“Saya Eco Peace Warrior, saya akan mengurangi sampah plastik, ke mana-mana bawa tumbler dan kantong belanja sendiri.”
Mubadalah.id – Lantang sekali suara-suara yang digelorakan para peserta Eco Peace Youth Leaders di Kampung Percik Salatiga pada Kamis, 26 September 2024 silam. Komitmen bersama yang digaungkan para peserta menandai lahirnya Eco Peace Semarang.
Gelaran kegiatan Eco Peace Youth Leaders merupakan Kerjasama American Corner UIN Walisongo Semarang dan Redaksi Mubadalah.id dengan dukungan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. Kegiatan sendiri telah terlaksana pada Selasa hingga Kamis, 24 s/d 26 September 2024 di Semarang dan Salatiga Jawa Tengah.
Merespon Temuan Toleransi Beragama Mahasiswa
Kami akui, salah satu pendorong lahirnya Eco Peace Warrior merupakan bagian dari respon terhadap temuan toleransi beragama mahasiswa.
Hasil survei PPIM-UIN Jakarta terhadap sikap toleransi beragama mahasiswa di beberapa perguruan tinggi menunjukan 24,89% mahasiswa memiliki sikap toleransi beragama yang rendah. Sementara 5,27% lainnya sangat rendah sikap toleransinya.
Salah satu temuan menarik dari survei PPIM ini adalah mahasiswa yang memiliki pengalaman berinteraksi lebih banyak dengan yang berbeda ternyata memiliki tingkat toleransi yang tinggi. Sedangkan mahasiswa yang hanya aktif di organisasi keagamaan tertentu memiliki tingkat toleransi lebih rendah.
Tantangan Krisis Lingkungan
Selain tantangan keberagaman beragama, Indonesia juga menghadapi tantangan serius krisis lingkungan. Data dari Global Forest Watch menunjukan selama dua dekade Indonesia telah kehilangan 9,75 juta hektar hutan primer.
Sementara di sisi lain tingkat keberagamaan meningkat termasuk di kalangan pemuda, tingkat kerusakan lingkungan juga terus meluas. Menariknya, hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukan kepekaan generasi muda terhadap isu lingkungan sangat tinggi.
Sebanyak 95 % generasi muda merasa khawatir dengan kerusakan lingkungan. Dan generasi muda tentu generasi yang menempati posisi tertinggi dalam penggunaan internet dan media digital. Hal ini sebagaimana laporan Kominfo, di mana sebanyak 80% anak muda Indonesia mengakses internet dan media digital.
Titik Temu Agama-agama
Seluruh perwakilan agama yang menjadi pembicara dalam rangkaian kegiatan Eco Peace di American Corner UIN Walisongo Semarang bersepakat bahwa menjaga dan merawat lingkungan adalah tanggung jawab bersama seluruh warga dunia di muka bumi ini. Tidak memandang suku, ras, agama maupun gender.
Hal tersebut sebagaimana terungkap dari penjelasan Ibu Kustiani, Ph.D. Beliau merupakan Dosen Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra Semarang, yang membahas tentang Agama dan Lingkungan dalam Perspektif Budha.
“Manusia bukan penguasa bumi. Kami percaya hukum sebab akibat dengan alam semesta (Patticcasamupada).” Tegas Ibu Kustiani.
Kalimat senada disampaikan Ws. Andi Gunawan, ST. Beliau adalah Wakil Ketua Matakin Jawa Tengah yang membincang Agama dan Lingkungan dalam Perspektif Konghucu.
“Membutuhkan 10 tahun untuk menumbuhkan sebatang pohon, namun membutuhkan 100 tahun untuk mendidik satu orang (Rujiao).”
Sementara itu Pak Bagus Dwi Sukoco, S.Pd.H dari Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Semarang memaparkan tentang perayaan Nyepi yang memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan.
Terbukti, selama Nyepi ada penghematan penggunaan listrik, penurunan emisi gas karbondioksida, penghematan bahan bakar, dan peningkatan kualitas udara akibat terhentinya seluruh aktivitas transportasi manusia.
Alam Semesta sebagai Sumber Kehidupan
Pada hari berikutnya, kegiatan Eco Peace berpindah lokasi di Kampung Percik Salatiga, sekaligus anjangsana di Desa Manggihan, di mana desa ini merupakan daerah yang dianggap telah berhasil mempraktikkan desa yang siap menghadapi perubahan iklim dengan program unggulan pertanian organik, dan pemakaian bio gas yang diproduksi sendiri.
Sebelum itu para pembicara agama dan lingkungan dalam perspektif Penghayat, Kristen dan Islam juga bersepakat bahwa tidak ada agama yang menginginkan kerusakan di alam semesta ini, tapi justru manusia yang kerap berprilaku sewenang-wenang terhadap alam.
Dalam kesempatan pertama Ketua Puan Hayati Jawa Tengah Dwi Setiyani Utami, SE, M.Sc mengatakan bahwa penghayat kepercayaan di Indonesia memiliki hubungan yang erat dengan alam semesta, yaitu antara lain;
Pertama, memahami alam semesta sebagai sumber kehidupan. Penghayat Kepercayaan memahami bahwa alam semesta adalah sumber kehidupan yang menyediakan semua kebutuhan manusia.
Kedua, menjaga dan melestarikan alam semesta. Penghayat Kepercayaan menganggap bahwa menjaga dan melestarikan alam semesta adalah nilai luhur yang harus dilakukan.
Ketiga, menghormati leluhur. Banyak kepercayaan dan penghayat kepercayaan menghormati leluhur dengan melakukan upacara adat dan ritual.
Technozoic atau Ecozoic?
Sama halnya dengan Penghayat, agama dan lingkungan dalam perspektif Kristen disampaikan oleh Pendeta Irene Ludji, Ph.D. Beliau berkesempatan memaparkan materi Teo-Etika Solidaritas dan Peran The Acting Person dalam Usaha Mewujudkan Keadilan bagi Lingkungan Hidup.
Menurutnya Relasi Manusia dan Bumi itu terbagi menjadi dua, yaitu Technozoic atau Ecozoic. Kita tinggal memilih, ingin menjadi manusia Technozoic atau Ecozoic.
Adapun Technozoic tertandai dengan eksploitasi bumi dan sumber daya secara sistematis melalui penggunaan teknologi untuk kepentingan sekelompok kecil pihak yang berkuasa.
Sedangkan Ecozoic ditandai dengan mutualitas dalam hubungan antara manusia dan bumi. Di mana relasi ini memiliki enam prinsip utama, antara lain keberanian untuk saling mendengarkan “suara” masing-masing dalam hubungan karib.
Selain itu menolak kekerasan terhadap bumi, integritas komunitas bumi dan membuka ruang bagi alam untuk bertumbuh dan menyembuhkan dirinya. Lalu mengutamakan progres bersama bagi seluruh komunitas bumi, dengan merayakan bersama bumi.
“Eco Peace Warrior! I am Change Maker!”
Di akhir dalam sesi pemaparan materi agama dan lingkungan dalam perspektif Islam dipungkasi Direktur Percik Institute Ibu Haryani Saptianingtyas, Ph.D. Beliau menjelaskan tentang proses penelitian disertasinya terkait isu lingkungan. Adapun tema penelitiannya yaitu Relasi dan Purifikasi Citarum; Umat Beragama merespon Perubahan Lingkungan.
Usai semua rangkaian kegiatan Eco Peace Youth Leader di Semarang dan Salatiga pekan kemarin, samar-samar masih terdengar teriakan dan tel-yel dari para peserta anak muda yang beragam latar belakang itu.
Mereka berasal dari berbagai kampus di sekitar Semarang, Salatiga dan Boyolali dengan latar agama Islam, Ahmadiyah, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Penghayat Sapta Dharma.
“Eco Peace Warrior! I am Change Maker!”
Teriakan itu terus bergema. Betapa lega, betapa bangga. Telah lahir anak-anak muda yang bersetia utuh merawat bumi dengan sebaik-baik penjagaan. Karena bumi ini adalah rumah kita bersama. []