Mubadalah.id – Dalam mendidik anak, Islam mengajarkan kepada setiap orang tua (ayah dan ibu) untuk selalu memberikan tanggung jawab dalam merawat, mengasuh, dan memberikan pendidikan yang ramah kepada anak.
Namun memberikan pendidikan ramah kepada anak, sebaiknya setiap ayah dan ibu dapat memperhatikan dan menerapkan tiga pola pendidikan yang ramah kepada anak.
Berikut 4 pola pendidikan ramah anak seperti dikutip di dalam buku Parenting With Love, yang ditulis Maria Ulfah Anshor.
Pertama, pola pendidikan yang tidak membedakan jenis kelamin.
Orang tua hendaknya tidak membeda-bedakan dalam memperlakukan anak laki-laki dengan perempuan. Mulailah dari hal-hal yang kecil. Misalnya, pilihan warna, mainan, dan yang lainnya tidak disosialisasikan kepada anak secara stereotype.
Kemudian, berikan kebebasan kepada anak laki-laki dan perempuan untuk tumbuh dan mengekspresikan keingintahuannya.
Oleh sebab itu, hentikan kebiasaan menyosialisasikan nilai-nilai bahwa perempuan harus dengan kepribadian yang feminin (lemah lembut, halus, penyayang, cengeng, dan sebagainya) dan laki-laki dengan kepribadian maskulin (berani, tegas, kekar, kuat, tidak boleh menangis, dan sebagainya).
Kedua nilai kepribadian tersebut harus diperkenalkan kepada setiap anak sejak dini supaya anak terlatih dengan kepribadian yang adil gender.
Kedua, pola pendidikan yang menumbuhkan sikap kritis kepada anak.
Biasakan kepada anak sejak dini untuk kita ajak mempertanyakan hal-hal yang anak lihat, alami, dan rasakan. Serta memberikan jawaban dengan logika berpikir yang sesuai dengan usia dan kondisi anak.
Pendidikan kritis untuk anak dapat juga kita artikan bahwa anak dapat menanyakan apa saja yang ingin mereka ketahui tanpa merasa takut dan ragu, dan orang tua atau pengasuh harus mampu menjawab seluruh pertanyaan anak secara tepat dan benar.
Jika kemudian pengetahuan yang ia ketahui berbeda dengan pengetahuan yang baru ama dapatkan, ia berhak mendapatkan klarifikasi serta dapat mengoreksi menurut pengetahuannya, dan sebaiknya orang tua tidak menyalahkan sikap kritis anak dalam segala sesuatu.
Ketiga, pola pendidikan yang tidak diskriminatif dan menghargai perbedaan.
Orang tua, guru, maupun masyarakat hendaknya tidak membeda-bedakan perlakuan terhadap anak laki-laki dan perempuan, baik di rumah, sekolah, maupun di masyarakat.
Baik dalam hal pendidikan, pemilihan minat dan bakat, maupun dalam pemberian fasilitas kepada anak. Pembedaan perlakuan orangtua terhadap anak laki-laki dan perempuan pada masa kanak-kanak dapat berdampak langsung pada pembentukan karakter anak.
Hal tersebut sering kali tidak orang tua sadari. Apabila orang tua menerapkan pola hidup yang tidak pilih kasih terhadap anak-anaknya, dengan sendirinya akan tumbuh sikap egaliter di antara mereka, satu sama lain saling menghargai dan menghormati.
Anak-anak sejak dini sebaiknya orang tua perkenalkan pada nilai-nilai yang menghargai perbedaan. Jenis kelamin bisa berbeda, ada laki-laki dan perempuan, suku dan bahasa berbeda-beda bergantung daerah dan negaranya, masing-masing memiliki keunikan, agama juga berbeda-beda bergantung keyakinan masing-masing orang.
Perbedaan-perbedaan tersebut tidak perlu kita pertentangkan. Bahkan sebaliknya, harus kita tumbuh dalam sikap saling menghargai satu sama lain.
Keempat, pola pendidikan yang demokratis
Sikap demokratis sangat penting dalam pengasuhan anak agar anak merasa terhargai dan memiliki konsep yang matang.
Berikan kesempatan kepada anak untuk mengemukakan pendapatnya. Orang tua maupun guru dapat mendengarkan apa yang anak ungkapkan, kemudian memusyawarahkannya secara bersama sama.
Tanamkan kepada anak bahwa berbeda pendapat tidak berarti salah, tapi harus saling menghargai perbedaan maupun pendapat orang lain.
Pendidikan demokratis dapat orang tua berikan kepada anak dengan cara memberikan kesempatan kepada anak untuk membuat pilihan-pilihan yang ia sukai dari hal-hal yang paling sederhana.
Misalnya, memilih warna mainan, warna pakaian, makanan yang anak sukai, dan sebagainya. Kita juga harus membiasakan menanyakan kepada balita kita, mengapa memilih ini dan mengapa memilih itu?. Agar mereka terlatih memberikan argumen terhadap pilihan-pilihan mereka. []