Mubadalah.id – Peradaban Islam memberikan kontribusinya yang nyata pada peradaban manusia modern. Hari ini, dunia memiliki teknologi-teknologi canggih yang membangun peradaban manusia modern. Dari bangun tidur hingga tidur kembali, pasti kita menggunakan alat-alat teknologi yang membantu segala aktivitas kehidupan kita. Misalnya smartphone yang menunjang kebutuhan akses informasi secara cepat hingga ilmu pengetahuan dan teknologi yang memudahkan pekerjaan manusia.
Peradaban manusia modern lahir dari pengelolaan ilmu pengetahuan dan informasi yang sesuai dengan kebutuhan manusia saat ini. Hal ini menghasilkan kualitas hidup manusia yang semakin membaik dari waktu ke waktu. Peradaban ini diawali oleh penemuan benda sederhana yang kemudian dikembangkan menjadi hal yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.
Misalnya, Galileo Galilei merupakan ilmuwan fisika yang menciptakan teleskop. Beliau menciptakan teleskop pertamanya pada tahun 1608 yang dapat memperbesar objek hingga 20x. Berkat penemuannya, peradaban modern saat ini dapat melihat antariksa dengan lebih jelas.
Ilmuwan Muslim dan Peradaban Emas Islam
Jikalau kita melihat ilmuwan barat dengan temuannya, pernahkah kita berpikir bahwa ada banyak ilmuwan muslim yang ]tak kalah hebatnya? Misalnya, Al-Khawarizmi sang Bapak Aljabar dari kota Baghdad. Beliau menemukan konsep angka 0 dan konsep perhitungan matematika al-jabar. Sampai saat ini, penggunaan angka 0 dan konsep perhitungan al-jabar menjadi modal terciptanya informasi dan teknologi yang canggih.
Misalnya, bahasa pemrograman untuk membuat program baru hingga perhitungan aljabar yang dapat memprediksi kapan terjadinya gerhana bulan atau matahari.
Singkatnya, tak hanya orang-orang bangsa barat yang “menciptakan” peradaban manusia. Jauh sebelum orang-orang barat berjaya dengan berbagai penemuan, Islam pernah berada pada masa keemasan yang menghasilkan peradaban “manusia termaju” pada masanya.
Saat itu, banyak lmuwan muslim yang menguasai dan memimpin pada bidang astronomi, fisika, matematika, pengobatan, dan optik selain filsafat, hukum, ekonomi, arsitektur, bahkan musik. Sementara, orang-orang non-muslim waktu itu tertinggal di belakang dunia Muslim dalam berbagai hal.
Mustofa Akyol dan Peradaban Emas Islam
Pernahkah kita memikirkan, apa yang menyebabkan masa kejayaan Islam mulai terganti dengan masa kejayaan bangsa Barat? bahkan saat ini, kita lebih sering mendengar produk-produk bangsa barat daripada produk-produk bangsa muslim sendiri. Dalam buku berjudul “Reopening Muslim Minds“ oleh Mustafa Akyol, beliau menjelaskan mengapa bangsa mulsim tidak melakukan instrospeksi tentang mengapa masa keemasan Islam memudar.
Awalnya, alasan yang cukup tepat menggambarkan kejadian tersebut adalah generasi Muslim awal begitu sukses karena mereka tekun dalam beragama, sehingga Allah memberikan kesuksesan berupa ilmu pengetahuan, kebijaksanaan, kekuasaan, dan kemuliaan.
Namun, pada saat ini, teradapat anggapan bahwa kaum Muslim tidak taat lagi dan cenderung menjadi pendosa sehingga Allah menghukum kaum Muslim dengan memberdayakan musuh-musuh mereka. Singkatnya, terjadinya masa keemasan Islam hanya dapat terjadi jika generasi Muslim menjadi “orang Muslim yang sebenenarnya”.
Namun, statement ini mendapatkan bantahan dari Mustafa Akyol. Beliau menjelaskan bahwa statement tersebut tidak memiliki landsan fakta yang kuat serta tidak menunjukkan bukti apapun bahwa masyarakat Muslim saat ini mengelami kemorosotan atau kemunduran nilai-nilai religius dari waktu ke waktu.
Justru beliau menegaskan pandangan intelektual Turki Erol Gungor bahwa masyarakat muslim sering menjadi lebih agamis justru di masa-masa kemunduran. Penyebabnya bukan karena kekalahan apapun, namun untuk mendapatkan kekuatan moral melawan kekalahan tersebut.
Mengapa Peradaban Islam hanya Tidak Berlangsung Hingga Sekarang?
Sebagaimana kita kembali pada masa keemasan Bani Abbasiyah. Pada masa tersebut, Bani Abbasiyah tidak hanya melakukan penerjemahan semata. Namun, mereka mengumpulkan, menarik sintesis, dan ikut memajukan pengetahuan untuk membangun peradaban mereka sendiri.
Hal ini menghasilkan prestasi-prestasi intelektual multibudaya, termasuk China, India, Iran, Mesir, Afrika Utara, Yunani, Spanyol, Sisilia, dan Bizantium. Tak heran, bahwa di masa Bani Abbasiyah menjadi masa keislaman yang menjadi wadah besar dari perpaduan budaya, agama, dan ilmu pengetahuan.
Menariknya, generasi Muslim pada masa Bani Abbasiyah banyak memiliki pengaruh oleh dorongan Al-Qur’an untuk terus belajar mengenai keagungan dan keajaiban-keajaiban alam semesta sebagai cara untuk memuliakan Allah. Alhasil, akal dan iman, keduanya merupakan pemberian Allah yang kemudian disatupadukan untuk saling melengkapi dan saling mendukung satu sama lain.
“… Akan tetapi, semangat kosmopolitan ini tidak bertahan lama, karena dasar teologisnya dipersoalkan dan ditentang. mereka yang memperjuangkan akal-pertama, Mu’tazilah dan kemudian “para filsuf”-dipersalahkan karena dianggap melakukan bid’ah. Para teolog fideis/skripturalis mendominasi pandangan zaman tersebut dan hanya membolehkan “penalaran yang sangat terbatas” sehingga mengerdilkan dan meminimalkan secara radikan sumber-sumber pengetahuan dan kebijaksanaan yang dapat dipelajari oleh kalangan Muslim. Jika akal itu sendiri dipandang tidak bisa menjangkau kebenaran apapun, buat apa kaum Muslim memperhatikan perkataan orang Yunani atau orang kafir lainnya tentang hakikat dan sifat segala sesuatu?”
Tulis Mustafa Akyol dalam membantah statement bahwa kemunduran masa kejayaan Islam disebabkan oleh kemunduran ke-religius-an Muslim sendiri.
Setelah mencoba memahami lebih lanjut, Mustafa Akyol berusaha menjelaskan bahwa semangat terbuka terhadap berbagai budaya dan pemikiran tidak bertahan lama di kalangan Muslim. Hal ini terjadi karena dasar teologisnya dipertanyakan dan ditentang. Mereka yang memperjuangkan pemikiran rasional, seperti Mu’tazilah dan “para filsuf” dikritik karena dianggap melakukan hal yang baru dan tidak sesuai (bid’ah).
Pandangan teologis yang berpegang pada kitab suci mendominasi pada masa itu, sehingga hanya memperbolehkan pemikiran yang sangat terbatas, sehingga mengurangi nilai dari sumber pengetahuan dan kebijaksanaan yang bisa dipelajari oleh kalangan Muslim.
Bisakah Kita Mengembalikan Masa Peradaban Keemasan Islam?
Generasi Muslim Bani Abbasiyah sendiri berlangsung sejak pertengahan abad ke-8 hingga pertengahan abad ke-9. Selanjutnya, muncul gerakan “Renaisans humanis” oleh kekuasaan Buwaihi (Dinasti Syiah) dari abad ke-10 hingga abad ke-11.
Pada abad ke-21 ini, peradaban manusia modern memiliki pemimpin dari bangsa barat yang menguasai hampir seluruh aspek kehidupan dunia. Pertanyaannya, bisakah kita mengembalikan masa peradaban keemasan Islam seperti dulu?
Mari kita bayangkan, apa yang terjadi jika abad ke-21 atau abad ke-22 menjadi abad pengembalian masa kejayaan Islam? beberapa konsekuensi yang mungkin terjadi dapat memiliki gambaran seperti akan terjadi peningkatan fokus pada pendidikan.
Seperti pada masa Bani Abbasiyah, peradaban Islam pada abad ke-21 memberikan penekanan yang besar pada pendidikan dan ilmu pengetahuan. Pemerintah akan mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta membangun universitas dan pusat-pusat pembelajaran tinggi.
Jika Peradaban Modern Manusia adalah Peradaban Islam
Jika peradaban manusia modern saat ini merupakan peradaban Islam, kemungkinan terjadi kemajuan ilmiah dan kemanusiaan yang signifikan. Peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah terkenal karena kemajuan dalam ilmu pengetahuan, kedokteran, matematika, dan filsafat. Jika hal ini terjadi pada abad ke-21, maka mungkin akan terjadi kemajuan besar dalam bidang-bidang ini, serta peningkatan kesejahteraan manusia secara keseluruhan.
Ketiga, nilai toleransi agama dan multikulturalisme mungkin akan mendapatkan adopsi secara luas. Pada masa Bani Abbasiyah, terdapat toleransi agama yang relatif tinggi dan kerjasama antara berbagai kelompok etnis dan agama. Jika peradaban Islam pada abad ke-21 mengadopsi nilai-nilai ini, maka mungkin akan terjadi peningkatan toleransi agama dan multikulturalisme di seluruh dunia.
Namun demikian, tentu saja hal ini hanya merupakan spekulasi dan terdapat banyak variabel yang harus memiliki pertimbangan. Setiap peradaban memiliki ciri khasnya sendiri, dan tidak mungkin untuk dengan pasti meramalkan bagaimana suatu peradaban akan mempengaruhi dunia pada masa depan.
Lalu, dengan kekuatan jumlah umat Muslim yang sangat besar, majunya berbagai teknologi informasi, dan dorongan nilai religius berdasarkan Al-Qur’an, bisakah kita mengembalikan masa keemasan Islam seperti semula? []
Referensi : “Reopening Muslim Minds” Halaman 100-103 Bab “Bagaimana Kita kehilangan Universalisme?”