Mubadalah.id – Bukan lagi menjadi hal aneh ketika saat ini banyak yang menyadari dan mengakui bahwa menjadi anak perempuan tertua dalam keluarga adalah pemegang kendali tertinggi, apalagi di mata adik-adiknya. Anak perempuan tertua seringkali mengemban tanggung jawab besar untuk turut mengurus seganap urusan adik-adiknya. Seiring perkembangan zaman di mana para orang tua kurang bisa mengikuti tempo anak muda.
Mulai dari izin main bahkan sampai urusan memilih jurusan kuliah adik berakhir dengan keputusan, “tanya kakakmu”. Bagi anak perempuan tertua, fenomena ini ada sisi positif dan negatifnya. Salah satu yang luput kita sadari adalah Eldest Daughter Syndrome (EDS).
Eldest Daughter Syndrome (EDS) atau sindrom putri sulung adalah gambaran kondisi beban emosional yang dipikul anak perempuan tertua. Meskipun sebenarnya urutan kelahiran dan jenis kelamin seseorang tidak secara otomatis menentukan sifat dan peran tertentu dalam keluarga. Namun fenomena EDS ini lahir sebab terdorong oleh norma-norma tak tertulis dalam masyarakat. Anggapannya hal wajar ketika anak perempuan tertua turut serta mengasuh adik-adiknya sejak kecil.
Kemudian hal ini berlanjut hingga mengurus orang tua di masa tua. Tanggung jawab yang secara tidak langsung kita bebankan padaanak perempuan tertua ini. Tanpa kita sadari melahirkan kondisi EDS yang membuatnya terobsesi untuk selalu menjadi perfeksionis.
Anak perempuan tertua merasa menjadi sandaran semua anggota keluarganya, sehingga dirinya menolak terlihat lemah. Tidak kita pungkiri semua orang memiliki masalah personal, dan anak perempuan tertua kerapkali membawa masalahnya secara diam-diam.
Menilik Kondisi Mental Anak Pertama
Lambat laun, kondisi ini berujung pada keadaan burn out, cemas, stress, kelelahan, people pleaser, dan menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi dalam keluarga. Tanggung jawab anak perempuan tertua ini semakin rumit ketika kondisi ekonomi keluarga maupun hubungan orang tua mereka tidak baik-baik saja. Mereka kerap menjadi tempat cerita semua masalah yang ada. Bahkan masalah yang memang sengaja ia sembunyikan dari adik-adiknya.
Dari sini kita tahu, mental anak pertama terpaksa lebih kuat daripada saudara-saudaranya. Karena terbiasa memimpin, anak perempuan tertua yang mengalami EDS ini biasanya juga membawa kebiasaan ini ke kehidupan pergaulan sehari-hari. Mereka menjadi ketua kelas, ketua kelompok, pengambil keputusan dan membuat perencanaan di berbagai hal.
Menjadi perempuan kadangkala memang rumit, satu sisi seringkali dianggap lemah dan hanya diberi peran-peran marginal. Namun di sisi lain dianggap memiliki tanggung jawab utama dalam mengurus keluarga. Anak perempuan tertua inilah contohnya, eksistensi diri dia terakui dalam mengambil berbagai keputusan.
Anak perempuan memang cenderung lebih bertanggung jawab sejak kecil. Dalam urusan akademis misalnya, kebanyakan orang tua siswa laki-laki yang mengeluhkan urusan mengerjakan PR, mengerjakan tugas prakarya, dll. Anak perempuan cenderung melakukan hal-hal tersebut tanpa kita suruh dan kita minta.
Multitasking
Anggapan bahwa perempuan sebagai makhluk marginal yang tidak perlu mengenyam sekolah tinggi seringkali membuat para perempuan ingin membuktikan eksistensi diri. Deskriminasi gender dalam dunia patriarki yang belum sepenuhnya musnah ini, membuat anak perempuan seolah perlu bekerja lebih keras untuk membuktikan diri bahwa dirinya juga layak untuk disekolahkan seperti saudara-saudara laki-lakinya yang lain.
Kondisi psikologis perempuan yang cenderung lebih emosional juga menjadi alasan anak perempuan mudah demotivasi. Mereka terpengaruh oleh pujian dan kritikan. Di sekolah misalnya, ketika mereka kita puji tulisan tangannya bagus dan rapi, maka mereka akan berlomba menjadi yang terbaik.
Demikian pula ketika mendapat kritikan yang mengarah pada diskriminasi gender, mereka juga terdorong menunjukan eksistensi dirinya. Tanggung jawab di sekolah, tanggung jawab pekerjaan rumah, tanggung jawab untuk turut mengurus adik-adiknya menjadikan anak perempuan terlatih multitasking, lihai mengerjakan banyak hal bersamaan. Barangkali karena hal ini pula, seiring kemajuan zaman ketika batas-batas patriarki mulai samar, para perempuan mulai tampil di berbagai panggung peran.
Akses Pendidikan yang Setara
Hak-hak mendapat pendidikan seharusnya tidak lagi menjadi perdebatan. Semua anak berhak mendapat pendidikan yang baik dan setinggi-tingginya tanpa memandang gender karena pendidikan adalah bekal menjemput kehidupan yang layak dan bijaksana.
Dalam berbagai bidang juga, panggung-panggung yang ada harusnya memberi kesempatan yang sama rata kepada siapa saja dengan kemampuan yang mumpuni. Tanpa memandang gender yang bawaan sejak lahir. Untuk anak perempuan tertua di keluarga yang merasa mengalami EDS, sebaiknya kondisi ini tidak terabaikan.
Mulailah memprioritaskan diri sendiri dan memberi batasan dalam membantu keluarga. Jangan sampai mengorbankan kesehatan mental dengan terus menerus menumpuk beban pikiran dengan berpura-pura kuat. Semua manusia berhak memiliki sandaran, bercerita ke orang-orang terdekat. Sesekali menangis, bahkan tidak salah jika harus menemui bantuan professional ketika kita memerlukannya. []