• Login
  • Register
Selasa, 20 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hukum Syariat

Asas Monogami dalam Perkawinan Islam

Yaqut Al Amnah Yaqut Al Amnah
14/09/2020
in Hukum Syariat, Keluarga
0
635
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Membahas perkawinan monogami tidak bisa dilepaskan dari pembahasan poligami di dalamnya. Praktik yang telah berlangsung sangat lama dan sempat menjadi tradisi ini menjadi pembahasan yang seolah tak ada habisnya.

Morteza Mutahhari dalam Wanita dan Hak-haknya dalam Islam, menerangkan bahwa kebahagiaan dan kesejahteraan rumah tangga terletak dalam kesucian, kesabaran, pengorbanan, kesatuan dan hal-hal ini akan terancam rusak jika suami melakukan poligami. Kebahagiaan sebagai tujuan ideal perkawinan pun bisa berubah menjadi penderitaan.

Dalam tradisi Arab sebelum datangnya Islam, seorang suami bisa memiliki belasan atau puluhan istri beserta para budak atau gundiknya. Tidak terbatas. Ketika Islam datang, poligami memang tidak langsung dihapus, tetapi mengaturnya. Jumlah istri yang sebelumnya bisa sebanyak-banyaknya, Islam membatasinya hingga empat saja.

Selain pembatasan jumlah, Islam juga mensyaratkan sikap adil. Ini menjadi prinsip yang paling berat. Bagaimana mengukur keadilan suami? Apakah hanya diukur dari perspektif suami saja sebagaimana yang sudah umum terjadi?

Al-Qur’ān Surah an-Nisa (4) : 3, menjadi rujukan yang paling sering digunakan untuk membolehkan pernikahan poligami. Tetapi dalam ayat ini juga, Qur’ān mengingatkan bahwa “Jika kamu khawatir berlaku tidak adil, maka nikahilah seorang saja. Yang demikian itu lebih dekat agar kamu tidak berbuat zalim”.

Baca Juga:

Menilik Relasi Al-Qur’an dengan Noble Silence pada Ayat-Ayat Shirah Nabawiyah (Part 1)

Menggugat Poligami, Menegakkan Monogami

Membuka Tabir Keadilan Semu: Seruan Islam untuk Menegakkan Keadilan

Waisak: Merayakan Noble Silence untuk Perenungan Dharma bagi Umat Buddha

Dalam ayat yang lain, al-Qur’ān menegaskan “Kamu sekali-kali tidak dapat berlaku adil di antara istri-istrimu meskipun kamu sangat ingin berbuat demikian.”

Menarik jika kita lihat ayat-ayat al-Qur’ān di atas. Di satu sisi al-Qur’ān membolehkan berpoligami dengan syarat, tetapi di sisi lain syaratnya tidak bisa atau sukar untuk dipenuhi.

Perkawinan monogami telah dicontohkan Rasulullah melalui perkawinannya dengan Sayyidah Khadijah. Di tengah tradisi poligami yang sangat kuat pada masa itu, Nabi memilih untuk bermonogami. Hidup dengan satu orang istri. Sampai Khadijah meninggal, Nabi bahkan tidak langsung menikah lagi, melainkan menduda dahulu. Pernikahan Nabi dengan Khadijah menjadi representasi perkawinan ideal. Penuh ketulusan, setia, saling mendukung, penuh kasih sayang.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Nabi juga melakukan poligami setelah pernikahannya dengan Khadijah. Tetapi, poligami yang dilakukan Nabi memiliki alasan yang cukup kompleks. Tidak bisa dilepaskan dari kondisi sosial di mana intensitas peperangan cukup tinggi kala itu.

Selain karena perkawinan poligami yang syaratnya sulit dipenuhi, asas monogami dalam ajaran Islam juga tertuang pada prinsip-prinsip perkawinan di dalamnya. Menurut Musdah Mulia, setidaknya ada lima prinsip perkawinan Islam, yaitu; Mitsaqan ghalizha (perjanjian suci), mawaddah wa rahmah (kasih sayang yang tulus), mu’asyarah bilma’ruf (menggunakan cara-cara yang baik dalam berelasi), musawah (kesetaraan) dan musyawarah (komunikasi yang akrab, hangat dan intens). Tentu saja, prinsip-prinsip ini sulit atau bahkan mustahil dicapai dalam perkawinan yang bukan monogami.

Islam agama yang sangat menjunjung tinggi kemanusiaan dan mengajarkan kasih sayang. Poligami tidak saja bisa menyakiti pasangan atau istri, tetapi juga anak-anaknya, keluarga istrinya. Dan perkawinan yang membawa luka bagi orang lain, tentu saja bukan perkawinan yang ideal. Tidak sesuai dengan ajaran-ajaran universal Islam yang menjadi rahmat bagi sekalian alam. []

 

Tags: islamMonogamiperkawinan
Yaqut Al Amnah

Yaqut Al Amnah

Content Writer Muslimah Reformis Foundation

Terkait Posts

Kekerasan Seksual Sedarah

Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

19 Mei 2025
Keberhasilan Anak

Keberhasilan Anak Bukan Ajang Untuk Merendahkan Orang Tua

17 Mei 2025
Pendidikan Seks

Pendidikan Seks bagi Remaja adalah Niscaya, Bagaimana Mubadalah Bicara?

14 Mei 2025
Perempuan sosial

Perempuan Bukan Fitnah: Membongkar Paradoks Antara Tafsir Keagamaan dan Realitas Sosial

10 Mei 2025
Mengirim Anak ke Barak Militer

Mengirim Anak ke Barak Militer, Efektifkah?

10 Mei 2025
Menjaga Kehamilan

Menguatkan Peran Suami dalam Menjaga Kesehatan Kehamilan Istri

8 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kekerasan Seksual Sedarah

    Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia
  • Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama
  • KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version