Mubadalah.id – Dalam al-Qur’an dan Hadis menyebutkan bahwa laki-laki dan perempuan adalah manusia utuh, yang akan dilihat dari keduaya hanyalah keimanan dan amal-amal yang mereka lakukan. Bukan dari jasad, rupa, maupun jenis kelamin.
Demikianlah prinsip yang Nabi Saw tegaskan dalam Hadis di atas. Hal yang serupa juga ditegaskan dalam ayat al-Qur’an, berikut ini:
“Wahai manusia, Kami telah ciptakan kalian semua dari laki-laki dan perempuan, lalu Kami jadikan kalian bersuku-suku dan berbangsa-bangsa, agar kalian saling mengenal satu sama lain. Sesungguhnya yang paling mulia di sisi Allah adalah yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah itu Mahatahu dan Maha Mengerti.” (QS. al-Hujurat (49): 13).
Demikianlah yang al-Qur’an tegaskan dan kukuhkan dalam Hadis, bahwa kelelakian tidak menambah kemuliaan, dan keperempuanan tidak mengurangi keutamaan. Begitu pun sebaliknya, satu-satunya tolok ukur amal dan kiprah seseorang adalah ketakwaan.
Sama-sama Berakal
Akal perempuan sebagaimana akal laki-laki bisa dikembangkan dengan pembiasaan, latihan, dan pendidikan. Tentu saja ada perbedaan genetik di antara laki-laki dan perempuan, bahkan di antara individu-individu.
Tetapi perbedaan ini, sebagai sesuatu yang terberi, tidak menjadi tolok ukur penilaian Islam terhadap seseorang. Yang kita nilai adalah tindakan-tindakan melemahkan atau membesarkan akal yang terberi.
Hal yang sama juga dengan agama perempuan, persis seperti agama laki-laki, bisa melemah dan menguat, bukan karena jenis kelamin. Namun karena keimanan, amal, perbuatan, dan pembiasaan.
Karena pembiasaan dan latihan ini, dalam kenyataannya, ada banyak perempuan yang lebih pintar dari laki-laki, juga banyak perempuan yang lebih kuat agamanya.
Karena itu, jenis kelamin laki-laki tidak bisa kita katakan lebih pintar dan lebih kuat agamanya dari perempuan.
Hadis-Hadis tentang akal dan agama perempuan, dengan demikian, harus kita maknai secara simbolik agar tidak bertentangan dengan fakta kehidupan dan prinsip Islam.
Jenis kelamin dan hal-hal lain yang sifatnya terberi (seperti ras dan warna kulit), bukanlah ukuran kemuliaan atau kenistaan seseorang. Melainkan keimanan, akhlak mulia, dan amal saleh.
Sehingga segala bentuk pelabelan negatif kepada perempuan dan tindakan diskriminatif dengan merujuk pada narasi “perempuan kurang akal dan kurang agama” bertentangan dengan visi dan misi Islam yang rahmah lil ‘al-alamin dan akhlak mulia. []