Mubadalah.id – Beberapa bulan yang lalu saya dan teman-teman Mahasantriwa SUPI ISIF ditugaskan oleh Kiai Marzuki Wahid untuk membuat makalah terkait isu-isu sosial yang terjadi di lingkungan kita, salah satunya tentang aborsi bagi korban perkosaan.
Jika dilihat dari konteks sejarah aborsi sebenarnya sudah terjadi sejak zaman kuno. Buktinya dalam catatan sejarah Melayu aborsi sudah dilakukan sejak tahun 1612.
Meskipun begitu isu aborsi sampai saat ini masih menjadi perdebatan yang tidak ada ujungnya. Pasalnya banyak masyarakat yang masih menganggap bahwa aborsi dengan alasan apapun adalah haram dan dosa. Sebab hal tersebut sama saja dengan membunuh jiwa orang lain.
Hal ini didukung dengan mitos-mitos yang berkembang di masyarakat umum dan tidak jarang dilengkapi juga dengan argumentasi kegamaan. Misalnya mereka seringkali mengutip QS al-Isra ayat 33 ketika membicarakan terkait aborsi.
Bunyi ayat tersebut ialah:
وَلَا تَقْتُلُوا النَّفْسَ الَّتِيْ حَرَّمَ اللّٰهُ اِلَّا بِالْحَقِّۗ وَمَنْ قُتِلَ مَظْلُوْمًا فَقَدْ جَعَلْنَا لِوَلِيِّهٖ سُلْطٰنًا فَلَا يُسْرِفْ فِّى الْقَتْلِۗ اِنَّهٗ كَانَ مَنْصُوْرًا
Artinya: “Janganlah kamu membunuh orang yang diharamkan Allah (membunuhnya), kecuali dengan suatu (alasan) yang benar. Siapa yang dibunuh secara teraniaya, sungguh Kami telah memberi kekuasaan kepada walinya. Akan tetapi, janganlah dia (walinya itu) melampaui batas dalam pembunuhan (kisas). Sesungguhnya dia adalah orang yang mendapat pertolongan.” (QS Al Isra: 33).
Bolehkah Aborsi?
Namun pertanyaan yang sangat relevan dengan kondisi saat ini ialah apakah perempuan yang hamil akibat perkosaan boleh untuk menghentikan kehamilannya dengan cara aborsi?
Pertanyaan ini sangat wajar sebab saat ini kasus perkosaan setiap tahun terus meningkat dan kejadian tersebut menimbulkan dampak yang sangat berat bagi korban. Sebab ia mengalami kekerasan fisik serta psikis. Apalagi jika mengalami kehamilan.
Sebagaimana dalam Catatan Tahunan (Catahu) Komnas Perempuan pada tahun 2021 menyebutkan bahwa sepanjang tahun 2016-2020 ada sebanyak 24.786 kasus kekerasan seksual yang terjadi pada perempuan. Dan dari jumlah kasus tersebut terdapat 7.344 atau 29,6% kasus tindak perkosaan.
Di samping itu, Kementerian Sosial juga menangani sekitar 780 anak perempuan yang mengalami kehamilan akibat perkosaan. Dari jumlah tersebut 568 korban melahirkan dan 212 yang masih dilema apakah akan meneruskan atau menghentikan kehamilannya.
Saya menduga dari data Kementerian Sosial tersebut masih banyak korban yang belum berani speak up dan melapor kasus yang ia alami. Entah karena mendapatkan ancaman atau tidak tahu harus melapor kemana.
Namun yang jelas kondisi tersebut menunjukkan bahwa korban perkosaan yang mengalami kehamilan betul-betul butuh pertolongan. Entah dengan pendampingan secara mental atau medis, seperti melakukan aborsi.
Fatwa KUPI
Sebab sebagaimana yang ulama KUPI sampaikan dalam tashawur fatwa KUPI II tentang “Perlindungan Jiwa Perempuan dari Bahaya Kehamilan Akibat Perkosaan” menyebutkan bahwa perempuan yang mengalami kehamilan akibat perkosaan benar-benar perlu kita tolong. Termasuk ketika ia memutuskan untuk menghentikan kehamilannya dengan cara aborsi.
Sebab kehamilan yang korban perkosaan alami sangatlah bertentangan dengan hak-hak reproduksi. Kehamilan tersebut akan membawa dampak negatif yakni mengalami penderitaan secara fisik, mental dan sosial.
Secara mental korban mengalami trauma psikologis dan merasa tidak berharga lagi di mata masyarakat. Hal ini mendorong korban untuk melakukan aborsi ilegal yang bisa membahayakan kesehatan dan nyawa korban.
Oleh karenanya menurut pandangan para Ulama Perempuan, apabila tim ahli (medis, psikis dan sosial) menjelaskan bahwa kehamilan akibat perkosaan tersebut dapat membahayakan hingga mengancam jiwanya, maka penghentian kehamilan atau aborsi adalah pilihan yang terbaik.
Namun tetap saja pilihan tersebut juga harus tetap memastikan keselamatan jiwa perempuan pada usia kehamilan berapa pun.
Oleh karena itu, bagi semua pihak yang memiliki wewenang dan keahlian untuk melakukan perlindungan kepada perempuan korban perkosaan, tidak boleh menolak maupun menghalang-halangi dalam memberi perlindungan jiwa perempuan dengan dalih apa pun. Termasuk ketika korban memutuskan untuk menghentikan kehamilannya yang jelas-jelas tidak ia kehendaki.
Saling Tolong Menolong
Sebab inilah yang dicontohkan oleh Nabi Saw bahwa setiap kita ditugaskan untuk selalu menolong orang yang dizalimi, dalam hal ini perempuan yang mengalami kehamilan akibat perkosaan.
Teladan Nabi Saw tesebut tergambar dalam hadis shahih muslim no. 186 yang artinya:
“Barang siapa melihat suatu kemungkaran (atau keburukan pada seseorang) maka ubahlah ia (agar menjadi baik) dengan tanganmu (atau seperti kekuasaan), jika tidak mampu, lakukanlah dengan lisanmu, jika tidak juga mampu, lakukanlah dengan hatimu, dan itu (dengan hati) adalah sikap atau tindakan yang paling lemah iman.” (Shahih Muslim no.186).
Terakhir, seperti dalam sikap dan pandangan KUPI terhadap kasus kehamilan akibat perkosaan menyampaikan bahwa hukum melindungi jiwa perempuan dari bahaya kehamilan akibat perkosaan adalah wajib di usia berapa pun kehamilannya, baik dengan cara melanjutkan atau menghentikan kehamilan, atau biasa kita sebut aborsi. Sebab kehamilan akibat perkosaan menyebabkan darurat medis dan psikiatris. []