Mubadalah.id – Menjalin sebuah rumah tangga merupakan keputusan yang butuh waktu untuk mempertimbangkannya, sampai pada akhirnya kedua belah pihak siap untuk menjalaninya.
Selama menjalin rumah tangga, selain untuk membangun keluarga kecil nan bahagia, seseorang juga tetap ingin menjalankan amaliyah ibadahnya sebagai pendekatan seorang hamba kepada Robb-NYA.
Namun, alih-alih ingin mendekatkan diri dengan sang maha kuasa, pada akhirnya sampai melupakan hak-hak yang seharusnya terpenuhi oleh pasangan satu sama lain. Hal buruk berupa perceraian sangat mungkin untuk terjadi. Sebagaimana cerita dari sahabat Abu Darda’.
Ibadah Abu Darda’ Yang Berlebihan
Abu Darda bernama asli Uwaimir bin Amir bin Mâlik bin Zaid bin Qais bin Umayyah bin Amir bin Adi bin Ka`b bin Khazraj bin al-Harits bin Khazraj. Ada yang berpendapat, namanya adalah Amir bin Mâlik, sedangkan Uwaimir adalah julukannya. Beliau termasuk sahabat yang akhir masuk Islam.
Akan tetapi beliau termasuk sahabat yang bagus keislamannya, pandai dan bijaksana, dan rajin beribadah. Hingga pada akhirnya Rasulullah SAW mempersaudarakannya dengan Salman al-Farisi. Nabi mengatakan “Uwaimir seorang hakimul ummah (seorang yang bijaksana).”
Namun sebuah kejadian kurang mengenakan terjadi. Diriwayatkan dari Abu Juhaifah dalam kitab Shahih al-Bukhari, dengan redaksi hadis sebagai berikut:
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ عَوْنٍ، حَدَّثَنَا أَبُو العُمَيْسِ، عَنْ عَوْنِ بْنِ أَبِي جُحَيْفَةَ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: آخَى النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ سَلْمَانَ، وَأَبِي الدَّرْدَاءِ، فَزَارَ سَلْمَانُ أَبَا الدَّرْدَاءِ، فَرَأَى أُمَّ الدَّرْدَاءِ مُتَبَذِّلَةً، فَقَالَ لَهَا: مَا شَأْنُكِ؟ قَالَتْ: أَخُوكَ أَبُو الدَّرْدَاءِ لَيْسَ لَهُ حَاجَةٌ فِي الدُّنْيَا، فَجَاءَ أَبُو الدَّرْدَاءِ فَصَنَعَ لَهُ طَعَامًا، فَقَالَ: كُلْ؟ قَالَ: فَإِنِّي صَائِمٌ، قَالَ: مَا أَنَا بِآكِلٍ حَتَّى تَأْكُلَ، قَالَ: فَأَكَلَ، فَلَمَّا كَانَ اللَّيْلُ ذَهَبَ أَبُو الدَّرْدَاءِ يَقُومُ، قَالَ: نَمْ، فَنَامَ، ثُمَّ ذَهَبَ يَقُومُ فَقَالَ: نَمْ، فَلَمَّا كَانَ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ قَالَ: سَلْمَانُ قُمِ الآنَ، فَصَلَّيَا فَقَالَ لَهُ سَلْمَانُ: إِنَّ لِرَبِّكَ عَلَيْكَ حَقًّا، وَلِنَفْسِكَ عَلَيْكَ حَقًّا، وَلِأَهْلِكَ عَلَيْكَ حَقًّا، فَأَعْطِ كُلَّ ذِي حَقٍّ حَقَّهُ، فَأَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَذَكَرَ ذَلِكَ لَهُ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «صَدَقَ سَلْمَانُ»
Abu Darda’ tidak Peduli terhadap Istrinya
Pada hadis di atas, dikisahkan Salman al-Farisi berkunjung ke rumah Abu Darda’. Salman al-Farisi lantas melihat Ummu Darda’ (istri Abu Darda’) memakai pakaian yang buruk. Kemudian Salman al-Farisi menanyakan tentang hal itu. “Wahai Ummu Darda’, kenapa pakaianmu begitu?”. Ummu Darda’ menjawab “Saudaramu Abu Darda’ sama sekali tidak ada kepedulian terhadap dunia (dalam hal ini, tidak peduli terhadap istrinya)”.
Lalu, datanglah Abu Darda’. Ia menyiapkan makanan untuk Salam al-Farisi. Salman mengatakan,”makanlah saudaraku”. Abu Darda’ menjawab,”aku sedang berpuasa”. Salman kembali menjawab,”aku tidak akan makan sampai engkau juga ikut makan”. Pada akhirnya Abu Darda’ ikut makan bersama Salman.
Saat malam hari tiba, Abu Darda’ pergi untuk menunaikan salat. Akan tetapi, Salman al-Farisi menegurnya, “Tidurlah!”. Dan Abu Darda’ mengiyakan.Tak lama, Abu Darda’ terbangun dan hendak salat lagi. Salman pun kembali menegurnya, dan Abu Darda’ kembali mengiyakan.
Pada suata malam yang lain, mereka berdua salat bersama. Ketika selesai salat, Salman berkata,”Wahai Abu Darda’ sesungguhnya Rabb-Mu mempunyai hak atas dirimu, badanmu juga mempunyai hak atas dirimu dan keluargamu (istrimu) juga mempunyai hak atas dirimu. Maka berikanlah hak-hak mereka.”
Kemudian Abu Darda’ mendatangi Nabi dan menceritakan apa yang dikatakan oleh Salman al-Farisi. Nabi kemudian menjawab,”Benar apa yang dikatakan Salman”.
Refleksi Cerita Ibadah Abu Darda’
Dari kisah Abu Darda’, dapat kita refleksikan dalam menjalin kehidupan rumah tangga yang harmonis, dengan kita memberikan hak-hak atas diri kita, hak atas Rabb kita, terutama hak atas keluarga kita, dalam hal ini pasangan kita.
Ketika masing-masing hak dapat kita berikan secara proporsional, akan tercipta sebuah kehidupan yang harmonis dan bahagia. Namun sebaliknya, ketika salah satu hak ada yang kita berikan secara berlebihan, atau bahkan sampai melupakan hak-hak yang lain, justru akan merugikan kita dan orang lain, terlebih pasangan kita dalam menjalin hubungan rumah tangga. []