• Login
  • Register
Senin, 14 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Buku

Kisah Ronggeng Dukuh Paruk dan Potret Politik Tubuh Perempuan

Problem budaya yang kerap kali tidak kita sadari bahwa atas nama adat, seseorang sering kehilangan hak untuk menentukan nasibnya sendiri.

M. Daviq Nuruzzuhal M. Daviq Nuruzzuhal
14/07/2025
in Buku
0
Ronggeng Dukuh Paruk

Ronggeng Dukuh Paruk

1.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Dalam lanskap kebudayaan desa zaman dahulu yang penuh mistik dan ritus, tubuh perempuan tidak jarang menjadi altar pengorbanan. Ahmad Tohari dalam novelnya Ronggeng Dukuh Paruk menggambarkan realitas ini dengan sangat getir melalui sosok Srintil, anak perempuan miskin yang masyarakat puja sebagai titisan seni, tapi sekaligus mereka korbankan demi tradisi.

Di balik gemulainya tari ronggeng, tersimpan luka kolektif perempuan yang kita posisikan bukan sebagai subjek, melainkan sebagai simbol, lambang kesuburan, dan objek hiburan. Dalam masyarakat seperti Dukuh Paruk ini, tubuh perempuan seperti bukan miliknya sendiri. Melainkan milik adat, milik desa, bahkan milik negara.

Perempuan dalam Cengkeraman Tradisi

Ahmad Tohari dalam novelnya Ronggeng Dukuh Paruk menceritakan kisah Srintil, seorang perempuan yang menjadi ronggeng yang paling terkenal di Dukuh Paruk. Desa ini terletak di wilayah terpencil. Warganya bekerja sebagai petani, hidup dalam kemiskinan, dan tidak mengenyam pendidikan formal. Mereka memegang kuat kepercayaan leluhur yang sudah turun-temurun untuk menjalani kehidupan mereka.

Di tengah kemiskinan itu, masyarakat Dukuh Paruk merasa bangga karena memiliki tradisi ronggeng. Bagi mereka, ronggeng bukan sekadar hiburan. Ronggeng menjadi simbol kehormatan desa dan lambang identitas kolektif. Laki-laki yang bisa berhubungan dengan ronggeng akan merasa lebih merasa berharga. Bahkan, banyak keluarga menganggap hal itu sebagai prestise tersendiri.

Tradisi ronggeng di Dukuh Paruk tidak hanya menampilkan tari dan musik, tetapi juga mengandung ritus bukak klambu yakni proses di mana Srintil harus menyerahkan keperawanannya kepada laki-laki pembayar tertinggi sebagai simbol pelantikan pertama menjadi ronggeng. Dalam budaya ini, tubuh Srintil telah sah menjadi milik publik. Kehormatan, kebebasan, dan harga diri miliknya dinegosiasikan atas nama tradisi dan “kebesaran desa”.

Baca Juga:

Asma’ binti Yazid: Perempuan yang Mempertanyakan Hak-Haknya di Hadapan Nabi

Ukhuwah Nisaiyah: Solidaritas Perempuan dalam Islam

Jihad Perempuan Melawan Diskriminasi

Ruang Baru Perempuan dalam Kehidupan Masa Kini

Karena itu, banyak laki-laki mengidam-idamkan Srintil. Mereka berebut perhatian, sebab kedekatan dengan ronggeng berarti gengsi sosial. Namun, Srintil tidak bisa hidup bebas. Ia harus menggantungkan hidupnya pada laki-laki yang sanggup membayar dan Ia tidak dapat bebas dalam mengejar cintanya sendiri

Dalam banyak tempat, orang mungkin menyebut praktik itu sebagai prostitusi. Tapi di Dukuh Paruk, masyarakat justru menganggapnya sebagai bagian dari adat yang terhormat. Tradisi ini melekat begitu kuat dalam kehidupan warga dan tidak pernah mereka pertanyakan.

Yang lebih menyakitkan, perampasan atas tubuh Srintil tidak berhenti di level adat. Ketika kelompok terlarang (PKI) menjadikan ronggeng sebagai alat politik, lagi-lagi  tubuh Srintil kembali menjadi korban. Ia dijebloskan ke penjara bersama perempuan-perempuan lain yang mereka cap sebagai simpatisan. Dalam narasi besar negara, tubuh perempuan bukan hanya menjadi nomor dua, tapi juga menjadi simbol dosa yang harus dibuang.

Politik Tubuh Perempuan

Problem budaya yang kerap kali tidak kita sadari bahwa atas nama adat, seseorang sering kehilangan hak untuk menentukan nasibnya sendiri. Hal ini dapat kita namakan dengan politik tubuh, yakni cara kekuasaan baik negara, adat, agama, maupun budaya mengontrol tubuh seseorang, khususnya seksualitas dan reproduksinya.

Kekuasaan ini bekerja secara halus melalui normalisasi, ritual, kebijakan, hingga label moral. Tubuh perempuan tidak bukanlah milik pribadi, tetapi menjadi wilayah yang bisa publik atur demi kepentingan sosial atau politik (Susilo & Kodir, 2016).

Susilo dan Kodir menunjukkan bahwa tubuh perempuan sering menjadi komoditas dan simbol ideologi. Perempuan yang menolak kontrol atas tubuhnya dapat anggapan bukan perempuan baik-baik. Mereka juga mengaitkan ini dengan teori biopower dari Foucault, yaitu kekuasaan yang mengatur tubuh melalui pengawasan dan norma, bukan dengan kekerasan.

Hal ini dapat terlihat Ahmad Tohari secara halus terlihat menyuguhkan kritik terhadap struktur sosial yang menormalisasi perampasan tubuh dan kehendak perempuan. Ironisnya, perampasan yang terjadi tidak jarang terbungkus dalam narasi estetika seperti pujaan pada ronggeng, namun tak pernah dianggap manusia utuh. Mereka hanya “milik desa”, “milik adat”, atau bahkan “milik negara”.

Relasi Perempuan dan Budaya

Dalam perspektif Mubadalah, relasi antara perempuan dan budaya terbangun atas dasar kesalingan, bukan dominasi. Hal ini berarti tubuh perempuan bukan ruang kosong yang bisa terisi oleh tradisi, tafsir, atau kepentingan politik. Tubuh perempuan adalah ruang sakral yang untuk mengaksesnya hanya dengan kesadaran dan kerelaan penuh dari pemiliknya.

Allah berfirman:

“…..Janganlah kamu paksa hamba sahaya perempuanmu untuk melakukan pelacuran, jika mereka sendiri menginginkan kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan kehidupan duniawi. Siapa yang memaksa mereka, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (kepada mereka) setelah mereka dipaksa.” (QS. An-Nur: 33)

Ayat ini memberi pesan yang tegas bahwa siapa pun tidak boleh merampas kendali perempuan atas tubuh dan kehormatannya. Meskipun perempuan tersebut adalah budak yang merupakan kasta terendah.

Islam tidak pernah mengajarkan bahwa budaya itu boleh menginjak martabat manusia, apalagi jika itu berarti mereduksi perempuan menjadi simbol atau alat. Jika budaya terus merayakan estetika sambil menindas agensinya, maka itu bukanlah budaya yang bisa kita terima. []

 

Tags: Ahmad Tohariperempuanperspektif mubadalahPolitik TubuhReview Bukuronggeng dukuh paruk
M. Daviq Nuruzzuhal

M. Daviq Nuruzzuhal

Mahasiswa jurusan ilmu falak UIN Walisongo Semarang yang menekuni Islamic Studies dan isu kesetaraan. Allumni MA NU TBS dan Ponpes Raudlatul Muta'allimin Jagalan 62 Kudus

Terkait Posts

Perempuan Lebih Religius

Mengapa Perempuan Lebih Religius Daripada Laki-laki?

9 Juli 2025
Ancaman Intoleransi

Menemukan Wajah Sejati Islam di Tengah Ancaman Intoleransi dan Diskriminasi

5 Juli 2025
Perawan Remaja dalam Cengkeraman Militer

Pesan Pram Melalui Perawan Remaja dalam Cengkeraman Militer

4 Juli 2025
Fiqh Al-Usrah

Fiqh Al-Usrah Menjembatani Teks Keislaman Klasik dan Realitas Kehidupan

28 Juni 2025
Novel Cantik itu Luka

Novel Cantik itu Luka; Luka yang Diwariskan dan Doa yang Tak Sempat Dibisikkan

27 Juni 2025
Fiqhul Usrah

Fiqhul Usrah: Menanamkan Akhlak Mulia untuk Membangun Keluarga Samawa

25 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Krisis Ekologi

    Empat Prinsip NU Ternyata Relevan Membaca Krisis Ekologi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Merawat Bumi Sebagai Tanggung Jawab Moral dan Iman

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Asma’ binti Yazid: Perempuan yang Mempertanyakan Hak-Haknya di Hadapan Nabi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ukhuwah Nisaiyah: Solidaritas Perempuan dalam Islam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kisah Ronggeng Dukuh Paruk dan Potret Politik Tubuh Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Asma’ binti Yazid: Perempuan yang Mempertanyakan Hak-Haknya di Hadapan Nabi
  • Empat Prinsip NU Ternyata Relevan Membaca Krisis Ekologi
  • Ukhuwah Nisaiyah: Solidaritas Perempuan dalam Islam
  • Merawat Bumi Sebagai Tanggung Jawab Moral dan Iman
  • Jihad Perempuan Melawan Diskriminasi

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID