam mengenai hakikat perempuan.
Meskipun hukum menggunakan cadar sendiri masih menjadi perdebatan di kalangan umat muslim. Hal ini wajar karena di Indonesia sendiri fenomena berhijab juga baru mendapatkan perhatian semenjak era pasca reformasi.
Akan tetapi, masalah muncul ketika para muslimah bercadar ini mendapatkan berbagai stigma negatif di dalam masyarakat meskipun mereka berada di negara mayoritas muslim seperti Indonesia. Cadar juga seringkali erat dengan penggambaran opresi terhadap perempuan.
Eksklusivitas mereka juga terkadang membawa dampak penolakan dari masyarakat atas kehadiran mereka. Belum lagi, diskriminasi yang mereka dapatkan terjadi di lingkungan kerja, sekolah, bahkan di sektor pelayanan publik.
Mereka juga seringkali mendapatkan stigma negatif seperti dikaitkan dengan golongan Islam garis keras, dianggap sebagai istri teroris, atau yang paling parah adalah orang melabeli mereka sebagai teroris itu sendiri yang identik dengan bom bunuh diri.
Namun, dilansir dari sebuah penelitian berjudul “Cadar, Media, dan Identitas Perempuan Muslim”, para muslimah bercadar yang menjadi informan penelitian sama sekali tidak sesuai dengan stigma yang beredar di masyarakat.
Para muslimah bercadar yang menjadi objek penelitian mengaku jika mereka tidak pernah mengalami kecanggungan komunikasi dengan tetangganya. Akan tetapi memang kebanyakan waktu memang mereka yang terlebih dahulu memulai percakapan. Mereka juga mengaku tetap melaksanakan sosialisasi dan komunikasi dengan tetangganya atas dasar ukhuwah islamiyah.
Mereka juga ternyata terbuka untuk menerima tamu baik yang tidak bercadar, tidak berhijab, atau bahkan berbeda agama dalam rangka dakwah agama.
Stigma Terorisme hanya Konstruksi Media Massa
Adanya stigma negatif dalam masyarakat membuat muslimah bercadar kerapkali menemui hambatan dalam kehidupan sosialnya. Informan mengaku diskriminasi yang terjadi pada mereka adalah label terorisme dan pengikut aliran sesat. Bahkan pernah orang memanggil mereka dengan sebutan ninja.
Terkait stigma terorisme yang melekat pada muslimah bercadar, mereka juga menyangkal stigma negatif tersebut. Menurut mereka, stigma terorisme yang melekat pada mereka hanyalah konstruksi media massa.
Bahkan, mereka sendiri tidak setuju dengan adanya narasi bahwa terorisme merupakan jihad seorang muslim. Menurut mereka, muslim masih dapat melakukan jihad melalui banyak hal seperti bekerja dan belajar.
Konsep Diri yang Sebenarnya dari Muslimah Bercadar
Jika melihat lebih dalam penelitian tersebut, muslimah bercadar tidaklah sesuai dengan stigma-stigma negatif dalam masyarakat tadi. Mereka seakan eksklusif dan tertutup karena bedasar pada prinsip mengenai narasi sebaik-baiknya perempuan adalah perempuan yang berada di rumah.
Mereka juga meyakini jika menggunakan cadar bukan sekadar konsep perlindungan perempuan yang mereka seseuaikan dengan Al Quran dan hadits, melainkan juga bentuk dari ketaqwaan yang mereka implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Muslimah bercadar lebih memfokuskan kehidupan mereka untuk mencari bekal kehidupan akhirat. Dunia hanya mereka anggap sebagai fasilitas menuju kehidupan yang lebih kekal nantinya.
Atas dasar prinsip dan konsep diri ini pula, mereka menyatakan menggunakan media komunikasi untuk hal yang bermanfaat saja. Mereka juga membatasi pembicaraan melalui telepon dengan orang yang bukan muhrimnya atas dasar keyakikan jika suara juga merupakan aurat.
Mereka juga menilai televisi adalah media massa yang lebih banyak mudharatnya sehingga mereka hanya menonton acara berita dan menolak keras sinetron apalagi infotainment.
Terlepas dari cara kita menampilkan identitas kita sebagai muslimah, sudah sepatutnya kita saling menghormati pilihan muslimah lain. Para muslimah bercadar ini juga menjawab dengan bijak ketika ditanya terkait pendapat mereka terhadap muslimah yang belum memakai cadar atau bahkan belum berhijab,
Kita tidak memaksa orang, hidayah bukan kita yang kasih. Tetapi dari Allah. Kita hanya (membantu) dengan kasih sayang. Dalam salat kita selalu mendoakan orang agar mendapat hidayah, agar bisa di surga bersama-sama. []