Mubadalah.id – Anak merupakan salah satu anugerah dan amanah yang Allah SWT berikan kepada setiap orang tua. Ayah dan ibu. Keduanya mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anaknya. Termasuk salah satunya adalah pendidikan yang ramah terhadap anak.
Pola pendidikan ramah anak tersebut harus mengedepankan prinsip-prinsip tidak membedakan antara anak yang satu dan lainnya. Keduanya harus dipandang secara proporsional, sesuai dengan kondisi dan tingkat kebutuhannya masing-masing.
Berikut empat pola pendidikan ramah anak seperti dikutip di dalam buku Pengasuhan Anak dalam Keluarga Islam karya Drs. Fuaduddin TM, M.Ed.
Pertama, pendidikan melalui pembiasaan. Pengasuhan dan pendidikan di lingkungan keluarga lebih diarahkan kepada penanaman nilai-nilai moral keagamaan, pembentukan sikap dan perilaku yang diperlukan agar anak-anak mampu mengembangkan dirinya secara optimal.
Penanaman nilai-nilai moral agama ada baiknya diawali dengan pengenalan simbol-simbol agama, tata cara ibadah (salat), bacaan al-Qur’an, doa-doa dan seterusnya. Orang tua diharapkan membiasakan diri melaksanakan salat, membaca al-Qur’an, dan mengucapkan kalimah thayyibah.
Pada saat salat berjamaah anak-anak belajar, mengenal dan mengamati bagaimana salat yang baik, apa yang harus dibaca, kapan dibaca, bagaimana membacanya, bagaimana menjadi makmum, imam, muazin, iqamat, salam dan seterusnya.
Karena dilakukan setiap hari, anak-anak mengalami proses internalisasi, pembiasaan dan akhirnya menjadi bagian dari hidupnya.
Ketika shalat telah terbiasa dan menjadi bagian dari hidupnya, maka di mana pun mereka berada ibadah shalat tidak akan ia tinggalkan. Kalau tidak shalat mereka merasakan ada sesuatu yang hilang dan merasa bersalah. Bagi dia, orang yang meninggalkan shalat adalah orang yang tidak tahu berterima kasih kepada Tuhan Sang Pencipta.
Pendidikan dengan Keteladanan
Kedua, pendidikan dengan keteladanan. Anak-anak khususnya pada usia dini selalu meniru apa yang orang di sekitarnya lakukan. Termasuk apa yang orang tua lakukan akan anak tiru dan ikuti.
Maka metode keteladanan memerlukan sosok pribadi yang secara visual dapat dilihat, diamati, dan dirasakan sendiri oleh anak, sehingga mereka ingin menirunya.
Kalau orang tua akan mengajarkan cara makan yang baik, maka dapat melalui makan bersama, kemudian mengajarkan dengan membaca bismillahirrahminir-rahim sebelum makan, dan membaca alhamdulillah sesudah makan, dan seterusnya.
Penanaman nilai-nilai moral, kejujuran, tolong-menolong, disiplin dan kerja keras, dapat orang tua lakukan melalui tindakan nyata. Seperti tidak bertengkar di hadapan anak, tidak berbohong atau membohongi anak, dan sebagainya.
Ketiga, pendidikan melalui nasihat dan dialog. Penanaman nilai-nilai keimanan, moral agama atau akhlak serta pembentukan sikap dan perilaku anak merupakan proses yang sering menghadapi berbagai hambatan dan tantangan.
Terkadang anak-anak merasa jenuh, malas, tidak tertarik terhadap apa yang orang tua ajarkan, bahkan mungkin menentang dan membangkang.
Oleh sebab itu, orang tua sebaiknya memberikan perhatian, melakukan dialog, dan berusaha memahami persoalan-persoalan yang sedang anak hadapi.
Apalagi anak yang tengah memasuki fase kanak-kanak akhir, usia antara 6 – 12 tahun mereka mulai berpikir logis, kritis, membandingkan apa yang ada di rumah dengan yang mereka lihat di luar, nilai-nilai moral yang selama ini orang tua tanamkan secara “absolut” mulai menganggapnya relatif, dan seterusnya.
Orang tua harus mampu menjelaskan, memberikan pemahaman yang sesuai dengan tingkat berpikir mereka.
Alangkah indahnya seandainya orang tua dapat menuturkan kembali bagaimana Luqman menasihati anaknya secara bijaksana dan lemah lembut.
Memberikan Penghargaan
Keempat, pendidikan melalui pemberian penghargaan. Menanamkan nilai-nilai moral keagamaan, sikap dan perilaku juga memerlukan pendekatan atau metode dengan memberikan penghargaan.
Penghargaan perlu orang tua berikan kepada anak. Karena dengan metode ini secara tidak langsung juga menanamkan etika tentang perlunya menghargai orang lain.
Sebagai contoh, orang tua akan lebih arif jika anaknya (perempuan atau laki-laki) yang membantu di rumah ia ucapkan “terima kasih”, pembantu yang menyediakan air atau makanan ia ucapkan terima kasih, juga istri yang menyiapkan masakan, atau sarapan apa pun bentuknya, ia ucapkan terima kasih. []