Mubadalah.id – Di situlah sebetulnya muncul benih merasa lebih benar, yang di luar salah. Baru tahu segitu saya sudah merasa di jalan paling lurus menuju surga. Sedang yang lain nampak menyimpang jalannya. Mungkin ungkapan kekiniannya saat itu, saya ingin “menggandeng” orang lain.
Aduh, apa hak saya mengkhawatirkan mereka. Siapa pula diri ini. Sungguh pandangan yang polos ya, pemirsa. Maklum sedang semangat-semangatnya belajar. Puber agama level dasar.
Singkat cerita, kekhawatiran itu teralihkan dengan berbagai kesibukan santri. Tetapi komitmen pada diri sendiri sesuai tuntutan lingkungan menguat. Rambut ini aurat. Mau tersisir rapih atau awut-awutan itu urusan dalam yang tak boleh nampak karena tabu, malu, dan perintah Quran. Itu doktrinnya.
Kalau ada abang karyawan lewat depan asrama, santri yang buka kerudung pasti sembunyi. Saking nggak mau terlihatnya. Atau bila terlanjur terpergok, menjerit kaget manja, hahaa. Si abangnya ya ketawa saja. “Rapopo. Abang nggak gigit. Kalau abang lihat, apa rambut Eneng bakal meranggas? Woles” mungkin gitu kata hatinya.
Mengertilah Abang. Bila ajaran aurat sudah terpatri, biar hanya sedikit saja terbuka ya pelanggaran juga. Sekedar terlihat rambut mungkin tidak rugi. Tapi menanggung rasa salah berdosa itu berat di hati. Paham, ya Bang.
Lebih histeris lagi kalau yang lewat itu ustad atau santri putra. Nggak ikhlas banget kayaknya. Sensasi malunya berlipat ganda. “Awww baniin! Ehh, laysal banin, itu Abang-abang” (taunya bukan cowok. Cuma abang2). Deuhh, sebelah mata.
Jadi, ini yang saya sayangkan. Saat itu, guru dan kiai pesantren kami tidak cukup memberi perspektif mengapa kaum muslimat di luar, bahkan istri kiai kami sendiri pakai selendang ringan saja, bukan jilbaban. Juga tidak dijabarkan bahwa tafsir tentang jilbab dan aurat itu tidak tunggal, serta harus kontekstual.
Apalagi sampai memberikan opsi moderat, misalkan bahwa: prinsip jilbab itu bukan hal baku. Di indonesia saja itu baru. Jadi ini pilihan. Yang mau pakai silakan, yang tidak pakai silakan. Tidak ada. Bahkan sampai sekarang di pesantren mana pun tak ada yang moderat begini.
Padahal penyeragaman paham ini menjadi kekakuan yang terus terbawa hingga berpuluh tahun kemudian. Kearifan kain selendang pun akhirnya habis terkikis. Terlebih kemudian mulai era 90an kelompok Tarbiyah dengan kajian Liqo-nya marak di kampus-kampus dan rumah. Makin ke sini, makin menambah jamaah. Pandangan moderat ulama terdahulu tentang aurat akhirnya tergerus sudah.[]